Niat Sholat Tahajud – Doa, Keutamaan dan Tata Cara Mengerjakannya

Posted on

Niat Sholat Tahajud

Inibiodata.com – Niat Sholat Tahajud sangat penting untuk diketahui, terutama bagi sobat Bio yang hendak mengamalkan sholat ini. Sebab seperti yang kita ketahui jika sholat tahajud dipercaya sebagai sholat yang paling mustajab.

Jika kita melaksanakan sholat ini secara rutin dan berdoa secara bersungguh-sungguh pada Allah SWT, maka tidak mungkin jika doa kita akan didengarkan dan dikabulkan.

 

Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari dengan tujuan untuk mendapatkan pahala dan ridha dari Allah SWT. Selain itu banyak sahabat muslimin yang menjadikan sholat sebagai salah satu cara untuk meminta ampunan dan sebagai cara untuk lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

Sholat ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan rohani sebab dari rohani dan jiwa yang sehat membuat kita mudah bersyukur dan hidup dalam damai.

Sehingga sholat ini dianggap sebagai salah satu sholat sunnah paling istimewa dengan banyak keutamaan di dalamnya.

Sholat ini juga dipercaya mampu mengantarkan doa kita agar lebih mudah didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT.

 

Keistimewaan Sholat Tahajud

Jika dilansir dari nu.or.id, sholat ini memiliki 5 keistimewaan, di antaranya adalah :

1.) Sholat malam adalah sholat paling utama setelah maktubah atau sholat lima waktu.

2.) Sholat malam memiliki keutamaan dibandingkan dengan shalat siang, sebab sholat malam memiliki keutamaan seperti sedekar yang dilakukan secara rahasia.

Jika dibandingkan dengan sedekah yang dilakukan secara terang-terangan, maka bisa dibilang jika perbandingan antara shalat sunnah malam dengan sedekah adalah 70 kali lipat, menurut sabda Rasulullah SAW.

3.) Sholat malam merupakan ibadah yang menjadi ciri khas dari orang orang salih sebab ibadah ini berbeda dengan ibadah lainnya. Seperti sedekah yang bisa dilakukan oleh siapa saja, jadi meski sedekah adalah ibadah yang baik namun ibadah ini bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari orang shalih hingga non-Muslim.

Sehingga shalat malam memiliki keistimewaan yang tidak bisa didapatkan dari ibadah lainnya.

4.) Allah SWT sangat membanggakan hambaNya yang melakukan shalat malam pada para malaikat. Sehingga tidak heran jika doa yang dipanjatkan usai shalat malam sangatlah mustajab. Sebab malaikat sangat senang dengan orang orang yang bangun di tengah malam untuk melaksanakan shalat.

5.) Semua doa kebaikan yang terpanjat seusai shalat malam, pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT. Inilah janji dari Sang Pencipta, maka dirikanlah shalat malam dan panjatkan doa dengan niat dan hati yang bersungguh-sungguh.

 

Waktu Sholat Tahajud

Sholat tahajud sebenarnya merupakan sholat sunnah yang hanya dikerjakan pada malam hari. Sholat ini bisa dikerjakan seusai waktu sholat Isya hingga masuk waktu shalat Subuh.

Namun waktu paling mustajab dan paling utama untuk mengerjakan shalat ini adalah pada waktu sepertiga malam. Atau di waktu antara pukul 1.00 hingga 3 dini hari.

Sholat sunnah tahajud merupakan sholat sunnat mu’akad yang artinya sholat ini dikuatkan oleh syara’. Salah satu syarat untuk mengerjakan sholat ini, kita harus tertidur terlebih dahulu lalu bangun untuk mengerjakan sholat dua rakaat di malam hari.

Jika kita tidak tidur terlebih dahulu, maka sholat yang kita kerjakan sama saja dengan sholat sunnah malam biasa, dan bukan sholat Tahajud yang istimewa.

Untuk mengerjakan sholat sunnah Tahajud, sedikitnya dikerjakan sebanyak dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas dengan salam setiap dua rakaat.

 

Niat Sholat Tahajud

Untuk melaksanakan sholat sunnah Tahajud, berikut ini niatnya : “Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

Berikut ini adalah arti dari niat di atas : Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat ( dengan menghadap kiblat ) karena Allah Taala.”

 

 

Tata Cara Sholat Tahajud

Sholat sunnah tahajud terdiri dari dua rakaat yang bisa dikerjakan dengan cara berikut ini :

Rakaat Pertama

1.) Mengucapkan Niat Sholat Tahajud.

2.) Mengucapkan Takbir (Allahu Akbar).

3.) Membaca Doa Iftitah.

4.) Membaca Surat Al Fatihah.

5.) Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an.

6.) Gerakan sholat ruku dan menbaca doa rukuk.

7.) Gerakan sholat i’tidal dan membaca doa i’tidal.

8.) Gerakan sholat sujud pertama dan membaca doa sujud

9.) Gerakan sholat duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud.

10.) Gerakan sholat sujud Kedua dan membaca doa sujud.

11.) Berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua sholat Tahajud.

 

Rakaat Kedua

1.) Membaca Surat Al Fatihah.

2.) Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an.

3.) Gerakan sholat ruku dan menbaca doa rukuk.

4.) Gerakan sholat i’tidal dan membaca doa i’tidal.

5.) Gerakan sholat sujud pertama dan membaca doa sujud.

6.) Gerakan sholat duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud.

7.) Gerakan sholat sujud Kedua dan membaca doa sujud.

8.) Gerakan sholat tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir.

9.) Gerakan salam dengan mengucapkan salam, yakni : “Assallamuallaikum” dengan dibarengi gerakan menengok ke arah kanan lalu menengok ke arah kiri.

 

Doa Sholat Tahajud

Shalat Sunnah Tahajud merupakan sholat sunnah paling utama karena dikerjakan pada waktu yang tidak biasa, yakni di malam hari. Ketika orang orang sedang lelao tertidur, di sepertiga malam kita bangun dan mendirikan sholat sunnah dua rakaat.

Sholat sunnah ini bahkan pensyariatannya telah disebutkan secara langsung dalam Al-Quran. Terdapat hadis pula yang meriwayatkan dari al-imam al-Hakim.

Bahwa kemuliaan sahabat yang beriman diantara ukurannya adalah bangunnya dia di waktu malam.

Allag SWT sendiri menjanjikan pahala yang sangat besar dan ampunan bagi orang-orang shalih yang mendirikan shalat sunnah malam ini. Selain itu setiap doa kebaikan yang dipanjatkan dipastikan akan dikabulkan.

Di antara banyak doa seusai sholat sunnah malam ini, terdapat salah satu doa yang disebutkan dalam  al-Imam al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan At-Tirmdzi, bahwa doa ini merupakan doa yang diajarkan secara langsung oleh Rasulullah SAW.

Berikut ini doanya :

 

Lafal Doa Sholat Tahajud

 

Artinya :

 

 

 

Nah, sudah tahu kan bagaimana niat sholat Tahajud, semoga kita semua menjadi orang orang yang selalu mendirikan dua rakaat sholat malam. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

 

Kabar Berita Menarik Lainnya :