Saut Situmorang – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Mundurnya dari KPK

Posted on

Saut Situmorang – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Mundurnya dari KPK

Saut Situmorang merupakan Wakil Ketua KPK yang secara mengejutkan menyatakan pengunduran dirinya dari jabatan sebagai Wakil Pimpinan KPK Jilid IV. Hal tersebut sudah disampaikannya melalui surat elektronik atau email pada seluruh pegawai KPK terhitung sejak 16 September 2019 mendatang.

Hal pertama yang disampaikan oleh Saut Situmorang mengenai pengunduran dirinya adalah, dirinya mengucapkan terima kasih pada Tuhan Yang Maha Esa. Di dalam suratnya, Saut Situmorang menyatakan jika dirinya secara resmi mengundurkan diri sebagai Pimpinan KPK terhitung mulai hari Senin 16 September 2019.

Saut Situmorang juga tak lupa untuk menyampaikan permintaan maafnya pada empat pimpinan KPK dan lalu pada seluruh pegawai KPK yang sudah berdedikasi bersama dirinya bekerja sama selama ini di KPK.

Secara jelas Saut Situmorang mengucapkan permohonan maaf pada beberapa nama dalam Pimpinan KPK Jilid IV di antaranya adalah Bunda BP, Bro Alex M , Bro LM Syarif, dan pak bro Ketua Agus R. Struktural, Staf, Security, bahkan mengucapkan permintaan maaf pada semua Ofice Boy yang selama ini dinilainya telah membantunya untuk membersihkan ruangan dan membantu menyiapkan makanan setiap hari.

Saut Situmorang juga menyampaikan permintaan maafnya karena selama 4 tahun belakangan ketika menjabat sebagai Pimpinan KPK dirinya memiliki sikap yang mungkin kurang berkenan pada semua staf mau pun semua orang yang berada di KPK.

Selain itu Saut Situmorang juga mengatakan permohonan maaf dikarenakan banyak sekali hal yang memang harus dapat membedakan di antara cemen dengan penegakan semibilan nilai KPK yang dapat dimiliki, seperti jujur, peduli, mandiri, disiplin hingga tanggung jawab, sederhana, berani, adil dan tentu saja kerja yang harus ditanamankan dan diajarkan selama ini sebagai bagian dari nila di KPK yakni Republik Indonesia KPK.

Biodata dan Biografi Saut Situmorang

Terlhir dengan nama Thony Saut Situmorang dan lahir di Medan Belawan pada 20 Maret 1959 ini merupakan salah satu Pimpinan KPK terpilih oleh Pania Seleksi DPR untuk masa bakti dari 2015 hingga 2019.

Sebelum dikenal sebagai Pimpinan KPK, Saut Situmorang sebelumnya menjabat sebagai Kaban Sospol Pemprov Sumut dan juga Direktur Indonesia Cipta Investama.

Selain sepak terjangnya di KPK, pria yang merupakan Alumni Universitas Persada ini memang tak banyak diketahui orang. Hingga pada saat dirinya mengumumkan pengunduran diri sebagai Pimpinan KPK, namanya semakin banyak dibicarakan.

Profil Saut Situmorang

NamaThony Saut Situmorang
LahirMedan Belawan, Medan, Sumatera Utara, 20 Februari 1959
AlmamaterUniversitas Persada Indonesia YAI
PekerjaanDirektur P.T. Indonesia Cipta Investama Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi
Dikenal AtasPimpinan KPK

 

Fakta Mundurnya Saut Situmorang Dari KPK

Fahri Hamzah buka suara soal mundurnya Saut Situmorang dari Pimpinan KPK, menurutnya hal tersebut tidak perlu diambil pusing karena selain masa jabatan Saut Situmorang sebagai Pimpinan KP yang akan segera berakhir, sehingga hal ini dinilai biasa saja.

Wakil Ketua DPR RI ini pun mengungkapkan apa saja yang membuat Saut Situmorang akhirnya memutuskan untuk mundur dari jabatannya.

Seperti yang telah diungkapkan oleh Fahri Hamzah yang tak memusingkan apa alasan dari Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Saut Situmorang yang mengundurkan dari jabatannya terhitung tanggal 16 September 2019 besok.

Fahri Hamzah juga mengatakan jika dirinya setuju dengan pandangan Pak Jokowi yang menyatakan jika merupakan hak pribadi orang masing masing pada saat mengambil keputusan salah satunya adalah keputusan untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai Pimpinan KPK.

Selain itu pengunduran diri Saut Situmorang ini tidak menjadi masalah apalagi karena Pimpinan KPK periode ini akan segera berakhir masa jabatannya di tahun ini dan akan segera digantikan oleh pimpinan periode yang berikutnya yang telah dipilih oleh DPR.

Menurut Fahri Hamzah, sah sah saja jika Saut Situmorang mengundurkan diri jika tidak puas dengan hasil pemilihan pimpinan KPK akan tetapi Fahri Hamzah juga mengingatkan jika seharusnya Saut Situmorang dan pegawai KPK lainnya bisa menyesuaikan dengan hasil pemilihan pimpinan KPK.

 

Demikian fakta pengunduran diri Saut Situmorang sebagai Pimpinan KPK yang membuat namanya menjadi perbincangan hangat dalam sepekan ini.