Tokoh Kesehatan Internasional

Posted on

Tokoh Kesehatan Internasional

Dunia kesehatan atau dunia medis sekarang ini telah berkembang dengan sangat pesat sehingga telah banyak memudahkan dalam hal penyembuhan dan pengobatan untuk berbagai macam penyakit. Semua penemuan yang ada di dalam dunia medis ini pastinya tak lepas dari tokoh kesehatan Internasional ini. Siapa saja mereka? Dan penemuan apa saja yang berhasil mereka temukan. Berikut ini adalah tokoh tokoh yang berjasa di dalam dunia kesehatan.

Tokoh Kesehatan Internasional

  1. Hippocrates

Hippocrates sendiri dikenal sebagai Bapak Medis Dunia Barat yang mengemukakan jika penyakit yang diderita oleh manusia bukan hanya dikarenakan oleh Tuhan namun juga dikarenakan oleh manusia itu sendiri yang menyebabkan mereka sakit. Perilaku dan juga kehidupan masyarakat menjadi salah satu alasan seseorang sakit jadi bukan murni dikarenakan oleh Tuhan.

  1. Edward Jenner

Apabila Hippocrates disebut sebagai Bapak Medis di Dunia Barat maka Edward Jenner adalah Bapak ilmu Imunologi. Jenner sendiri yang menemukan vaksin pertama yang diberi nama Small pox, yang kala itu telah mewabah di seluruh dunia dan mengakibatkan kematian dalam jumlah yang sangat banyak. Jenner kemudian datang dengan penemuannya ini dan berhasil menyelamatkan banyak nyawa.

  1. John Snow

Merupakan dokter yang pertama kali menemukan ilmu anestesi di dalam operasi dan juga kebersihan medis pada saat melakukan tindakan medis dan juga obat obatan higienis. Konsep pemikiran John Snow masih digunakan hingga di dunia kesehatan modern saat ini.

  1. Florence Nightingale

Pada tahun 1850 – an terjadi perang Crimea yang terjadi antara Rusia yang melawan Kerajaan Otoman dan Inggris, Florence Nightingale ini memutuskan untuk menjadi seorang suster guna merawat korban perang Crimea dan membukakan jalan bagi wanita lain yang ada di seluruh dunia untuk menjadi suster dan perawat. Hal ini lah yang membuat wanita akhirnya berkesempatan untuk dapat berkarier sebagai seorang suster atau perawat.

  1. Louis Pasteur

Louis Pasteur adalah seorang penemu dan juga peneliti yang membuktikan jika ada mikro organisme yang terdapat di sekitar manusia terutama di udara. Pasteur sempat mendapatkan penolakan dari banyak pihak dan kalangan pada persentasi pertamanya yang mengungkapkan adanya mikro organisme di sekitar manusia khususnya di udara. Namun hanya berselang satu tahun, mulai dikenal istilah pasteurized yang merupakan proses sterilisasi bir dan wine yang dilalukan untuk menghasilkan rasa yang sempurna dari proses penggunaan mikro organisme tersebut.

  1. Joseph Lister

Joseph Lister memiliki konsep pemikiran yang terinspirasi dari John Snow dan Louis Pasteur, yakni berdasarkan pemikiran dari Pasteur jika di sekitar manusia terdapat mikro organisme dan konsep pemikiran Snow yang mengedepankan kebersihan dalam melakukan tindakan operasi. Maka dilakukan sterilisasi pada saat akan melakukan tindakan operasi dan hal ini masih digunakan hingga sekarang.

  1. Sigmund Freud

Merupakan orang yang pertama kali mengemukakan mengenai konsep interpretasi mimpi dan juga mengatakan jika mimpi yang dialami oleh manusia dapat diinterpretasikan. Setahun setelah konsep ini diumumkan ke dunia, Freud bersama dengan Carl Jung mendirikan sebuah lembaga yang diberi nama dengan  Psychoanalyctical Association.

  1. Marie Curie

Tak hanya sebagai tokoh di dunia medis yang terkenal tapi berkat penemuannya yang sangat luar biasa mampu membuat nama Marie Curi menjadi wanita pertama yang mendapatkan Nobel Prize di tahun 1911. Curie sendiri menjadi penemu pertama yang menemukan sinar radiasi yang kemudian digunakan untuk melakukan kemoterapi bagi para penderita kanker dan tumor. Curie adalah orang pertama yang menemukan radium, polodium hingga radioaktif yang sangat berguna bagi dunia kesehatan dan mampu mengubah wajah dunia kesehatan.

  1. Alexander Fleming

Pasti nama ini tidak terlalu asing karena Alexander Fleming adalah penemu dari antibiotik pada 28 September 1928. Feming sendiri mengaku jika sebenarnya dirinya tak terlalu ingin menjadi penemu namun ternyata penelitian yang ia lakukan justru membawanya menemukan antibiotik yang akhirnya dikembangkan di dunia medis hingga saat ini.

  1. Francis Crick dan James Watson

Mereka adalah ilmuwan yang melakukan penelitian di bidang kesehatan hingga akhirnya menemukan struktur DNA di dalam tubuh manusia dan makhluk hidup lainnya, penemuan ini menjadi penemuan yang sangat penting bagi ilmu kesehatan di dunia.

Baca Juga :  Biodata Anton Charliyan Terbaru: Inspektur Jenderal Polisi (Kapolda Jabar)

 

Sekarang sudah tahu kan, siapa saja tokoh kesehatan Internasional yang wajib untuk anda ketahui, tanpa adanya mereka mungkin dunia kesehatan modern yang kita kenal sekarang ini tak akan pernah ada. Jadi mari kita ingat jasa mereka ya.

Artikel Lainnya :