Pangeran Philip Wafat di Usia 99, Berikut Profilnya

Posted on

Pangeran Philip Wafat

Inibioadata.com – Pangeran Philip mengembuskan napas terakhirnya di usia beliau yang ke 99 tahun. Kabar ini pun dibagikan secara resmi oleh Ratu Elizabeth II yang juga merupakan istrinya.

Kabar meninggalnya suami dari Ratu Inggris ini pun pastinya menjadi duka bagi seluruh rakyat Inggris, bahkan dunia.

Sobat bio pastinya sudah tahu dong, pangeran yang sudah menemani Sang Ratu dengan setia ini?

Jika belum, kebetulan di sini bang bio akan mengulas profil dan perjalanan cinta abadi antara Pangeran dan Ratu Inggris ini.

Simak yuk!

 

Profil dan Perjalanan Hidup Pangeran Philip

Bergelar bangsawan Duke of Edinburg, Pangeran Philip sendiri berasal dari Yunani dan Denmark. Beliau dilahirkan pada 10 Juni 1021 di sebuah pulau yang ada di Yunani, yakni Pulau Corfu.

Memiliki darah bangsawan yang berasal dari sang Ayah yang merupakan Pangeran Andrew yang berasal dari Yunani dan juga Denmark. Sementara sang ibu Putri Alice berasal dari Battenberg. Beliau merupakan anak ke lima dari lima bersaudara dengan empat kakak perempuan.

Ketika 22 September 1922, Raja Constantine I yang merupakan Raja Yunani sekaligus paman dari Pangeran Philip digulingkan dari tahtanya. Sehingga beliau yang masih termasuk dalam anggota kerajaan Yunani dan Denmark pun harus terusir dari negara asalnya.

Sehingga ketika masih muda, beliau dan keluarganya menetap di pinggiran kota Paris bernama Saint-Cloud. Sedangkan Ayahnya sendiri menetap di Prancis Selatan agar bisa dekat dengan keluarga besarnya.

Ibunya kemudian bekerja di sebuah Instituse Psikiatri sedangkan Philip bersekolah di MacJannet American School hingga pada tahun 1930an beliau dipindahkan di sekolah yang ada di Jerman. Namun akhirnya beliau kembali pindah ke sekolah Gordonstoun Skotlandia.

Lalu pada tahun 1939 beliau melanjutkan pendidikan di Royal Naval College dan di tahun ini lah beliau akhinya berjumpa dengan pujaan hatinya, yakni Ratu Elizabeth II.

 

Perjalanan Cinta Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II

Pada tahun 1939, Raja George VI dan juga istrinya Ratu Elizabetg mengunjungi Royal Naval College yang merupakan sekolah tempat Philip menimba ilmu. Pada saat itu Philip muda ditugaskan untuk mengawal putri dari Raja dan Ratu Inggris yakni Elizabeth dan juga Margaret.

Baik Philip, Elizabeth dan juga Margaret masih memiliki hubungan saudara sepupu jauh yang berasal dari Philip melalui garis keturunan Ratu Victoria.

Kala itu Elizabeth yang masih berusia 13 tahun merasa jatuh cinta saat pertama kali melihat Philip muda. Akhirnya mereka mulai saring berkirim surat hingga hubungan keduanya berlangsung hingga beberapa tahun.

Di musim panas pada tahun 1946, Philip secara gentleman meminta pada Raja George agar dirinya bisa menikah dengan putrinya yakni Elizabeth dalam sebuah acara lamaran tidak resmi.

Raja George pun kala itu langsung menyetujui hubungan keduanya asal acara pertunangan resmi di antara keduanya dilangsungkan setelah Elizabeth berulang tahun ke 21.

Dikarenakan persiapan pengumuman acara pertunangan dengan Elizabeth, Philip pun kala itu tak keberatan harus meninggalkan gelar kerajaan Yunadi dan Denmark yang dimilikinya.

Sehingga beliau harus menggunakan nama belakang Mountbatten yang berasal dari gelar sang ibu. Lalu mengadopsi Anglikanisme sebagai agama untuk kemudian mengubah kewarganegaraannya menjadi Inggri.

Acara pertunangan keduanya pun digelar dan disiarkan pada publik di 10 Juli 1947 yang dilanjutkan dengan pesta pernikahan di tahun yang sama di tanggal 20 November. Pernikahan keduanya digelar di Westminster Abbey.

Pangeran Philip dan Ratu Elizabet pun dikaruniai empat orang anak yang terdiri dari Pangeran Charles, Anne, Andrew dan juga Edward.

Pangeran Philip sendiri mundur dari kariernya di Militer yang sudah mencapai pangkat Komandan agar bisa mendampingi istrinya. Beliau pun diberi gelar Pangeran dan melalukan berbagai macam tugas kenegaraan bersama sang istri. Hingga akhirnya memutuskan untuk pensiun dari tugasnya di kerajaan pada 2 Agustus 2017.

 

Pangeran Philip Wafat dan Tidak Akan Ada Upacara Pemakaman

Pangeran Philip tutup usia pada 9 April 2021 di usianya yang ke 99 tahun, keluarga kerajaan pun secara resmi mengungkapkan jika tidak akan ada upacara pemakaman untuk Pangeran Inggris tersebut.

Hal ini dikarenakan adanya pandemi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan prosesi pemakaman seperti anggota kerajaan lainnya.

Namun sejak kemarin Gedung Gedung Pemerintahan di Inggris sudah memasang bendera setengah tiang selama masa berkabung. Acara televisi pun dibatalkan untuk menyiarkan secara langsung berita mengenai wafatnya sang pangeran.

Pada hari ini, beberapa lokasi seperti Menara London dan Kastil Edinburgh melakukan penghormatan dengan 41 tembakan yang dilakukan pada siang hari.

Di tahun 2002 lalu Ratu Elizabeth meninggal dan peti matinya diletakkan di Aula Westminster Gedung Parlemen. Ribuan orang diperbolehkan datang untuk memberi penghormatan terakhir.

Namun kali ini prosesi tersebut tidak akan dilakukan, sebab selain kondisi pandemi, diketahui jika sang pangeran menolak untuk dikebumikan dengan cara tersebut dengan alasan tak mau merepotkan banyak orang.

Jenzah Pangeran Philip akan dibaringkan di Kastil Windsor dan pemakamannya pun akan diadakan di Kapel St George Kastil Windsor. Nantinya pihak kerajaan akan mengumumkan kapan pemakaman diadakan dan pastinya tidak akan ada acara terbuka dan hanya memperbolehkan 30 orang saja untuk menghadiri prosesi.

Dan pastinya hanya keluarga kerajaan yang hadir dalam prosesi pemakaman sang Pangeran.

 

 

Sebagai gantinya, warga Inggris yang tidak bisa menghadiri proses pemakaman Pangeran Philip bisa menandatangi buku belasunkawa secara online dan menghimbau agar warga tidak meletakkan bunga di sekitar kediaman kerajaan.

 

Baca Berita Lainnya :