Nico Harjanto – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Posted on

Nico Harjanto – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Datang bersama Mensesneg yakni Pratikno dan komisaris BUMN yakniFadjroel Rachman, salah satu dari 11 nama yang dipanggil oleh Jokowi untuk datang dan mengahadap ke Istana negara yaitu Nico Harjanto. Dari ke 11 orang yang dipanggil ke Istana negara tersebut, nama Nico memang masih terasa asing dan tak banyak orang yang tahu. Lalu siapakah itu Nico Harjanto? Berikut kami akan membahasnya, oleh karena itu simak terus artikel ini.

Biodata dan Biografi Nico Harjanto

Pria yang memiliki nama lengkap Nicolaus Teguh Budi Harjanto yang kerap disapa dengan Nico Harjanto ini lahir pada tanggal 1 Desember 1972 di Sleman. Ia adalah seorang akademisi dan juga peneliti. Lulus dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) jurusan Hubungan Internasional, kini ia meneruskan dengan mengambil master di ilmu politik Universitas Ohio, Amerika Serikat.

Setelah itu, ia masih merasa tidak puas dengan meneruskan kuliah dan berhasil lulus dari Unversitas Illinois Utara, Amerika Serikat. Ia meraih predikat doktor di bidang ilmu politik.

Sejak tahun 2012, Nico adalah seorang peneliti di Populi Center, yaitu sebuah lembaga nonprofit yang fokus pada pengkajian opini publik dan kebijakan publik. Bersamaan dengan jabatan tersebut sebagai peneliti di Populi Center, ia juga menjabat sebagai ketua umum Persepi (Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia) periode 2013 sampai 2016. Bahkan pada bulan April 2017, ia menjabat sebagai ketua Yayasan Populi Center, walaupun sebelumnya juga pernah menjabat sebagai kepala riset.

Pada tahun 2015 yang lalu, Nico juga menjadi salah satu dari 15 orang yang diundang oleh Jokowi ke Istana Negara. Bersama beberapa orang lainnya yang dimintai pendapat tentang kondisi politik selama pemerintahan Jokowi. Selain itu, ia juga pernah menjadi pembantu presiden Jokowi di Kantor Staf Presiden.

Saat ini dirinya tengah menjabat sebagai direktur umum Perhimupan Survei Opini Publik Indonesia. Selain itu, ia juga menjadi dosen tamu di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Jakarta serta dosen di Universitas Paramadina Jakarta. Pada Senin kemarin tanggal 21 Oktober 2019 ia dipanggil ke Istana Negara dan dikabarkan akan mengisi jabatan sebagai salah satu menteri di kabinet Jokowi Jilid II.

Profil Nico Harjanto

Nama Lengkap : Nicolaus Teguh Budi Harjanto
Nama Tenar : Nico Harjanto
Tanggal Lahir : 1 Desember 1972
Tempat Lahir : Sleman
Zodiak : Sagitarius
Pekerjaan : Akademisi, Peneliti

Fakta Menarik Nico Harjanto

1. Memiliki Integritas yang Tinggi

Lembaga survei yang mau sedikit blak-blakan tentang kecurangan dalam hasil hitung survei. Nico buka-bukaan tentang adanya lembaga survei abal-abal saat bekerja di lembaga survei Populi Center.

Dilansir dari Tribunnews.com Nico mengakui bahwa calon kepala daerah yang nakal itu akan menghalalkan segala cara untuk kemenangannya dalam pertarungan kepala daerah. Termasuk mengakali untuk merubah hasil survei membuat elektabilitasnya paling tinggi.

Nico pun menolak dengan tawaran-tawaran seperti itu dari calon kepala daerah nakal tersebut. Menurut dirinya calon kepala daerah yang nakal itu memiliki pemikiran yang sangat keliru dengan mengeluarkan uang banyak untuk survei demi menang Pilkada.

Survei itu sifatnya ilmiah dan dalam pelaksanaan riset sosial harus dilakukan dengan kehati-hatian. Nico mengingatkan bagi partai politik terhadap survei yang tidak dapat dipertanggung jawabkan hasilnya.

2. Mengkritisi Menteri Partai

Nico menjadi satu-satunya di antara pengamat yang kerap mengkritisi kinerja menteri non partai. Dilansir dari Tribunnews.com Nico mengatakan bahwa tidak sedikit menteri yang berasal dari partai politik itu tidak cakap dalam bekerja.

Dirinya tengah menyebut Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yakni Yasonna H Laoly, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yakni Puan Maharani sebagai menteri yang patut untuk dipertanyakan kinerjanya.

Bukan hanya itu, ia juga mengkritik sikap dari Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan yakni Ahmad Basarah yang meminta jatah dengan lima kursi menteri tambahan untuk PDI Perjuangan.

Menurut Nico, pembagian kursi kabinet itu bukan persoalan tentang bagi-bagi jabatan. Jika kerjanya tidak benar, lalu buat apa dipertahankan? Tuturnya.

Beberapa informasi tentang Nico Harjanto telah kami sajikan. Semoga dengan amanah yang ia miliki saat ini bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Artikel Lainnya :

Suharso Monoarfa – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Puan Maharani – Biodata, Biografi, Profil dan Fakta Menarik Lainnya

Yasona Laoly – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarin Lainnya