WhatsApp Down Bareng Facebook dan Instagram – Apa Ya, Penyebabnya

Posted on

WhatsApp Down Bareng Facebook dan Instagram

Inibiodata.com – WhatsApp Down pada Jumat 19 Maret 2021 beberapa saat dibarengi dengan Facebook dan juga Instagram. FYI WhatsApp sendiri berada di naungan Facebook bersama dengan Instagram.

Jadi sangat masuk akal apabila ketiga sosial media paling populer di dunia ini mengalami down secara bersamaan.

Down yang dialami oleh ketiga sosial media ini membuat ketiga aplikasi ini cukup sulit untuk diakses pada Jumat hingga Sabtu 20 Maret 2021 dini hari.

Hal ini rupanya tidak hanya terjadi di Indonesia saja namun juga dialami di beberapa negara seperti India dan belahan dunia lainnya sejak Jumat malam. Gangguan ini membuat banyak sekali pengguna tidak bisa mengirimkan mau pun menerima pesan melalui aplikasi WhatsApp.

Tidak hanya terjadi pada WhatsApp saja, gangguan ini pun juga terjadi pada beberapa aplikasi yang berada di bawah satu naungan dengan Facebook. Seperti Instagram bahkan aplikasi Messenger juga dilaporkan oleh jutaan pengguna yang mengalami kendala pada saat menggunakan aplikasi tersebut.

Downdetector memberikan pernyataan bahwa sesuai dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh mereka, WhatsApp berhenti memberikan layanan sekitar pukul 23.00 WIB. Meskipun dari pihak WhatsApp menyatakan jika layanan mereka mati hanya selama 49 menit.

Namun jika dilihat dari situs Downdetector sendiri, WhatsApp dan jejaring sosial lainnya mengalami gangguan atau down server selama lebih dari satu jam.

Tercatat sekita 20 ribu pengguna sudah mengadukan kendala yang dialami saat menggunakan aplikasi WhatsApp pada situs downdetector.com. Sedangkan lebih dari satu juta pengguna mengatakan mereka tidak bisa atau bahkan kesulitas saat mengakses Instagram.

Karena memang situs downdetector.com pun mengumpulkan statistik kendala yang dikumpulkan dari semua penggguna yang melaporkan kendala yang mereka hadapi pada saat mereka menggunakan platform yang ada di seluruh dunia.

Termasuk ketika WhatsApp, Facebook dan Instagram mengalami gangguan.

Tagar #whatsappoutage pun ramai di jagad maya yang menjadi penanda keluhan dari para pengguna aplikasi milik grup Facebook di beberapa negara, karena hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja loh.

Pihak Facebook pun mengakui adanya kesalahan teknis meski tidak menyebutkan secara jelas apa saja kesalahannya.

 

WhatsApp Tidak Bisa Kirim dan Menerima Pesan

Gangguan yang terjadi mengakibatkan WhatsApp tidak bisa digunakan untuk mengakses aplikasinya sehingga tidak bisa digunakan untuk mengirim atau pun menerima pesan.

Gangguan juga terjadi pada WhatsApp Web, di mana pengguna tidak dapat melakukan login pada WhatsApp Web.

Tidak hanya WhatsApp saja yang mengalami gangguan, namun gangguan juga dialami oleh pengguna jejaring sosial lain yang berada di bawah naungan Facebook. Termasuk Facebook dan Instagram yang tidak bisa diakses.

Meski belum jelas apakah gangguan ini akan memberikan dampak pada aplikasi Messenger besutan Facebook. Apalagi belum lama ini Facebook juga memperkenalkan fitur terbarunya yang memiliki kemampuan untuk dapat mengirimkan pesan antar-platform yang meliputi Facebook, WhatsApp dan juga Instagram.

Sedangkan pada Instagram sendiri kegagalan koneksi terjadi karena server eror yang dikarenakan adanya teknis yang terjadi karena adanya server back-end yang error.

Kejadian memberikan pengalaman buruk bagi pengguna, seperti yang kita tahu platform WhatsApp sendiri sudah digunakan lebih dari 2 miliar pengguna yang berasal dari seluruh dunia.

Sedangkan pengguna Instagram sudah mencapai lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

 

Layanan Telah Normal

WhatsApp mencuitkan keterangan di Twitter resminya dengan memberikan keterangan yang menyebutkan jika layanannya telah kembali normal.

Dalam pernyataannya tersebut WhatsApp mengucapkan rasa terima kasih pada para pengguna atas kesabaran mereka selama 45 menit layanan mereka terhenti. Cuitan ini diikuti dengan tagar WhatsApp Down.

Begitu pula pada Instagram yang menuliskan caption mengenai aplikasinya yang telah dapat diakses kembali. Tak lupa mereka juga mengucapkan permintaan maaf pada para pengguna akibat ketidaknyamanannya.

Tagar Instagram Down juga mewarnai caption mengenai pernyataan resmi dari pihak Instagram mengenai masalah yang dirasakan oleh pengguna karena tak bisa mengakses aplikasi Instagram mereka.

 

Permintaan Maaf Pihak Facebook

Berada di naungan Facebook bersama dengan Instagram membuat juru bicara Facebook memberikan pernyataan resmi mengenai layanan mereka yang kesulitan untuk diakses selama beberapa waktu.

Mereka juga meminta maaf karena ketidaknyamanan yang dialami oleh pengguna dan menyatakan jika permasalahan mengenai erorr yang terjadi sudah diselesaikan dan diperbaiki.

Sehingga mereka berharap tidak ada lagi gangguan yang terjadi untuk ke depannya.

Terdapat lebih dari 28 ribu laporan mengenai Facebook dan WhatsApp yang tidak bisa diakses dengan lebih dari 34 ribu pengguna yang memberikan laporan adanya masalah dengan aplikasi Instagram, Facebook dan juga WhatsApp.

Lebih dari 49 % pengguna aplikasi WhatsApp mengalami masalah koneksi dan lebih dari 48 % pengguna mengaku tidak bisa mengirimkan pesan atau pun menerima pesan. Dan terdapat 2 % dari pengguna yang mengaku jika mereka tidak dapat masuk ke dalam platform WhatsApp.

Berdasarkan pada data yang diberikan oleh Downdetector jika terdapat 57 % pengguna dari Facebook yang mengadukan adanya gangguan total. Sedangkan 29 % sisanya mengaku tidak bisa mengakses aplikasi media sosial milik mereka.

Lebih dari 66 % pengguna dari Instagram mengaku tidak bisa mengakses News Feed dan juga situs resmi dari Instagram.

 

WhatsApp down dan diikuti dengan beberapa aplikasi lainnya seperti Facebook mau pun Instagram bukanlah pertama kalinya terjadi. Sebab beberapa waktu silam hal ini juga pernah terjadi selama beberapa jam meski permasalahan bisa langsung dipulihkan dan layanan bisa digunakan dengan normal kembali.

 

Kabar Berita Lainnya :