Nadiem Makarim – Biodata, Biografi, Cerita Kesuksesan Dirinya

Posted on

Nadiem Makarim – Biodata, Biografi, Cerita Kesuksesan Dirinya

Pasti sebagian besar dari kalian pernah atau minimal mendengar istilah kata ojek. Ojek adalah sarana transportasi yang menggunakan sepeda motor dan paling banyak ada di kota-kota besar untuk memenangkan kemacetan. Saat ini sudah ada aplikasinya, namanya adalah GOJEK. Jadi kompilasi ingin menggunakan layanan ojek, cukup unduh aplikasi GOJEK tersebut di smartphone kamu dan ojek pun datang ke tempat kalian. Tahukah kalian siapa yang menciptakan applikasi Gojek tersebut? Dia adalah Nadiem Makarim , pemuda Indonesia yang berasal dari Universitas Harvard. Untuk lebih jelasnya simak Biografi Nadiem Makarim Selengkapnya.

 

Biodata dan Biografi Nadiem Makarim

Pembisnis muda sukses yang bernama Nadiem Makarim ini lahir pada tanggal 4 Juli 1984, di Singapura. Ia memiliki ayah yang bernama Nono Anwar Makarim yang berasal dari Minangkabau yang profesinya sebagai pengacara dan penulis bernama Atika. Ia juga memiliki seorang istri yang bernama Franka Franklin.

Sejarah pendidikan, Saat SD ia bersekolah di Jakarta, setelah lulus SMA ia di Singapura, dari Singapura kemudian menerima pendidikannya di Brown University, Amerika Serikat mengambil jurusan Hubungan Internasional. Selama menghadiri program valuta asing di London School of Economics. Ia juga lulus pendidikannya di Harvard Business School, Universitas Harvard dan lulus dengan gelar MBA (Master Business Of Administration).

Ia pun pernah bekerja di sebuah perusahaan Mckinsey & Company dan seorang konsultan ternama di Jakarta dan menghabiskan waktu selama tiga tahun bekerja di sana. Bukan hanya itu, ia juga pernah bekerja sebagai Co-founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia kemudian menjadi Chief Innovation officer kartuku.

Cerita Kesuksesan Nadiem Makarim

Berbekal dari pengalaman sukses selama bekerja, Nadiem kemudian memberanikan dia untuk berhenti dari pekerjaannya dan pada tahun 2011 dia mendirikan perusahaan GO-JEK. Diriku tidak betah karena harus bekerja diperusahaan orang lain. Ia ingin mengendalikan takdirnya sendiri. Dengan tekad yang kuat, kini ia berusaha untuk merintis perusahaan sendiri dan kemudian dikenal sebagai orang dengan nama GO-JEK berbekal dari pengalaman memulai serta memiliki jiwa kewirausahaan.

Ide bisnis transportasi GO-JEK itu berasal dari diskusinya saat ia berdiskusi dengan tukang ojek langganannya. Ia jarang menggunakan mobil karena mobilitasnya jadi memilih lebih sering menggunakan jasa ojek.

Dari perbicangan sendiri dengan para tukang ojek, akhirnya ia menemukan kenyataan sebagian besar tukang ojek menghabiskan hanya menunggu pelanggan saja dan susah dalam mencari pelanggan. Selain itu, dirinya juga frustasi, sulit menemukan ojek pangkalan saat benar-benar sangat dibutuhkan.

Lalu pada tahun 2011, GO-JEK sebagai perusahaan resmi didirikan oleh Nadiem Makarim yang kemudian ditunjuk sebagai CEO GO-JEK. Awal berdiri Gojek tersebut, ia hanya memiliki 20 gojek pengemudi. Dan sistem yang ditawarkan saat itu dilakukan melalui call center telepon. Dimana pelanggan harus menghubungi langsung call center untuk mendapatkan driver terdekat.

Pada saat itu pula, jumlah karyawan dan supir gojek masih sangat terbatas. Namun keyakinan dari Nadiem dengan perusahaannya membuat Gojek bisa bertahan hingga melaju pesat dalam beberapa tahun berikutnya. Layanan Go-jek menawarkan kemudahan dan juga kecepatan yang berfungsi sama dengan para Tukang Ojek di bawah naungan perusahaan GO-JEK.

Layanan Go-jek juga menawarkan layanan pengantaran barang dan makanan, transportasi, serta layanan belanja. Tahun 2014 GO-JEK semakin berkembang setelah mendapat suntikan dana dari perusahaan investasi asal singapura yaitu Northstar Group. Di tahun yang sama, perkembangan perusahaan sangat positif membuat perusahaan milik Nadiem juga mendapatkan suntikan dana dari dua perusahaan yaitu Redmart Limited dan Zimplistic Pte Ltd.

Pada tahun 2015 nama GO-JEK semakin terkenal kompilasi merilis aplikasi mobilenya jadi semakin menarik minat pelanggan baru menggunakan jasanya. Ia pun benar-benar memanfaatkan pengembangan teknologi untuk memfasilitasi pelanggan menggunakan jasa GO-JEKnya. Para pelanggan GO-JEK dapat menggunakan aplikasi tersebut melalui smartphonenya untuk memesan layanan GO-JEK. Tarif dari GO-JEK yaitu sesuai pada jarak tempuh dan pembayarannya dapat menggunakan kredit (dompet saya).

Nadiem yng awalnya hanya membawahi 20 orang tukang ojek, tetapi sekarang ia sudah memiliki lebih dari 300 ribu orang tukang Ojek yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia yang ada di bawah naungan perusahaannya. Berbagai macam ia melakukan bisnisnya banyak diliput oleh media sebagai perusahaan yang merevolusi transportasi ojek.

Berkat kerja keras Pendiri perusahaan dan driver perusahaan, kini Gojek adalah salah satu perusahaan teknologi jasa transportasi nomor satu di Indonesia. Perusahaan Gojek pun kini melayani lebih dari 50 kota di Indonesia dan memiliki lebih dari 300 pengemudi yang tersebar di Indonesia.

Itulah beberapa informasi tentang Nadiem Makarim Sang pendiri GO-JEK. Semoga bermanfaat dan menjadi Inspirasi bagi kita semua.

Artikel Lainnya:

Syifa Hadju – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Miley Cyrus – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Kesha Ratuliu – Biodata, Biografi, Profil dan Fakta Menarik Lainnya