Siti Habibah – Biodata, Biografi, Fakta Kematiannya

Posted on

Siti Habibah – Biodata, Biografi, Fakta Kematiannya

Siti Habibah

Dibalik kesuksesan presiden ke 6 kita yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ternyata ada sosokseorang ibu yang melahirkan dan membesarkan dirinya. Ibu tersebut adalah Siti Habibah yang kabarnya telah meninggal dunia pada Jumat tanggal 30 Agustus 2019. Jika kalian ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang sosok seorang ibu Siti Habibah, silahkan simak artikel berikut.

Biodata Siti Habibah

Susilo Bambang Yodhoyono (SBY) adalah putra tunggal dari pasangan Siti Habibah dan Soekotjo yang lahir pada tanggal 9 September 1949 di Pacitan, Jawa Timur. Suaminya merupakan seorang Komandan Rayon Militer yang telah pensiun dari dunia militer dengan memiliki pangkat Letnan Satu. Dan suaminya pun adalah sosok yang terpandang di masyarakat. Sedangkan Siti Habibah, ia datang dari keluarga yang merupakan salah satu pendiri Pondok Pesantren di Tremas, Pacitan, Jawa Timur.

Biografi Siti Habibah

Semenjak ditinggal oleh sang suami meninggal, dirinya hidup seorang diri saat 87 tahun lalu. Selama kurang lebih 38 tahun, almarhumah tinggal di Pacitan, lalu hijrah ke Blitar, Jawa Timur. Kemudian tinggal di kota Blitar itu juga selama kurang lebih 38 tahun.

Dan semenjak tahun 2007 yang lalu, kurang lebih 12 tahun yang lalu almarhumah hijrah lagi dan tinggal di Jakarta di kawasan Cikeas hingga akhir hayatnya. Habibah hidup seorang diri karena sang putra satu-satunya yaitu SBY menjalankan pendidikan militer di Magelang, Jawa Tengah.

Sebagai anak tunggal, SBY mengenang almarhumah sang ibu adalah sosok wanita yang sangat religius, bersahaja, keras dalam prinsip, kuat dalam menjalani cobaan, kuat dengan tantangan kehidupan, kuat dalam tirakat dan selalu ikhtiar sepanjang hidupnya.

Baca Juga :  Herbert Spencer – Biografi dan Perannya Dalam Ilmu Sosiologi

Fakta Kematian Siti Habibah

Setelah tiga bulan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ditinggal pergi selamanya oleh sang istri tercinta yaitu Ani Yudhoyono. Saat ini pula SBY harus kembali kehilangan sang ibunda yaitu Siti Habibah kembali ke pangkuan Tuhan.

Setelah disemayamkan di Pendopo Puri Cikeas, Jawa Barat, tepatnya pada pukul 13.22 WIB, yaitu hari sabtu tanggal 31 Agustus 2019. Jenazah ibunda SBY diberangkatkan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir di Jakarta. Bagi SBY, pada tahun 2019 ini merupakan tahun terberat bagi dirinya dan keluarga karena harus kehilangan dua sosok yang sangat ia sayangi.

Berikut adalah fakta-fakta ibunda SBY yaitu Siti Habibah telah meninggal dunia :

1. Meninggal Dunia di RS Mitra Keluarga Cibubur

Kabar wafatnya ibunda SBY pertama kali diungkap oleh Wakil Sekjen Partai Demokrat yang bernama Rachland Nashidik. Pada saat itu, dia juga mengatakan bahwa jenazah akan disemayamkan di kediaman SBY di Puri Cikeas, Bogor. Sementara, pemakaman yang akan digelar berlangsung pada esok hari. Dia pun memohon kepada masyarakat untuk mendoakannya agar Tuhan memberikan ampunan.

2. Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Sang ibunda tercinta Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Siti Habibah telah dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Jenazah almarhumah ibunda SBY masih disemayamkan di Pendopo Puri Cikeas, Jawa Barat. Sebelum diberangkatkan pada pukul 13.22 WIB siang tadi.

Ada beberapa alasan mengapa dirinya memutuskan untuk memakamkan ibundanya di Tanah Kusir, bukan Madiun, tempat sang ibunda almarhum dimakamkan di sana. Alasannya yaitu agar sang ibu lebih dekat dengan dirinya yang merupakan anak tunggal dan kedua cucunya yang bernama Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Baca Juga :  Firli Bahuri - Biodata, Biografi, Profil dan Fakta Menarik Lainnya

3. Jokowi Melayat Ibunda SBY

Saat sebelum dimakamkan di TPU Tanah Kusir, beberapa jumlah tokoh penting negeri ini turut hadir di kediaman SBY di Puri Cikeas. Salah satunya yaitu presiden Joko Widodo atau Jokowi hadir sekitar pukul 11.55 WIB yang didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Jokowi hadir dengan mengenakan baju batik lengan panjang dan celana warna hitam, beliau melayat sekitar 10 menit sebelum bertolak meninggalkan kediaman SBY. Sebelumnya, Wapres RI yaitu Jusuf Kalla beserta beberapa tokoh lainnya juga turut hadir melayat di kediaman SBY.

Lewat akun Instagramnya, Jokowi mengatakan akan sosok ibunda Presiden SBY. Beliau menilai bahwa almarhumah adalah sosok ibu yang hebat dalam mendidik anak-anaknya. Jokowi juga menyebut Siti Habibah adalah seorang yang mengagumi Presiden Soekarno. Semasa hidupnya, ia mengatakan bahwa almarhumah pernah berziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur.

Artikel Lainnya :