Rycko Amelza Dahniel – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Posted on

Rycko Amelza Dahniel – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Hallo sobat biodata, oke ketemu lagi dengan kami yang akan menyajikan beberapa informasi, kali ini akan membahas Rycko Amelza Dahniel yang sebelumnya ia menjabat sebagai Gubernur Akpol Lemdiklat Polri. Ia juga termasuk polisi yang mendapat kenaikan pangkat luar biasa pada saat ia bergabung dalam tim Bareskrim. Beberapa prestasi yang ia raihnya yaitu melumpuhkan teroris bernama Dr Azahari dan kelompoknya di Kota Batu, Malang,Jawa Timur pada tanggal 9 November 2005 lalu. Jabatan terakhirnya yaitu menjadi sebagai Kepala Polda Sumatera Utara (Sumut) yang aktif sejak tanggal 5 Oktober 2016. Ingin tahu lebih detail tentang Rycko Amelza Dahniel? Simak artikel berikut hingga tuntas.

Biodata Rycko Amelza Dahniel

Nama Lengkap : Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si.
Nama Tenar : Rycko Amelza Dahniel
Tanggal Lahir : 14 Agustus 1966
Tempat Lahir : Bogor, Jawa Barat
Zodiak : Leo
Pekerjaan : Polisi
Penghargaan sipil : Adhi Makayasa (1988)
Masa dinas : 1988 – Sekarang
Pangkat : Inspektur Jenderal Polis
Akun Instagram : @ryckoad

Biografi dan Profil Rycko Amelza Dahniel

Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. atau yang kerap dikenal dengan Rycko Amelza Dahniel lahir pada tanggal 14 Agustus 1966 di Bogor, Jawa Barat. Saat ini ia adalah seorang perwira tinggi Polri yang mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah sejak tanggal 26 April 2019.

Ia merupakan lulusan terbaik Akpol pada tahun 1988 ini yang berpengalaman dalam bidang reserse. Ia dapat menyelesaikan pendidikan SDN pada tahun 1979, SMPN tahun 1982 dan SMAN tahun 1985 di kota Cibinong, Bogor. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang dan hebatnya ia menjadi lulusan terbaik dengan meraih predikat Adhi Makayasa. Dan pada tanggal 23 Juli 1988 ia dilantik oleh Presiden Soeharto di Istana Merdeka.

Tak hanya berhenti disitu saja, pada tahun 2001 ia mampu melanjutkan kembali dan merupakan lulusan Magister (S2) Ilmu Administrasi di Universitas Indonesia dan pada tahun 2008 ia lulus Doktoral (S3) pada Kajian Ilmu Kepolisian Universitas Indonesia dengan meraih predikat Cum Laude.

Tugas pertama yang ia jalani yaitu di Polres Metro Jakarta Pusat menjabat sebagai Kepala Unit Kejahatan dengan Kekerasan. Setelah itu ia ditugaskan kembali sebagai instruktur di Akademi Kepolisian Semarang.

Pada tahun 1993 ia pun kembali mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) dan lulus dengan predikat yang terbaik. Setelah itu, kembali menjalani tugas di Polres Metro Jakarta Pusat, kemudian Kasat Reserse Polres Jakarta Selatan dan juga menjadi sebagai Wakasat Ekonomi Polda Metro Jaya.

Ia adalah orang selalu haus akan ilmu, pada tahun 2002 ia pun masih mengikuti pendidikan Sespimpol dan masih menjadi lulusan dengan meraih predikat terbaik dalam penulisan Naskah Strategis.

Fakta Menarik Rycko Amelza Dahniel

Idham Azis bersama Tito pernah menangkap gembong teroris. Idham menjadi sebagai anggota Tim Kobra untuk menangkap seorang Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto di bawah pimpinan Tito Karnavian. Pada saat itu, ia bertugas di Unit Harda Polda Metro Jaya dan ia ikut menumpas otak bom Bali Dr Azhari di Batu, Malang, pada tahun 2005.

Idham tak hanya sendiri, ia kerja bersama Tito dan tim lainnya, salah satunya yaitu Rycko Amelza Dahniel, Petrus Reinhard Golose dan lainnya. Mereka semua mendapat kenaikan pangkat yang luar biasa dari Kapolri yaitu Jenderal Sutanto.

Itulah beberapa informasi tentang seorang Rycko Amelza Dahniel yang dapat kalian ktahui. Semoga amanah yang ia miliki saat ini, dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Dan jangan lupa selalu baca artikel-artikel terbaru dari kami yang akan menyajikan berbagai informasi terbaru dan teraktual.

Artikel Lainnya :

Anak Idham Azis – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Suahasil Nazara – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Dirinya

Profil dan Biografi Veranita – Dirut Baru Air Asia