Suharso Monoarfa – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Posted on

Suharso Monoarfa – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Terjadinya kasus suap yang langsung menjadikan tersangka Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yakni Muhammad Romahurmuziy yang kerap disapa Rommy menjadi pemberitaan di media massa. Karena kosongnya jabatan ketua umum partai yang berlambang Ka’bah tersebut membuat semua anggota internal gelisah. Akhirnya PPP bergerak cepat untuk mencari pengganti yang tepat untuk menduduki jabatan sebagai ketua umum pada salah satu kadernya. Calon ketua umum PPP terkuat muncul sosok nama yakni Suharso Monoarfa. Sejak tahun 2015 hingga saat ini, Suharso akan melanjutkan masa kepemimpinan Rommy hingga tahun 2021 nanti. Ingin lebih mengenal sosok Suharso Monoarfa? Simak artikel berikut hingga tuntas.

Biodata dan Biografi Suharso Monoarfa

Pria bernama Suharso Monoarfa ini lahir pada tanggal 31 Oktober 1954 di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Ia pernah menikah dengan seorang wanita bernama Carolina Kaluku, namun pernikahannya berakhir dengan perceraian pada tanggal 12 September 2011. Namun, tidak lama kemudian, ia menikah lagi dengan wanita yang bernama Nurhayati Effendi.

Suharso adalah seorang pengusaha dan juga politikus berdarah Gorontalo. Pada era pemerintahan Megawati Soekarnoputri-Hamzah Haz, ia pernah menjadi staf khusus Wakil Presiden periode 2002-2004. Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perumahan Rakyat periode 2009-2011 pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yaitu pada Kabinet Indonesia Bersatu II.

Kemudian ia mengakhiri masa jabatannya sebagai Menteri Perumahan Rakyat RI karena beberapa alasan pribadinya pada tanggal 17 Oktober 2011. Selain itu, ia juga pernah menjadi anggota DPR pada periode 2004-2009 dan terpilih lagi pada periode 2009-2014 dari Partai Persatuan Pembangunan.

Pada tanggal 19 Januari 2015, ia menjadi salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

Beberapa tahun kemudian pada tanggal 16 Maret 2019, setelah diputuskan dalam Rapat Pengurus Harian yang dihadiri oleh majelis-majelis partai (majelis syariah, majelis pakar, majelis pertimbangan dan mahkamah partai) ia terpilih menjadi sebagai Plt Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan.

Suharso menggantikan Romahurmuziy yang telah mengundurkan diri karena dijadikan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Profil Suharso Monoarfa

Nama Lengkap : Suharso Monoarfa
Tanggal Lahir : 31 Oktober 1954
Tempat Lahir : Mataram, Nusa Tenggara Barat
Zodiak : Scorpio
Pekerjaan : Pengusaha, Politikus
Akun Instagram : @suahrso_monoarfa

Fakta Menarik Suharso Monoarfa

1. Bicara tentang Lambang Ka’bah PPP, Suharso Monoarfa Menangis

Suharso memberikan pidato melalui forum Mukernas, dirinya tampak penuh dengan semangat dan tangis saat dikukuhkan sebagai Plt Ketum PPP. Sambil menangis, ia berbicara mengenai lambang PPP yaitu ka’bah.

Dalam pidatonya ia berkata jika ka’bah sebagai lambang, simbol partai itu tidaklah serta merta dengan mudah diperoleh. Dan ia sedikit mengungkit masa kejayaan PPP yang menurutnya mas kejayaan tersebut berakhir pada tahun 2004. Kemudian ia mengajak semua pihak untuk berintrospeksi dan kembali menyinggung lambang PPP.

2. Politikus PPP Suharso Monoarfa Datangi Istana dengan Berbaju Putih

Ketika perkenalan para calon menteri kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin berlanjut pada hari Selasa, 22 Oktober 2019. Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yakni Suharso Monoarfa tengah mendatangi Istana Negara.

Ia terlihat memakai kemeja putih dengan lengan panjang dipadu celana panjang hitam. Belum ada pernyataan dari dirinya, ternyata ia sudah terlihat melambaikan tangan kepada para media.

Itulah beberapa informasi tentang Suharso Monoarfa yang dapat kalian ketahui. Semoga amanah yang ia jalani saat ini hingga kedepannya bisa berjalan dengan baik dan selamat bertugas.

Artikel Lainnya :

Haris Azhar – Biodata, Biografi, Profil dan Fakta Menarik Lainnya

Puan Maharani – Biodata, Biografi, Profil dan Fakta Menarik Lainnya

Ma’ruf Amin – Biodata, Biografi, berita terbarunya