Puan Maharani – Biodata, Biografi, Profil dan Fakta Menarik Lainnya

Posted on

Puan Maharani – Biodata, Biografi, Profil dan Fakta Menarik Lainnya

Puan Maharani
Puan Maharani

 

Sosok wanita ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat sebagai putri dari Presiden Ke-5 RI yaitu Megawati Soekarnoputri yang merupakan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan. Siapakah itu? Dia adalah Puan Maharani. Darah politiknya mengalir dari kedua orang tuanya, entah itu dari ibu Megawati ataupun ayahnya yang bernama Taufik Kiemas yang pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI. Cucu dari Presiden pertama RI sekaligus Proklamator Soekarno mulai mengenal dunia politik sejak dirinya masih muda dan selalu di dukung untuk meneruskan tradisi politik dalam keluarga Soekarno. Ingin lebih jelas mengetahui sosok Puan Maharani? Simak artikel berikut hingga selesai.

 

Biodata dan Biografi Puan Maharani

Wanita kelahiran 6 September 1973 yang bernama Puan Maharani ini merupakan anak ketiga dari pasangan Megawati Soekarnoputri (Ibu) dan Taufiq Kiemas (Ayah). Ia memulai pendidikannya mulai SD hingga SMP di Perguruan Cikini. Da sejak SMP itulah dirinya mulai mengenal politik. Karena pada saat itu, ibu Megawati Soekarnoputri mulai aktif dalam dunia politik, sehingga ia juga ikut menyaksikan bagaimana kerasnya tekanan dalam politik penguasa saat itu terhadap perjuangan sang ibu.

Setelah lulus dari SMP, ia kemudian masuk SMA juga di Perguruan Cikini. Masa remaja yang ia jalani tidak sama dengan teman-teman lainnya, karena dirinya banyak waktu untuk menemani ibunya berkeliling dalam kegiatan politiknya. Sehingga tanpa ia sadari, aktivitas tersebut dengan perlahan memperkenalkan kepada dirinya dunia politik. Sewaktu dirinya masih muda juga pernah magang dan menjadi jurnalis di majalah Forum Keadilan.

Pada tahun 1991 ia lulus SMA, lalu melanjutkan pendidikan kuliahnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Komunikasi Massa. Kemudian pada tahun 1997 ia dapat menyelesaikan kuliahnya.

Puan Maharani adalah penerus ibu Megawati Soekarnoputri dalam dunia politik. Pada tahun 2006, ia mengawali karirnya sebagai anggota DPP KNPI Bidang Luar Negeri. Kemudian pada tahun 2009, terpilih sebagai anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan setelah dirinya mendapatkan suara terbanyak di wilayah Jawa Tengah diantaranya yaitu Surakarta, Sukoharjo, Boyolali dan Klaten.

Pada tahun 2012, dirinya didaulat untuk menggantikan Tjahjo Kumolo yang menjabat sebagai Ketua Fraksi DPI Perjuangan. Setelah dapat beberapa tahun kemudian, ia kembali terpilih sebagai anggota DPR RI. Disaat itu pula ia menjabat sebagai Ketua Bidang Politik serta Hubungan Antar lembaga DPP PDI Perjuangan.

Pada tahun 2014, saat Joko Widodo dan Jusuf Kalla terpilih sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia. Puan tunjuk untuk menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan juga Kebudayaan Republik Indonesia. Pada saat itu juga dirinya menjabat sebagai Ketua Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Lalu pada tahun 2019, ia kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dapil Jawa Tengah, dan usaha itu membuah kan hasil dengan ia memperoleh suara terbanyak. Setelah dirinya terpilih sebagai anggota DPR, akhirnya pada tanggal 1 Oktober 2019 ia mengundurkan diri sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dirinya terpilih sebagai Ketua DPR Republik Indonesia dan dalam sejarahnya itu merupakan ketua DPR RI wanita pertama kali sejak Indonesia merdeka.

Profil Puan Maharani

Nama : Puan Maharani
Tanggal Lahir : 6 September 1973
Tempat Lahir : Jakarta
Zodiak : Virgo
Pekerjaan : Politikus
Suami : Happy Hapsoro
Orang Tua : Taufiq Kiemas (Ayah) dan Megawati Soekarnoputri (Ibu)
Akun Instagram : @puanmahanarini

Fakta Menarik Lainnya

1. Karier Politik

Megawati Soekarnoputri mulai mengenalkan putrinya yang bernama Puan Maharani kepada publik saat ia berkampanye di Jawa Timur beberapa tahun lalu. Pada tahun 2006 akhirnya Puan Maharani mulai aktif ikut bergabung dalam organisasi politik. Pada Pemilu tahun 2009 dari Dapil Jawa Tengah V seperti Surakarta, Sukoharjo, Klaten dan Boyolali. Akhirnya dirinya terpilih dengan memperoleh suara terbanyak kedua di tingkat nasional yaitu sebanyak 242.504 suara.

2. Menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK)

Karir politik yang dijalani oleh puan berjalan dengan baik dan lancar, bahkan ia pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI pada tahun 2012-2014. Pada pemilu 2014, dirinya kembali berjuang mencalonkan diri sebagai caleg di dapil Jawa Tengah V. Ia menang dengan memperoleh suara terbanyak dan berjalan dengan baik menuju kursi DPR RI.

Kemudian Puan ditempatkan di Komisi VI DPR yang membidangi industri, investasi dan persaingan usaha. Tak lama setelah itu, kemudian Joko Widodo terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia. Akhirnya Puan ditunjuk menjabat sebagai Menteri Koordinator di Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) di kabinet kerja Presiden Joko Widodo periode 2014-2019.

3. Prioritaskan 8 RUU

Menjabat sebagai Ketua DPR yang baru, Puan berjanji bahwa dirinya akan mempriotiskan 8 RUU yang ditunda pada periode lalu. Kedelapan RUU tersebut merupakan RUU Pertahanan, Permasyarakatan, RKUHP, RUU PKS, RUU Koperasi, RUU Pengawasan Obat dan Makanan, RUU Ketenagakerjaan dan juga RUU Minerba.

Itulah beberapa informasi tentang Puan Maharani. Sosok seperti inilah yang patut dicontoh dari perjuangannya, kerja kerasnya dan juga tanggung jawabnya. Semoga amanah dalam menjalankan tugasnya.

Artikel Lainnya :

Hillary Lasut – Biodata, Biografi, Profil dan Fakta Menarik Lainnya

Haris Azhar – Biodata, Biografi, Profil dan Fakta Menarik Lainnya

Elza Syarief – Biodata, Biografi, Fakta Menarik Lainnya