Wahyu Sakti Trenggono – biodata, biografi, profil serta fakta menarik lainnya

Posted on

Wahyu Sakti Trenggono – biodata, biografi, profil serta fakta menarik lainnya

wahyu sakti trenggono
wahyu sakti trenggono

 

Heiii sobat biodata,  Hari ini sahabat biodata kembali lagi dengan memberikan berita berita terupdate setiap harinya. Susunan kabinet kerja jokowi amin telah sah dilantik oleh presiden. Kini presiden mengumumkan 12 nama wakil Menteri yang salah satunya di dalam 12 nama tersebut ada Wahyu Sakti Trenggono. Siapakah Sosok Wahyu Sakti Trenggono ? Menjadi Wakil menteri  apakah dirinya?  mari ikuti sahabat biodata sampai selesai untuk mengetahui lebih lanjutnya..

Biodata Wahyu Sakti Trenggono

  • Nama Lahir : Wahyu Sakti Trenggono
  • Nama Panggilan : Trenggono
  • Tempat Lahir : Semarang ( Jawa Tengah )
  • Tanggal Lahir : 3 November 1962
  • Bintang : Scorpio
  • Pekerjaan : Politisi
  • Warga Negara : Indonesia

 

Biografi Wahyu Sakti Trenggono

Wahyu Sakti Trenggono atau sering dipanggil trenggno ia merupakan seorang yang terlahir dari orang sederhana yang mana pada saat itu ia mengemban pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah menengah Pertama (SMP), dan Sekolah menengah Atas (SMA) tidak seperti anak pada umumnya yang meminta uang kepada orang tuanya, namun dirinya bersekolah sambil  sambil berjualan. Trenggono melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi Institut Teknologi Bandung (ITB), Dirinya dan keluarga menjualTujuh ekor kambing untuk melanjutkan pendidikannya. Dirinya membayr uang kuliah sebesar RP 22.000,00 dan mengirim ke nenek Rp 35.000,00.

Trenggono berkuliah di ITB dengan mengambil Jurusan Teknik Industri, sambil berkuiah dirinya mengawali kariri dibidang bisnis, dengan mencoba mendaftar program Astra Basic Training untuk mencoba keberuntungan nasib dirinya (1988). Berkat usaha dan Do’a yang ia lakukan akhirnya trenggono diterima mengikuti pelatihan selama 6 bulan sebelum dilepas ke unit bisnis Astra.

Setelah bekerja di Astra, trenggono memulai menjalin suatu relasi kepada Lembaga Konsultan Dunia BCG atau Boston Consulting Group. Disitu dirinya banyak belajar tentang perubahan manajemen. 11 tahun karir dirinya bersama Astra, beliau mundur dari jabatan terakhir dirinya sebagai Senior General Manager atau setara dengan Direktur di cabang usaha Astra. Setelah dirinya mundur dari Astra, ia membangun bisnis sendiri sebagai penyedia Infrastruktur Telekomunikasi ( Menara ).

Pada tahun 1988 dirinya melihat banyak korporasi milik konglomerat yang hancur / bangkrut saat diterpa krisis Ekonomi. Disitu dirinya melihat sebuah peluang  bisnis yang belum banyak dilirik dan dikembangkan oleh orang, dan dirinya memprediksi tahun 2000an, Indonesia akan memasuki Erateknologi mobile telekomunikasi yang mengalami kemajuan yang sangat besar. Hal tersebut berdasarkan munculnya operator seluler dan penggunaan Handphone yang semakin tumbuh dan berkembang sampai saat ini.

Dirinya memiliki sebuah ide pasti kebutuhan tersebut akan semakin besar dimasa yang akan datang, sehingga dirinya membangun Insfrastruktur telekomunikasi ( Menara), yang mana peluang tersebut benar dibutuhkan untuk kemajuan telekomunikasi sampai saat ini.

Profil Wahyu Sakti Trenggono

Wahyu Sakti Trenggono merupakan seorang wakil menteri pertahanan yang kita ketahui sudah dilantiknya kemarin oleh presiden Jokowi periode 2019 – sampai 2024. Trenggono mengatakan “saya diberi tugas oleh presiden untuk menjadi wakil kemenhan” guna mengembangkan industri pertahanan Negara kesatuan Republik Indonesia.

Trenggono yang lahir lahir di semarang pada tanggal 3 november 1962, dirinya merupakan lulusan ITB. Setelah dirinya lulus berkuliah di ITB, dirinya memulai karirnya di suatu perusahaan PT Federal Motor yang saat ini namanya PT Astra Honda Motor. Beliau adalah seorang System Analyst pada tahun 1986 dengan jabatan terakhir dirinya di PT Astra General Manager Management, selanjutnya trenggano menjabat menjadi seorang  Direktur Perencanaan dan pengembangan induk koperasi unit Desa dari tahun 1995 sampai tahun 1997.

Sedangkan kiprah Trenggono dibidang politik diawali dengan menjadi Ketum Hatta Rajasa  di Partai Amanat Nasional, Namun pada 2013 dirinya sangat dekat dengan Hatta Rajasa yang ia tidak aktif lagi di fraksi partai PAN. Tak lama waktu berselang kemudian dirinya menjadi pemimpin Satuan Tugas Khusus atau yang lebih dikenal dengan “SATGASUS”.  Kemudian Pada tahun 2018 dirinya ditunjuk sebagai bendahara tim kampanye Jokowi Amin.

Trenggono saat ini memegang sebuah jabatan menjadi seorang Komisaris utama PT Solusindo Kreasi Pratama yang mana perusahaan tersbut menaungi PT Tower Bersama Infrastruktur yang mana PT ini Penyedia menara telekomunikasi yang sangat besar di Indonesia yang memiliki 14000 lebih menara yang ada di Indonesia. Karena jabatan inilah Trenggono mendapat julukan Raja Menara, dan saat ini juga dirinya memegang jabatan sebagai wakil menteri pertahanan republik Indonesia.

Fakta menarik Lain Trenggono

Seperti yang kita ketahui pria yang  diketahui menjadi wakil Menteri Pertahanan yang mana latar belakang dirinya tidak ada dibidang pertahanan. Meskipun begitu, dirinya mengaku siap menjalankan tugas yang diberikan oleh presiden Jokowi.

Fakta Trenggono

  1. Menjual Kambing untuk bayar kuliah
  2. Lulusan ITB (Institut Teknologi Bandung)
  3. Ketua umum Partai Amanat Nasional
  4. Mengawali karir di PT Astra
  5. Mendapat Julukan Raja Menara
  6. Wakil Menteri pertahanan periode 2019-2024

 

Terimakasih sahabat biodata semuanya yang telah mengikuti sampai selsesai tentang Wahyu Sakti Trenggono, Biodata, Biografi, profil, serta fakta menarik diriknya. Semoga apa yang diberikan oleh sahabat biodata ini dapat berguna untuk semuanya sebagai penambah wawasan pengetahuan kita semua. Akhir kata sahabt biodata mohon pamit dan sampai jumpa di berita terupdate berikutnya.