Muhajir Effendy – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Posted on

Muhajir Effendy – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Presiden Joko Widodo kini kembali menunjuk salah seorang Muhadjir Effendy dalam jajaran menteri Kabinet jilid II atau Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, di Istana Negara, pada hari Rabu 23 Oktober 2019. Namun, dalam periode 2019-2024 Muhadjir tidak lagi menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, akan tetapi beralih menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Untuk informasi lebih detailnya tetang Muhajie Effendy silahkan simak terus artikel ini hingga tuntas.

Profil dan Biografi Muhadjir Effendy

Muhadjir lahir pada tanggal 29 Juli 1956 di Madiun, Jawa Timur. Beliau menempuh pendidikan sarjananya di IAIN Malang, ia pun meraih gelar sarjana di IKIP Negeri Malang (yang saat ini sudah menjadi Universitas Negeri Malang atau disingkat UM). Setelah itu, beliau meneruskan kuliah lagi menempuh pendidikan pascasarjana di Universitas Gadjah Mada dengan gelar Magister Administrasi Publik (MAP) 1996.

Kemudian pada tahun 2008, Muhadjir kembali berhasil menyelesaikan pendidikan strata tiga (S3) bidang sosiologi militer di Program Doktor Universitas Airlangga. Selain aktif kuliah, ia juga mengikuti beberapa kali kursus di luar negeri, diantaranya yaitu di National Defence University, Canada (1991), British Columbia, Victoria University dan juga Washington DC (1993).

Pada tahun 2016, ia sudah tercatat sebagai Guru Besar Sosiologi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan di UM. Selain di UM, ia juga tengah sibuk membantu Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Sejak tahun 2015, Muhadjir menjadi Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan pada periode 2015-2020. Pada tahun 2010, ia pun pernah mendapatkan tanda jasa yaitu Satayalencana Karya Satya XX. Ia menduduki jabatan sebagai rektor di UMM sebanyak 3 kali yaitu pada periode 2000-2004, 2004-2008 dan periode 2008-2016.

Selain itu, ia pun aktif menulis dalam sejumlah buku di antaranya yaitu Seperti Menyaksikan Dahlan Muda, Bala Dewa, Muhammadiyah dan Pendidikan di Indonesia. Sewaktu ia muda, ia juga aktif sebagai wartawan kampus hingga mendirikan surat kabar kampus UMM, BESTARI pada tahun 1986. Pria ini juga merupakan penulis artikel lepas di berbagai media massa nasional.

Ia juga menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia periode 2016–2019. Kini ia pun di tunjuk kembali oleh presiden menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia periode 2019-2024.

Biodata Muhadjir Effendy

Nama : Muhadjir Effendy
Tanggal Lahir : 29 Juli 1956
Tempat Lahir : Madiun, Jawa Timur
Zodiak : Leo
Pekerjaan : Dosen, Akademisi
Orang Tua : Soeroja (Ayah) dan Sri Soebita (Ibu)
Pasangan (Istri) : Suryan Widati
Anak : Muktam Roya Azidan, Senoshaumi Hably dan Harbantyo Ken Najjar

Fakta Menarik Muhadjir Effendy

1. Aktif di Organisasi

Sejak ia masih sekolah memang sudah dikenal aktif dalam organisasi. diantaranya yaitu beliau aktif dalam kepengurusan diberbagai lembaga seperti Ketua Umum Pengurus Pusat Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS-PTIS), Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Wakil Ketua Pengurus Pusat Himpunan Indonesia Untuk Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (HIPIIS dan banyak lagi lainnya.

2. Terpilih Menjadi Menteri Kabinet Jokowi Jilid 2

Walaupun bapak Muhadjir kembali terpilih menjadi menteri di Kabinet Jokowi Jilid 2. Ternyata ia tidak menduduki posisi Menteri Pendidikan lagi. Ia terpilih kembali namun beralih menjadi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Itulah beberapa informasi tentang Muhadjir Effendy yang dapat kami paparkan. Selamat untuk bapak Muhadjir sudah terpilih kembali, semoga amanah dengan tanggung jawabnya sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) periode 2019-2024.

Artikel Lainnya :

Nadiem Makarim – biodata, biografi, profil, isu dirinya diangkat jadi menteri

Biodata Franka Franklin – Lengkap dengan Profil dan Biografinya

Tetty Paruntu – biodata, biografi, profil, fakta dirinya masuk kabinet menteri jokowi