Profil Aprilia Manganang – Mantan Atlet Voli Timnas Putri Kini Jadi TNI

Posted on

Profil Aprilia Manganang

Inibiodata.com – Profil Aprilia Manganang mantan atlet voli nasional putri Indonesia ini belakangan viral di jagad maya.

Nama Aprilia Manganang sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, khususnya pecinta olahraga voli. Sebab dia merupakan salah satu ujung tombak dari tim nasional putri Indonesia.

Namanya cukup gemilang ketika berlaga di Asian Games 2018 dengan kemampuan bermainnya yang luar biasa. Tak hanya itu saja, Aprilia juga mencuri perhatianbanyak orang dengan penampilannya yang layaknya seorang pria.

Hal tersebut pun pernah menimbulkan masalah ketika dia berlaga di Sea Games 2015 yang digelar di Filipina. Kala itu panitia Sea Games tidak mempercayai jika Aprilia merupakan wanita dan memintanya melakukan tes jenis kelamin sebelum berlaga.

Tentu saja karena gestur tubuhnya yang lebih gagah daripada perempuan dan cenderung mirip dengan laki-laki. Namun setelah melakukan beberapa tes yang ketat akhirnya Aprilia dinyatakan lolos mengikuti ajang Sea Games.

Karena hasil tes menunjukkan jika Aprilia merupakan wanita asli, sehingga gadis asal Sulawesi Utara tersebut melaju ke ajang terbesar se Asia Tenggara itu.

Setelah lama tidak terdengar kabarnya, Aprilia akhirnya muncul ke publik dengan kabar terbarunya. Melalui akun TikTok miliknya, Aprilia menunjukkan kegiatannya yang sedang berolahraga sambil mempertontonkan bentuk perut sixpack yang sontak membuat banyak kaum adam menjadi iri.

Video ini pun akhirnya viral sebab penampilan Aprilia dengan rambut pendek dan tubuh semakin berotot dan kekar membuatnya terlihat cenderung lebih tampan. Alih-alih tampil cantik seperti wanita pada umumnya, banyak warganet yang mengaku pangling dengan penampilannya.

Dan merasa terpesona dengan sosok aprilia yang baru diketahui jika dirinya adalah wanita.

Untuk mengenal lebih dekat sosok Aprilia, kami pun sudah menyiapkan profilnya di bawah ini.

 

Profil Aprilia Manganang

Nama Lengkap Aprilia Santini Manganang
Nama Aprilia Manganang
Kelahiran Tahuna, 27 April 1992
Tinggi 1,7 m
Kebangsaan Indonesia
Berat 76 kg

 

Biodata dan Perjalanan Hidupnya

Aprilia Santini Manganang atau lebih dikenal dengan Aprilia Manganang merupakan atlet voli putri untuk tim nasional Indonesia yang lahir di Sulawesi Utara pada 27 April 1992.

Aprilia sendiri juga merupakan adik dari Amasya Mangangan yang dulunya juga seorang atlet voli putri. Sehingga dari kecil, Aprilia sudah menunjukkan ketertarikannya dengan bidang olahrga.

Sehingga dirinya juga tidak hanya mahir dalam bermain voli namun juga jago pada bidang atletik dan juga olahraga basket. Ketika duduk di bangku SMA, Aprilia pun sempat memfokuskan diri pada bidang olahraga basket dan vakum dari voli.

Namun dirinya kembali bermain voli pada saat melihat sang kakak yang lebih dulu menjadi atlet, sukses besar ketika menjadi atlet voli untuk tim nasional Indonesia. Dari sini kakaknya mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit, sehingga membuat Aprilia tertarik untuk mengikuti jejak sang kakak.

Aprilia memulai karier profesionalnya pada saat tergabung di dalamtim Alco Bandung di tahun 2011. Lalu dirinya mencatatkan diri sebagai skual BNI 46, Jakarta Electrik PLN hingga masuk dalam tim Popsivo Polwan di Proliga.

Kesuksesannya dalam mengolah bola voli membuat dirinya dianggap sebagai salah satu ujung tombak bagi tim nasional bola voli putri Indonesi. Apalagi karena wanita dengan tinggi 170 cm ini mempunyai spike yang cukup mematikan sehingga membuat lawan tidak bisa menghadang bola dan mengembalikannya.

Selama menekuni karier sebagai atlet bola voli, Aprilia mampu mengoleksi empat gelar juara Proliga. Tiga gelar diraih saat bersama skuad PLN dan satu kali saat bersama dengan tim Jakarta PGN Popsivo Polwan.

Sedangkan prestasi tertingginya tertoreh pada medali perak yang didapatkannya di SEA Games 2017 silam.

Kini setelah tidak aktif sebagai atlet voli, aprilia memilih untuk berkarier di dunia militer dan hal ini sudah lama ditekuninya. Hanya saja masih banyak orang yang tidak mengetahuinya.

Aprilia telah resmi tergabung dalam Korps Wanita Angkatan Darat atau Kowad sejak tahun 2016 lalu.

Dirinya sendiri memutuskan untuk memilih jalur karier ini seusai melepas predikatnya sebagai atlet nasional untuk melanjutkan hidupnya. Terhitung sejak September 2020, Aprilia sudah resmi menyatakan bahwa dirinya telah pensiun dari dunia voli dan fokus mengabdikan dirinya pada negara.

 

Fakta Menarik Aprilia Manganang

Ada beberapa fakta menarik mengenai Aprilia Manganang yang mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang, di antaraya adalah :

1.) Terlahir dari keluarga miskin, Aprilia kecil sudah membantu sang Ibu berjualan pisang goreng dan berkeliling kampung.

2.) Tak cukup membantu jualan pisang goreng, Aprilia juga tak segan membantu Ayahnya bekerja di kebun. Sehingga Aprilia kecil mahir menggunakan cangkul dan memanjat pohon kelapan.

3.) Sejak kecil, Aprilia mengaku tak pernah memiliki uang jajan saat sekolah dari TK hingga SMA.

4.) Aprilia juga sering dipandang sebelah mata karena hidup kekurangan sehingga sering tidak diundang ke acara ulang tahun temannya, karena dianggap tidak mampu.

5.) Sempat vakum dari dunia voli dan menekuni basket saat SMA, akhirnya Aprilia kembali ke jalur dunia voli dan menjadi atlet profesional karena terinspirasi dari sang kakak yang juga atlet voli nasional untuk timnas putri.

6.) Pernah mengikuti pertandingan SMA dan hanya dibayar dengan satu mi rebus dan telur.

7.) Sejak kecil tidak mampu membeli baju sehingga baju dan seragam sekolahnya merupakan pemberian dari tetangga.

 

 

Nah, itu dia beberapa fakta unik dan profil Profil Aprilia Manganang yang bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi masa kini. Bahwa mimpi hanya akan menjadi nyata ketika kita berusaha. Dan tidak ada yang mustahil selama kita bekerja keras meski kita terlahir dari keluarga serba kekurangan. Semoga menginspirasi….

 

Kabar Berita Menarik Lainnya :