Suprajarto – Biodata, Biografi, Profil, Berita Seputar Kehidupannya

Posted on

Suprajarto – Biodata, Biografi, Profil, Berita Seputar Kehidupannya

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI) memutuskan untuk mengangkat Suprajarto sebagai Direktur Utama. Ia menggantikan Asmawi Syam yang mana masa jabatannya sudah habis pada bulan Maret 2017 tahun lalu.

Namun, Suprajarto kini mendadak ramai menjadi perbincangan. Bankir yang dicabut paksa dari jabatan direktur utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) tanpa pemberitahuan ini menolak hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai direktur utama di bank pembiayaan perumahan tersebut. Jika ingin mengetahui lebih jelas tentang sosok seorang Suprajarto, silahkan simak artikel berikut.

Biodata Suprajarto

Pria yang lahir pada tanggal 28 Agustus 1956 Yogyakarta ini sebelum menjabat sebagai Direktur Utama BRI, dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT BNI selama periode 2015 sampai 2017. Karir perbankannya juga pernah dilakoni di Bank BRI. Pada tahun 2007 sampai 2015, Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Bidang Jaringan dan Layanan BRI.

Dikenal sebagai bankir yang begitu andal dengan perjalanan karir yang cukup panjang di bidang perbankan. Suprajarto juga pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan di BRI pada periode 2005 hingga 2006. Ia pun sempat menjabat sebagai Pemimpin Wilayah Jakarta 1 BRI pada periode 2006 hingga 2007.

Biografi Suprajarto

Karir perbankan cemerlang yang dimiliki Suprajarto juga didukung latar belakang pendidikan yang cukup mumpuni. Ia dapat menyelesaikan pendidikan S1 bidang Ekonomi di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan magister Manajemen Pemasaran di Universitas Padjadjaran, Bandung. Setelah itu, ia melanjutkan kembali pendidikan S3 bidang Manajemen Bisnis di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Baca Juga :  Biodata dan Biografi Prabowo, Beserta Agama, Istri, Dan Anaknya

Profil Suprajarto

Nama : Suprajarto
Tanggal Lahir : 28 Agustus 1956
Tempat Lahir : Yogyakarta, Jawa Tengah
Zodiak : Virgo
Istri : Jenny Rachman
Agama : Islam
Akun Instagram : @suprajarto_

Berita Seputar Kehidupan Suprajarto

Menjadi bankir memang bukanlah cita-cita masa kecil mantan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Suprajarto. Sejak kecil dirinya memiliki keinginan untuk menjadi birokrat, sesuai dengan figur ayahnya. Ayahnya pernah menjabat sebagai kepala Biro Pemerintahan Desa di lingkungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Suprajarto menjadikan figur sang ayah sebagai panutan sehingga ia juga bercita-cita menjadi pegawai di lingkungan Pemprov DIY.

Sebelum memutuskan pendidikan jenjang sarjana di Jurusan Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, dirinya bahkan sudah diterima bekerja di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sleman. Karena Bappeda baru terbentuk, maka para pegawainya lebih banyak mengikuti pelatihan daripada bekerja.

Dan setelah lulus, ia mencoba melamar di instansi milik pemerintah di pusat. Dia pun juga diterima di beberapa instansi, seperti BRI, Bulog, dan Pertamina. Setelah menimbang, akhirnya ia memutuskan untuk masuk ke BRI karena bank tertua itu yang pertama kali memanggil untuk penandatangan perjanjian kerja. Dirinya meminta restu kepada orang tuanya untuk bekerja di perantauan. Dan dia juga meminta izin kepada sang ayah untuk berhenti dari Bappeda Sleman.

Dirinya sempat gundah saat awal bekerja di BRI karena ditempatkan di hutan belantara Kalimantan. Baru dapat beberapa pekan, ia sudah ingin kembali pulang ke Yogyakarta. Uniknya, pada waktu mengajukan resign, dirinya ditawari bisa kembali bekerja di Bappeda Sleman sekiranya tidak betah bekerja di kantor yang barunya. Akhirnya tawaran tersebut terus terbayang saat ia ditempatkan di hutan belantara Kalimantan. Setelah dua bulan pertama di Kalimantan, ia merasa sangat tidak betah. Namun, pada akhirnya bisa beradaptasi dengan lingkungan kerjanya. Dia pun sempat gelisah karena saat itu belum dikeluarkan secara resmi dari Bappeda Sleman.

Baca Juga :  Profil Halimah Yacob, Presiden Muslim Singapura Beserta Fakta Menarik Lainnya!

Sebelum menjadi orang nomor satu dan terpenting di BRI. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama di Bank Negara Indonesia (BNI). Kemudian pada tahun 2017 melalui rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) BRI, ia kembali diangkat menjadi Direktur Utama menggantikan posisi Asmawi Syam yang posisi jabatannya sudah habis.

Selama membawahi BRI, ia memiliki kinerja yang sangat baik. Hal tersebut tercatat dari perolehan laba bersih BRI hingga akhir Juni 2019 yang mencapai Rp 16,16 triliun. Angka tersebut menjadi yang paling tinggi di antara bank BUMN lainnya. Terkait masalah tentang dirinya menolak keputusan dari RUPSLB yang menetapkannya sebagai Dirut BTN. Dan setelah pengunduran diri tersebut, ia memilih untuk menikmati masa untuk santainya dan sebentar lagi akan menggelar acara pernikahan anaknya.

Itulah beberapa Informasi yang dapat kalian ketahui tentang seorang Suprajarto. Orang yang sangat berkharismatik, dan tentunya cerdas. Semua itu juga tak lepas dari doa orang tua dan kerja kerasnya. Semoga bermanfaat..!

Artikel Lainnya :

Elza Syarief – Biodata, Biografi, Fakta Menarik Lainnya

Gigi Hadid – Biodata, Biografi, Profil dan Pacar Barunya

Siti Habibah – Biodata, Biografi, Fakta Kematiannya