Sebutkan Manfaat Puasa Ramadhan

Posted on

Sebutkan Manfaat Puasa Ramadhan

Inibiodata.com – Sebutkan manfaat puasa Ramadhan selain menahan rasa lapar dan haus? Karena sejatinya puasa merupakan salah satu ibadah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi yang menjalankannya.

Apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini ya!

 

Manfaat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Sobat bio pasti masih semangat kan, menjalankan ibadah puasa ini? Agar lebih semangat di sini Bang Bio akan menjelaskan apa saja manfaat yang akan diperoleh bagi sobat yang menjalankan ibadah puasa.

Berikut ini manfaatnya :

 

1.) Puasa Dapat Meninggikan Derajat

Beberapa hadis dari Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa pada saat Ramadhan tiba, pintu pintu surga akan terbuka lebar sedangkan pintu nerakan akan ditutup dan para setan dibelenggu.

Pintu pintu surga yang terbuka lebar menjadi pendorong umat muslim untuk meningkatkan ketakwaan di bulan Ramadhan ini. Dan bertawakal hingga di bulan bulan setelahnya. Artinya tidak hanya meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan saja.

Sedangkan pintu neraka yang tertutup beserta para setan yang dibelenggu menjadi sebuah arti bagi kita agar mengurangi perbuatan maksiat dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi setiap harinya.

Hal inilah yang membuat puasa di bulan Ramadhan mampu meningkatkan derajat kita sebagai umat muslim yang taat dan menjadikan bulan Ramadhan. Sebagai salah satu penyemangat untuk terlahir kembali suci dan menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.

 

 2.) Sebagai Penghapus Dosa

Nabi Muhammad juga perbah bersabda jika siapa saja yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan mengharapkan pahala melimpah. Maka dosa dosanya yang telah lalu akan diampuni.

 

3.) Memalingkan dari Syahwat

Rasulullah bersabda jika para pemuda yang sudah menikah maka menikahlah karena pemuda yang menikah akan bisa menundukkan pandangan sehingga lebih mudah menjaga kemaluan. Dan bagi yang belum mampu menikah, maka berpuasalah karena puasa dapat menekan syahwat.

Sejatinya puasa bukan hanya menahan lapar dan haus saja namun juga menahan hawa nafsu dan menghindari segala maksiat.

Manfaat puasa yang selanjutnya adalah dapat memalingkan diri dari syahwat.

 

3.) Puasa Dapat Memperbanyak Sedekah

Puasa bisa bukan hanya bisa digunakan sebagai dorongan untuk membuat diri menjadi lebih takwa pada Sang Pencipta. Namun dengan menahan rasa lapar dan haus seharian penuh maka dapat memacu semangat kita untuk saling memberi.

Sebab di sini kita dapat merasakan apa yang dirasakan orang orang yang kurang beruntung di luar sana. Di mana mereka harus menahan rasa lapar dan haus sebab tidak memiliki makanan dan minuman.

Dengan berpuasa kita akan semakin sadar bahwa kita adalah orang orang beruntung dan membuat kita semakin semangat untuk saling berbagi dengan sesama yang membutuhkan.

Sehingga puasa juga bisa menjadi salah satu cara agar kita menjadi manusia yang lebih peka terhadap penderitaan orang lain.

 

5.) Puasa Dapat Menyempurnakan Ketaatan

Puasa tidak hanya berarti menahan haus dan lapar, namun puasa juga mengajak kita untuk senantiasa mengingat rasa lapar dan haus yang akan dirasakan oleh ahli neraka kelak.

sinilah membuat puasa mampu memperdalam dan menyempurnakan ketaatan umat muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

 

6.) Puasa Dapat Meningkatkan Rasa Syukur dan Membuat Kita Mengetahui Kenikmatan yang Tersembunyi

Manusia memang seringkali lalai akan nikmat yang telah dimilikinya dan selalu merasa kurang dalam hidupnya. Padahal tanpa disadari manusia sudah diberikan banyak sekali rahmat dan kenikmatan.

Dengan berpuasa kita bisa merasakan hidup sebagai seseorang yang kurang beruntung yang tidak mampu membeli makanan dan minuman.

Sehingga pada saat kita berpuasa kita juga akan merasakan rasa lapar dan juga rasa haus yang ramah bagi orang orang yang kurang beruntung. Dari sinilah kita akan bisa merasa lebih bersyukur.

Karena selama ini kita memiliki banyak sekali kenikmatan yang tidak dimiliki oleh orang orang beruntung seperti kita. Sebab kita bisa makan kapan saja dan menghilangkan rasa dahaga dengan minuman nikmat dan menyegarkan.

Hal ini terkadang terlupakan oleh kita sehingga membuat kita senantiasa merasa kurang puas dengan apa yang kita miliki dan menuntut sesuatu yang lebih.

Padahal ada banyak sekali orang orang di luar sana yang tidak bisa makan dan minum akibat kondisi mereka yang tidak memungkinkan.

Jadi, marilah tingkatkan rasa syukur dengan berpuasa penuh di bulan Ramadhan ini ya sob.

 

7.) Puasa Dapat Mencegah Keinginan Melakukan Kemaksiatan

Rasa kenyang seringkali menjadi salah satu pemicu seseorang untuk melakukan kegiatan yang sia sia atau bahkan melakukan kemaksiatan. Akan tetapi ketika kita sedang merasa lapar dan juga haus maka kita tidak akan memikirkan apa apa lagi selain bagaimana cara mencari makanan dan minuman.

Maka hal ini dinilai mampu mengurangi keinginan kita untuk berbuat kejahatan dan maksiat.

Akan tetapi yang harus kita ingat di sini adalah, rasa lapar dan haus yang dirasakan haruslah berasal dari puasa yang dijalankan.

Bukanlah rasa lapar dan haus yang diakibatkan oleh keadaan yang tidak memungkinkan untuk memiliki makanan dan minuman.

Sedangkan puasa sendiri dimulai dalam waktu yang cukup lama, yakni sejak terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Sehingga puasa dianggap cukup efektif untuk mengurangi perilaku jahat, kegiatan tidak bermanfaat hingga maksiat.

Terlebih lagi ketika hendak melakukan suatu kegiatan maka kita akan teringat bahwa kita sedang menjalankan puasa. Dan menimbang apakah yang akan dilakukannya akan mengurangi pahala puasa atau bahkan membatalkannya.

Namun apabila kita sudah berpuasa dan melalukan tindakan yang merugikan bagi diri sendiri dan orang lain. Maka kita dianggap sudah menghilangkan keberkahan puasa, dan juga sudah melanggar janji pada Sang Pencipta ketika mengucapkan niat berpuasa.

 

 

Jadi coba sebutkan manfaat puasa Ramadhan?

 

Baca Berita Lainnya :