Sumfi Dasco – Biodata, Biografi, Profil dan Fakta Menarik Lainnya

Posted on

Sumfi Dasco – Biodata, Biografi, Profil dan Fakta Menarik Lainnya

Salah satu dari lima orang pimpinan DPR RI yang terpilih yaitu Sufmi Dasco untuk periode 2019-2024 sebagai Wakil Ketua DPR. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra yaitu Ahmad Muzani menyebut bahwa Ketua Umum Partai Gerindra yaitu Prabowo Subianto telah menunjuk Sufmi Dasco Ahmad sebagai calon Wakil Ketua DPR. Sufmi kini menjadi seorang Wakil Ketua DPR RI dari Partai Gerindra. Ia telah menggantikan Fadli Zon yang periode sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua DPR. Muzani mengatakan bahwa namanya dan Sufmi Dasco muncul sebagai calon pimpinan karena Gerindra menginginkan rotasi kepemimpinan. Hal ini dinilai penting untuk regenerasi internal partai. Ingin tahu bagaimana sosok Sumfi Dasco? Simak artikel berikut.

Biodata dan Biografi Sumfi Dasco

Sumfi memiliki nama lengkap yaitu Sufmi Dasco Ahmad yang lahir pada tanggal 7 Oktober 1967 di Bandung, Jawa Barat. Awal mula Sufmi berkecimpung dunia dunia politik karena kedekatannya dengan Fadli Zon. Sebelumnya, keduanya sama-sama menjadi rekan bisnis. Sejak pendirian Partai Gerindra, Sufmi telah ikut bergabung dan pada 2008 dia langsung dipercaya untuk menjabat Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra. Bukan hanya itu, di tahun yang sama ia juga memegang jabatan sebagai Ketua Organisasi Kaderisasi serta Kelembagaan Partai Gerindra tersebut.

Pada tahun 2014 ketika Pemilu Legislatif, dirinya lolos ke Senayan sebagai Anggota DPR RI periode 2014-2019. Ia bertugas di Komisi III dengan ruang lingkup kerja yang berkaitan dengan hukum, hak asasi manusia dan keamanan. Kemudian, ia terpilih menjadi Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI setelah dirinya dilantik menjadi sebagai anggota legislatif.

Di parpol Sufmi juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan Advokasi Gerindra dan sampai saat ini ia masih berada di posisi itu. Lalu, aada Pemilihan Legislatif 2019, ia kembali mencalonkan diri dari daerah pemilihan Banten III. Selain dirinya peserta pemilu, dia juga memegang peranan penting di Gerindra waktu itu, yaitu sebagai Direktur Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional Gerindra. Saat Pemilu Legislatif dan Presiden 2019, Partai Gerindra mempercayakan masalah hukum kepada Sufmi yang tidak lepas dari latar belakang keilmuannya yang pernah menimba ilmu studi hukum dan sebagai politisi senior di partai.

Jika berbicara tentang pendidikannya, ia mengawali jenjang pendidikan dasarnya di SD Negeri 66 Palembang pada tahun 1973. Kemudian dilanjutkan ke SMP 43 Jakarta pada tahun 1979, setelah itu di SMA Negeri II manado di 1982.

Riwayat pendidikan hukumnya dimulai pada 2005, ia kuliah di Fakultas Hukum Universitas Jakarta sehingga menjadi anak hukum. Sebelum itu, sebenarnya ia sudah meraih gelar sarjana pada tahun 1993 di bidang elektro. Dan sarjana ilmu hukum itu merupakan gelar kedua strata satu yang dimilikinya. Pada tahun 2012, Sufmi menyelesaikan studi magisternya di Fakultas hukum Universitas Islam Jakarta. Dan setelah itu, dia melanjutkan kembali program doktor hukum di Universitas Islam Bandung hingga meraih gelar pada tahun 2015.

Perhatian tentang hukum tidak hanya terlihat pada jenjang akademisnya saja, ia juga pernah meraih penghargaan Garuda Yaksa Mahavira Manggala dari Gerindra, juga terlihat dari keterlibatannya di sejumlah organisasi yang berkaitan dengan hukum. Diantaranya yaitu menjabat sebagai Dewan pembina Serikat Pengacara Rakyat pada tahun 2010. Kemudian pada tahun 2011 menjadi Dewan pembina Kongres Advokat Indonesia. Lalu pada periode 2011-2014 dia tercatat sebagai Direktur Pusat Kajian Sengketa Pemilu.

Profil Sumfi Dasco

Nama Lengkap : Ir. Sufmi Dasco Ahmad, SH, MH
Nama Tenar : Sumfi Dasco
Tanggal Lahir : 07 Oktober 1967
Tempat Lahir : Bandung, Jawa Barat
Zodiak : Libra
Agama : Islam
Akun Instagram : @sufmi_dasco
Pekerjaan : Politikus

Fakta Menarik Lainnya

1. Aktif Dalam Berorganisasi

Semasa Sufmi kuliah, dirinya dikenal sebagai sosok yang aktif dalam berorganisasi. Terbukti bahwa dia pernah menjadi pengurus Pelajar Islam Indonesia pada tahun 1983. Selain itu, ia juga aktif di organisasi Serikat Pengacara Rakyat, Satuan Relawan Indonesia Raya, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Kongres Advokat Indonesia dan juga DPP KNPI.

2. Pendiri Partai Gerindra

Sufmi termasuk tokoh senior di Partai Gerindra. Sejak tahun 2008, ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Partai Gerindra sejak tahun 2008-2014. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra pun Ahmad Muzani menyebutkan bahwa Sufmi Dasco Ahmad adalah pendiri Partai Gerindra. Dan pada saat ini, Sufmi menjabat sebagai wakil ketua umum bidang hukum dan juga advokasi di Partai Gerindra tersebut.

Itulah beberapa informasi tentang Sufmi Dasco yang saat ini sudah menjadi Wakil Ketua DPR. Semoga bisa menjaga amanahnya dengan sebaik-baiknya, selamat bertugas.

Artikel Lainnya :

Haris Azhar – Biodata, Biografi, Profil dan Fakta Menarik Lainnya

Biodata Bambang Soesatyo – Lengkap Dengan Berita Terbarunya

Puan Maharani – Biodata, Biografi, Profil dan Fakta Menarik Lainnya