Praveen Jordan – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Dirinya

Posted on

Praveen Jordan – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Dirinya

Seorang atlet muda dan tampan bernama Praveen Jordan kini berhasil melangkah ke babak final Denmark Open 2019 yang dipasangkan dengan Melati Daeva Oktavianti. Keduanya berharap mampu meraih gelar perdana di Odense Sportspark, Denmark, Minggu pada tanggal 20 Oktober 2019. Pasangan ganda campuran peringkat tujuh dunia ini lolos masuk final setelah menaklukkan pasangan dari China Taipei yaitu Wang Chi Lin dan Cheng Chi Ya. Praveen dan Melati menang dua game langsung dengan meriah skor sebanyak 21-12, 21-12. Lalu seperti apa sosok Praveen Jordan? Berikut kami rangkum tentang biografinya.

Biodata dan Biografi Praveen Jordan

Praveen lahir pada tanggal 26 April 1993, di Bontang. Lahir dari pasangan Setio Lesmono dan Herlinche Simanulang. Ia menjadi sosok yang tumbuh dengan tubuh tinggi dan besar. Ia pun sangat menyayangi kedua orang tuanya. Dirinya bukanlah pemain basket ataupun artis. Ia adalah atlet bulutangkis dan melalui bulutangkis tersebutlah namanya kini dikenal oleh banyak orang.

Ia menekuni bulutangkis dengan penuh perjuagan dan semangat. Pernah suatu waktu, ia berpikir untuk berhenti main bulutangkis saat belum berprestasi, tetapi ibunya terus memberikan motivasi dan semangat agar dia tidak mudah menyerah.

Pada tahun 2011, dirinya berhasil membuktikan meraih medali perunggu di kejuaraan Asia Junior dan saat itu ia berpasangan dengan Tiara Rosalia Neraidah. Walaupun begitu Praveen tetap saja belum dilirik oleh Pelatnas PBSI.

Praveen berasal dari PB Djarum Kudus dan sejak tahun 2012 ia pernah berpasangan dengan pemain senior yaitu Vita Marissa. Saat itu, ia mulai mengembangkan prestasinya dengan meraih gelar Selandia Baru Grand Prix 2013, Indonesia Masters Grand Prix Gold 2013 dan Malaysia Masters Grand Prix Gold 2013.

Dengan banyaknya prestasi tersebut, akhirnya ia telah diincar pelatih Ganda Campuran Pelatnas PBSI yaitu Richard Mainaky. Pada tahun 2014, dirinya dipanggil untuk bergabung dengan pelatnas yang saat itu ia langsung dipasangkan dengan Debby Susanto.

Bersama dengan Debby, kini kemampuan Praveen semakin menonjol dan mulai meraih berbagai gelar. Beberapa gelar yang ia raih diantaranya yaitu medali perunggu Asian Games 2014, medali emas SEA Games Singapura 2015 dan ia pun berhasil menjadi juara ganda campuran di ajang bergengsi All England 2016.

Pada tahun 2017 menjadi sebuah tantangan bagi pasangan Praveen dan Debby yang hanya menjadi Runner-up di ajang Swiss Terbuka, Hong Kong Terbuka dan juga Australia Terbuka.

Namun, pasangan Praveen dan Debby berhasil menjadi juara di ajang Korea Terbuka 2017 setelah mengalahkan pasangan Tiongkok yaitu Wang Yilyu dan Huang Dongping. Tantangan selanjutnya, ia dengan penuh semangat menatap kejuaraan dunia dan olimpiade dalam nomor ganda campuran yang dipasangkan dengan Melati Daeva Oktavianti.

Profil Praveen Jordan

Nama Lengkap : Praveen Jordan
Tanggal Lahir : 26 April 1993
Tempat Lahir : Bontang
Zodiak : Taurus
Keluarga : Setio Lesmono (Ayah), Herlinche Simanulang (Ibu)
Profesi : Atlet
Akun Instagram : @jordan_praveen

Fakta Menarik Praveen Jordan

1. Kemenangan Perdana atas Wang dan Huang

Tiga kekalahan terakhir dari pasangan Praveen dan Melati melawan Wang dan Huang terjadi pada tahun 2019, yaitu pada turnamen India Terbuka Jepang Terbuka dan Australia Terbuka. Namun kalin ini pada Gelar juara Denmark Terbuka 2019 sangatlah istimewa karena akhirnya Praveen dan Melati berhasil mengalahkan Wang Yi Lyu dan Huang Dong Ping. Kemenangan ini adalah pertama kalinya bagi Praveen dan Melati saat melawan Wang dan Huang. Karena sebelumnya enam kali bertemu, pasangan Praveen dan Melati selalu kalah dari ganda China tersebut.

2. Tumbangkan Dua Ganda Campuran Terbaik Dunia

Keberhasilan yang di raih oleh Praveen dan Melati pada gelar Denmark Terbuka 2019 terasa sempurna. Bukan hanya mengalahkan pasangan peringkat dua dunia yaitu Wang dan Huang. Tetapi juga berhasil menyingkirkan ganda campuran terbaik dunia yaitu Zheng Si Wei dan Huang Ya Qiong. Ganda campuran Indonesia yaitu Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti kini telah berhasil menjadi juara di Denmark Terbuka 2019.

3. Momen Kebangkitan Praveen Jordan

Praveen menjalani turnamen Denmark Terbuka 2019 diiringi dengan sorotan negatif dari publik. Dia disorot karena baru saja mendapatkan peringatan dari pelatih ganda campuran akibat tindakan indisipliner. Ia diketahui meninggalkan Pelatnas PBSI Cipayung hingga larut malam tanpa izin bahkan dirinya sempat bolos latihan.

Bukan hanya itu, Praveen dan Melati juga disebut bermasalah dalam berkomunikasi. Itu ditengarai menjadi penyebab penampilan keduanya belum maksimal. Namun, Praveen tidak patah semnagat akibat insiden tersebut. Bersama dengan Melati, Praveen bisa bangkit dengan meraih juara Denmark Terbuka 2019.

Itulah beberapa informasi tentang seorang atlet muda yang tampan bernama Praveen Jordan. Semoga pada turnamen-turnamen berikutnya dapat memberikan hasil yang terbaik bagi Indonesia dan selamat berjuang.

Artikel Lainnya :

Biodata Putri Kusuma Wardani-Lengkap dengan berita terbarunya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya Terlengkap Beserta Fakta Menariknya

Sulli – Biografi, Fakta Kematiannya, Catatan Tertulis Tangan Sulli