Valentino Rossi Profil – Ulang Tahun 42 Masih Ambisi Kejar Juara Dunia

Posted on

Valentino Rossi Profil

Inibiodata.com – Valentino Rossi profil bagi GPMania pastinya sudah tidak asing lagi kan, ya. Sebab juara dunia 9 kali ini merupakan salah satu legenda hidup MotoGP yang masih bertahan hingga kini.

 

Valentino Rossi Profil

Nama Lengkap Valentino Rossi
Lahir Urbino, Italia, Jumát 16 Februari 1979
Zodiak Aquarius
Profesi pebalap professional
Warga Negara Italia
Ayah Graziano Rossi
Ibu Stefania Palma
Julukan The Doctor, VR46
Tinggi/Berat 180cm/69kg
Agama Katolik Roma

 

 

Valentino Rossi Profil, Biodata dan Perjalanan Karier

Valentino Rossi atau yang juga dijuluki dengan The Doctor merupakan pebalap profesional asal Italia yang memulai debutnya sejak masih sangat muda. Pada tahun 1985 Rossi yang sudah tertarik dengan dunia balap mulai balapan di ajang Go-Kart pertamanya.

Debut kartingnya dimulai di tahun 1989 dengan mengikuti balapan Go-Kart di kelas 60cc. Sedangkan torehan pertamanya didapatkan pada tahun 1991 saat megikuti ajang Junior Go-Kart Italia.

Setelah terjun ke balapan motor, Rossi berhasil menduduki peringkat 12 Italian 125 cc Sport Production Championship di tahun 1993 yang saat itu mengendarai motor Cagiva.

Sedangkan debut kejuaraan dunianya dilakukan di GP Malaysia 125cc dengan bergabung dalam tim Aprilia tim Scuderia AGV di tahun 1996. Tak perlu waktu lama baginya untuk pindah pososi ke kelas 250cc bersama Aprilia tim Nastro Azzuro di tahun 1998 dengan berhasil menyabet juara dua.

Pada tahun 2000 Rossi pun naik ke kelas tertinggi kala itu yakni 500cc bersama tim Nastro Azzuro Team dan menunggangi motor Honda. Rossi berhasil meraih posisi kedua akhir klasemen MotoGP.

Merasa kecewa dengan Honda, Rossi yang memilih pindah ke Yamaha langsung berhasil menyabet gelar dunia MotoGP pertamanya di tahun 2004 bersama tim Gauloises Fortuna Yamaha.

Selama kariernya balapnya, Rossi terhitung telah 7 kali juara dunia di kelas premier dengan 2 didapatkannya saat bersama Honda dan 5 saat bersama Yamaha.

Namun perjalanan karier sang legenda ini pun tidak selalu berjalan mulus, setelah mengalami beberapa cidera dan kehilangan gelar juara dunia yang berhasil direbut oleh rekan satu timnya di FIAT Yamaha yakni Jorge Lorenzo.

Rossi pun hengkang dari tim yang selama ini sudah mengangkat namanya, dengan bergabung bersama Tim Blogna Ducati. Dengan harapan dirinya bisa membawa motor Italia dan pembalap Italia menjuarai ajang premier Moto GP.

Namun usahanya dalam menaklukkan Desmocedici tidak semudah yang dia pikirkan, hingga setelah beberapa musim bertahan. Akhirnya Rossi pun kembali ke rumahnya yakni Tim Yamaha pada tahun 2013.

Prestasi Rossi pun tidak membaik sehingga beberapa kali harus kehilangan gelar juara dunianya yang harus diberikan pada rider muda berbakat Marc Marquez.

Kini seiring berjalannya waktu, semakin banyak rider rider muda lainnya yang seolah menjadi batu sandungan paling besar bagi Rossi untuk mimpi juara dunia ke 10 nya.

Sebut saja nama-nama seperti Maverick Vinnales, Fabio Quartararo, Alex Rins hingga Joan Mir yang sukses menorehkan gelar juara dunia Moto GP 2020 kemarin.

