Ustadz Firanda – Biodata, Biografi, Profil, Fakta terbaru Kajiannya

Posted on

Ustadz Firanda – Biodata, Biografi, Profil, Fakta terbaru Kajiannya

Beberapa tahun belakangan ini, banyak sekali ustadz dan penceramah baru di Indonesia bermunculan. Patut disyukuri dengan banyaknya penceramah dan ustadz di indonesia tentu diharapkan Islam semakin kuat tidak justru terpecah-pecah dinegara tercinta ini. Kebanyakan, para ustadz dan penceramah baru ini masih berusia muda dan banyak yang lulusan dari Timur Tengah. Salah satu yang saat ini menjadi sorotan dari jamaah Islam di dunia maya adalah Ustadz Firanda Andirja. Beliau merupakan salah satu ustadz muda yang sering tampil di banyak media sosial seperti youtube, Instagram dan sebagainya.

Ustadz DR Firanda andirja Lc, MA
Ustadz DR Firanda andirja Lc, MA

Biografi Ustadz Firanda

Dr. Firanda Andirja Abidin, Lc., MA. merupakan Da’i asal Indonesia yang menjadi penceramah tetap di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Ustadz Firanda merupakan salah satu staf pengajar di Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i kota Jember. Selain itu dia juga aktif menjadi salah satu Narasumber  Radio Rodja dan aktif mengisi beberapa pengajian akbar di Indonesia.

Biodata Ustadz Firanda

Lahir: 28 Oktober 1979, Surabaya
Kebangsaan: Indonesia
Suku: Jawa
Pendidikan: TK Pertiwi, SD Inpres 17 Sorong, SMP Negeri 1 Sorong, SMU Negeri 1 Sorong, Fakultas Teknik Universita Gadjah Mada dengan mengambil jurusan Teknik Kimia, Universitas Islam Madinah.
Almamater: Universitas Islam Madinah
Dikenal karena: Salah satu pengisi resmi pengajian berbahasa Indonesia di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi

Profil Ustadz Firanda

Dr. Firanda Andirja atau yang lebih dikenal dengan nama ustadz Firanda dengan bernama kuniyah Abu Romli Jamali lahir di Surabaya, lahir 28 Oktober 1979. Masa kecil, TK hingga SMA ia habiskan di Sorong, Papua, kemudian ia melanjutkan ke Universitas Gadjah Mada mengambil jurusan Teknik. Di UGM ia hanya belajar dua semester saja. Pada masa-masa selanjutnya, dia menempuh studi hingga program S3 di Universitas Islam Madinah. Dan Kuliah S2  ditamakannya dengan tesis yang berjudul ” Jawaban Ibnu Taimiyyah terhadap syubhat-syubhat terperinci yang berkaitan dengan sifat-sifat Alloh Dzatiyah yang disampaikan oleh para penolak sifat”.

Gelar Doktoral diselsaikannya dibulan september 2016 silam dengan Disertasi yang berjudul “Membantah da’i-da’i pluralisme yang berdalil dengan Al Q’uran dan As Sunnah” dengan predikat Mumtaz ‘Ala Darajah Syaraf Al Ula atau Summa cum laude. Ia dikenal mempunyai seorang istri bernama Rosmala Dewi Arifudin atau Ummu Abdil Muhsin. Dari hasil pernikahannya, dia mendapat 5 orang anak, putra dan putri.

Fakta Terbaru Kajiannya

Ustadz Firanda Andirja sangat dibenci oleh kalangan Syi’ah karena kerap membongkar kebusukan-kebusukan yang terdapat pada ajaran mereka. Selain kalangan  Syi’ah, Kalangan Khawarij juga dibantah dengan tegas oleh Ustadz Firanda. waullah huaklam bisoab semua yang benar adalah milik Alloh.

Da’i Ahlus Sunnah selalu menjadi sasaran fitnah dari kalangan Ahlul Bid’ah. Kedengkian dan kedustaan selalu menjadi barang dagangannya untuk menjatuhkan orang-orang yang membawa kebenaran. Sejarah telah mencatat banyak tokoh pahlawan Nasional Indonesia yang kerap dituduh Wahabi, seperti misalnya Imam Bonjol, KH Agus Salim, KH Ahmad Dahlan (Muhammadiyah), Syaikh Ahmad Hassan (Persis), Syaikh Ahmad Surkati (Al Irsyad), Buya Hamka, dan Muhammad Natsir (Masyumi).

Karya tulis

  1. Ajwibah Syaikhul Islam Ibni Taimiyyah rahimahullah ‘an Asy Syubuhat At Tafshiliyyah lil Mu’athilah fis Shifat Adz Dzatiyyah (bahasa Arab), tesis S2 di Universitas Islam Madinah
  2. Naqdhu Istidlalati Du’atit Ta’aduddiyyah Ad Diiniyah bin Nushush Asy Syar’iyyah (bahasa Arab) disertasi S3 di Universitas Islam Madinah
  3. Berjihad Melawan Riya dan Ujub, penerbit Nashirus Sunnah
  4. Kiat-Kiat Membahagiakan Istri agar jadi Suami idaman, penerbit Nashirus Sunnah
  5. Pesona Bidadari, penerbit Nashirus Sunnah
  6. Ajaran Mahdzab Imam Asy-Syafi’i yang Ditinggalkan, penerbit Nashirus Sunnah
  7. Banyolan Syi’ah Imamiyah, 33 Koleksi Lelucon Ulama Syi’ah, penerbit Nashirus Sunnah
  8. Dari Madinah Ke Radio Rodja, penerbit Nashirus Sunnah
  9. Ketinggian Allah Atas Makhluk-Nya, penerbit Nashirus Sunnah
  10. Mukjizat Poligami, penerbit Nashirus Sunnah

Demikian cerita kehidupan seorang ustadz muda asal indonesia yang sedang viral baru baru ini karena ditolak mengisi pengajian dimasjid bandar aceh. semoga apa yang dikaji dan diajarkan beliau itu benar sesuai ajaran rasulallah, dan jika menyimpang semoga cepat disadarkan aamiin. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang informasi perkembangan pengajian ustadz ustadz muda di indonesia.

Baca Artikel Lainnya :