Biodata Pemain Film G30SPKI – Lengkap Dengan Makna Film G30SPKI

Posted on

Biodata Pemain Film G30SPKI – Lengkap Dengan Makna Film G30SPKI

Film Penumpasan Pengkhianatan G30SPKI merupakan film propaganda pemerintah terbesar di sepanjang sejarah indonesia. Banyak sekali peristiwa yang melibatkan para tokoh penting dalam sebuah adegan mendebarkan ini. Menurut para analis film, aktor dan aktris yang terlibat dalam memerankan setiap tokoh di film ini dinilai sangat sukses. Arifin C. Noer adalah sutradara film ini yang mampu meraih 2 penghargaan dari Festival Film Indonesia pada tahun 1984 sebagai Skenario Terbaik dan pada tahun 1985 kembali meraih penghargaan sebagai Film Terlaris. Ingin tahu siapa saja Pemain Film G30SPKI? Berikut adalah beberapa biodatanya.

Biodata Pemain Film G30SPKI

1. Omar Khayyam Pemeran Presiden Soekarno

Nama : Omar Khayyam
Tanggal Lahir : 30 April 1932
Tempat Lahir : Ngawi, Jawa Timur
Zodiak : Taurus
Pekerjaan : Aktor, Budayawan, Penulis Cerpen dan Novel, Sosiolog dan Guru Besar di Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Meninggal Tanggal : 16 Maret 2002

2. Amaroso Katamsi Pemeran Mayjen Soeharto

Nama : Amaroso Katamsi
Tanggal Lahir : 21 Oktober 1941
Tempat Lahir : Batavia, Hindia Belanda
Zodiak : Libra
Pekerjaan : Aktor

Amoroso Katamsi menjadi sangat terkenal setelah dirinya sukses memerankan Mayor Jenderal Soeharto dalam film Penumpasan Penghianatan G30S/PKI. Perannya sangat bagus ia tampak gagah, tegas dan berwibawa.

3. Bram Adrianto Pemeran Untung Sjamsuri

Nama : Bram Adrianto
Tanggal Lahir : 11 Februari 1942
Tempat Lahir : Yogyakarta, Jawa Tengah
Zodiak : Aquarius
Pekerjaan : Aktor

Ada sekitar 18 film yang sudah iia mainkan dari tahun 1980 sampai tahun 1990. Dan pada film film Penghianatan G30S/PKI, Bram Ardianto memerankan Lekol Untung yang membuat namanya kini mulai terkenal di dunia per film-an indonesia.

4. Kies Slamet Pemeran Brigadir Jenderal Soepardjo

Nama : Kies Slamet
Tahun Lahir : 1941
Tempat Lahir : Blitar, Jawa Timur
Pekerjaan : Aktor

Ada sekitar 16 film yang ia mainkan selain penghianatan G30SPKI. Kies Slamet memerankan tokoh Brigadir Jenderal Supardjo merupakan satu-satunya jenderal yang ikut memimpin gerakan 30 September 1965.

5. Didi Sadikin Pemeran Kolonel Sarwo Edhie

Tidak banyak yang bisa diketahui tentang aktor yang bernama Didi Sadikin ini. Tetapi perannya dalam memerankan Kolonel Sarwo Edhie sangatlah baik. Sarwo Edhie kita kenal adalah tentara baret merah yang gagah dan juga tampan. Ia mendapat perintah dari Mayjen Soeharto untuk merebutkan stasiun RRI yang dikuasai oleh PKI pada waktu itu. Alasan Kolonel Sarwo Edhie ingin menjadi pemimpin penumpasan G30SPKI karena Jenderal Ahmad Yani dibunuh secara kejam. Jendral Ahmad Yani merupakan pelindung dan sahabat baik Kolonel Sarwo Edhie di Angkatan Darat.

6. Syubah Asa Pemeran D.N. Aidit

Nama : Syubah Asa
Tanggal Lahir : 21 Desember 1941
Tempat Lahir : Pekalongan
Zodiak : Capricorn
Pekerjaan : Aktor, Sartawan, Sastrawan dan Seniman
Meninggal Tanggal : 24 Juli 2011

Syubah Asa berperan sebagai DN. Aidit Sekertaris Jenderal PKI yang pada saat itu tahun 1965, PKI menjadi partai politik dengan memiliki anggota terbanyak di Indonesia. Aidit dituduh sebagai dalang penghianatan G30SPKI dan tuduhan tersebut tidak terbukti di pengadilan karena sebelum itu Aidit dibunuh oleh militer saat ia melarikan diri ke Yogyakarta.

7. Ade Irawan Pemeran Johana Sunarti Nasution

Nama Asli : Arzia Dahar
Nama Tenar : Ade Irawan
Tanggal Lahir : 05 April 1937
Tempat Lahir : Jakarta
Zodiak : Aries
Pekerjaan : Aktris

Ade Irawan berperan sebagai Johanna Sunarti Nasution, yaitu istri dari Jenderal AH. Nasution yang selamat dalam peristiwa penculikan 7 Jenderal yang dilakukan PKI waktu itu.

Makna Film G30SPKI

Adanya pemutaran kembali film G30SPKI dalam suasana nonton bareng oleh jajaran TNI AD di seluruh tanah air tak sedikit juga mengundang pro dan kontra. Ada beberapa makna dalam film ini yaitu jika dilihat secara kasat mata yang menonjol adalah keganasan PKI yang telah menculik dan membunuh tujuh Pahlawan Revolusi. Oleh karena itu ada makna nasionalisme yang patut untuk disimak. Pada saat itu, putera-putera terbaik bangsa Indonesia lebih memilih setia pada Pancasila dan juga NKRI.

Komandan Kodim 1302 Minahasa yaitu Letkol inf Juberth Nixon Purnama STh mengatakan bahwa kegiatan nobar (nonton bareng) adalah tindak lanjut langsung perintah dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Salah satu tujuannya yaitu agar generasi saat itu mengetahui penggalan sejarah Indonesia yang kini tengah terjadi. Karena kejadian seperti itu tidak akan terulang kembali.

Itulah beberapa informasi tentang Pemain Film G30SPKI lengkap dengan makna film tersebut. Semoga dapat memberikan semangat untuk kita agar lebih mencintai tanah air dan menjadi putera-puteri terbaik bangsa Indonesia.

Artikel Lainnya :

Biodata Pemain Film Joker – Lengkap Dengan Fakta Menarik, Beserta Sinopsisnya

Biodata dan Profil Film Pemain Hayya – Lengkap Dengan Sinopsisnya

Pretty Boys – Biodata dan Sinopsisnya