Pada musim 2021 ini Rossi bahkan mengakhiri kontraknya dengan inti Yamaha dan turun ke Tim Satelit Petronas Yamaha SRT. Sementara Tim utama yakni Monster Energy Yamaha tahun ini akan digawangi oleh Maverick Vinnales dan Fabio Quartararo.

 

Dua Kali Positif Covid-19

Saat berlaga di Moto GP 2020 kemarin sebenarnya Rossi cukup memiliki kesempatan untuk gelar juara dunia ke 10 yang masih dikejarnya hingga sekarang. Apalagi rival abadinya yakni Marc Marquez absen balapan sejak seri seri awal hingga tidak bisa melanjutkan balapan sama sekali sampai musim 2020 berakhir.

Namun Rossi dinyatakan positif Covid-19 yang membuatnya harus absen dan melakukan karantina mandiri agar sembuh dari virus ini.

Setelah dinyatakan sembuh, Rossi harus menelan pil pahit ketika kembali dinyatakan positif dan membuat mimpinya merebut gelar juara sirna di tahun 2020 kemarin.

 

Ulang Tahun ke 42 Masih Ambisi Raih Juara

Hari ini, pada 16 Februari 2021 Rossi sudah genap berusia 42 tahun dan masih semangat meraih mimpi gelar ke 10 juara dunianya. Meski usianya yang sudah tidak muda lagi dan pastinya akan semakin sulit karena terlalu banyak saingan.

Terutama rider rider muda berbakat yang masih memiliki stanima dan semangat yang lebih tinggi dari Rossi.

Namun Rossi masih optimis bahwa jalan tersebut akan terbuka jika dia terus berusaha.

Di sisi lain, kondisinya yang dua kali positif Covid-19 membuatnya cukup ragu apakah bisa langsung turun balapan di seri seri awal.

Tapi terlepas dari itu, banyak fans yang sangat mendukung keputusan Rossi untuk tidak segera pensiun dini. Melihat banyak rider yang memutuskan untuk mengakhiri karier balapnya di usia yang terbilang muda.

Seperti Casey Stoner yang pernah menjadi rival tersulit Rossi memutuskan pensiun dini, lalu Dani Pedrosa yang juga memutuskan pensiun disusul oleh Jorge Lorenzo yang merupakan kawan satu tim sekaligus rival Rossi.

Di musim 2020 kemarin juga merupakan musim terakhir bagi Andrea Doviziozo yang juga memutuskan pensiun karena tak kunjung berhasil meraih gelar juara dunia meski beberapa kali mendapatkan kesempatan.

Keputusan Rossi untuk bertahan di Moto GP meski tidak berada di Tim Utama dan berada di Tim Satelit pun didukung banyak pengamat Moto GP. Dan memuji tekad Rossi yang begitu kuat.

 

 

Gelar yang Berhasil Diraih Valentino Rossi

1.) Juara kejuaraan karting regional 60cc, sembilan kali menang (1990).

2.) Juara Italian Minibike Endurance (1992).

3.) Juara Italian 125cc Sport Production Championship dengan motor Cagiva (1994).

4.) Juara nasional Italia 125cc

5.) Peringkat 3 125cc Kejuaraan Eropa dan peringkat 11 di Kejuaraan.

6.) Juara dunia 125cc termuda ke-2 dengan tim Nastro Azzuro Team (1997).

7.) Juara dunia 250cc termuda tim Aprilia Grand Prix Racing (1999).

8.) Gelar Juara Dunia 500cc (2001).

9.) Gelar Juara Dunia Moto GP (2002).

10.) Gelar Juara Dunia Moto GP (2003).

11.) Gelar Juara Dunia Moto GP (2004).

12.) Gelar Juara Dunia Moto GP (2005).

13.) Gelar Juara Dunia Moto GP (2008).

14.) Gelar Juara Dunia Moto GP (2009).

 

 

Nah, itu dia Valentino Rossi Profil yang bisa Inibiodata.com bagikan untuk sobat bio. Mari doakan agar Rossi berhasil meraih gelar juara dunia ke 10 ya sob.

 

Kabar Berita Menarik Lainnya :