Ma’ruf Amin – Biodata, Biografi, berita terbarunya

Posted on

Ma’ruf Amin – Biodata, Biografi, berita terbarunya

Ma’ruf Amin

Inibiodata.com – Sudahkah kalian mengenal Ma’ruf Amin?  K.H Ma’ruf Amin kini menjadi orang nomer 2 di Indonesia,  ” Seorang ulama yang kini telah sah menjadi wakil presiden periode 2019 – 2024 “. Nah untuk mengenal lebih dekat dengan sosok beliau mari kita simak pemaparan biodata,biografi, lengkap dengan berita terbaru tentang berikut ini

 

Biodata Ma’ruf Amin

  • Nama Lahir              : Dr.(H.C) K.H. Ma’ruf Amin
  • Tempat Lahir           : Kresek ( Tanggrang )
  • Tangal Lahir             : 11 Maret 1943
  • Usia / umur              : 76 Tahun
  • Bintang /Zodiak      : Pisces
  • Agama yang dianut : Islam
  • Pendidikan                : Universitas Ibnu Chaldun
  • Pekerjaan                   : Wakil presiden periode 2019-22024
  • Nama Fb                    : Ma’ruf Amin

Biografi Dr.(H.C)K.H Ma’ruf Amin

Saat kecil Ma’ruf Amin lebih banyak menghabiskan waktunya  disaat pagi ia bersekolah di Sekolah Dasar (SD) dan sore ia belajar mengaji disalah satu Madrasah yaitu di Madrasah Ibtidaiah. Pada saat umur beliau berusia 12 tahun, ia pergi ke pondok pesantren untuk menimba ilmu agama pada tahun 1955 di jombang (Jawa Timur). Nama pondok pesantren Pondok pesantren tersebut ialah pondok pesantren  tebu ireng.

Pesantren tebu ireng tersebut telah banyak melahirkan seorang tokoh tokoh Ulama besar dikalangan  Nahdatul Ulama (NU), dan Ma’ruf Amin merupakan salah satu murid dengan pendidikannya yang dimulai dari dasar. Setelah ia lulus dari pondok pesantren tersebut, Ma’ruf Amin melanjutkan pendidikannya di SMA Muhammadiyah dijakarta. Namun, beliau tidak menyelesaikan pendidikannya di SMA tersebut karena ia lebih memilih kembali kebanten untuk mendalami ilmu agamanya.

Setelah ia kembali kepesantren dan telah menyelesaikan pendidikannya, ia memutuskan untuk menikah dengan seorang gadis pujaan hatinya yang bernama Siti Churiyah. Kemudia beliau pindah ke jakarta dan  menetap sebagai warga ibukota jakarta tepatnya jakarta utara. Disana beliau ingin melanjutkan pendidikannya dengan berkuliah di salah satu universitas dibogor yang bernama Universitas Ibnu Khaldun fakultas ushuludin.

Ma’ruf Amin juga aktif disalah satu organisasi  yang berada dijakarta, dan beliau dipercaya menjadi ketua organisasi Gerakan Pemuda Ansor pada tahun 1964. Berbekal pengalamannya menjadi ketua Gp Ansor, ia mencoba karirnya dibidang politik dan ia pun berhasil menjadi anggota DPRD DKI Jakarta pada tahun 1971.

Pada tahun 1998, nama Ma’ruf Amin mulai masuk di daftar PBNU setelah diperintah sebagai khatib Aam syuriah PBNU  yang digelar di pesantren krapyak. Kemudian, beliau menjabat ketua tim lima yang dibentuk oleh PBNU setelah lengsernya presiden Soeharto pada tahun tersebut. Dari tim inilah lahirlah sebuah partai politik (PKB), sehingga dari partai tersebut Ma’ruf Amin  menjabat sebagai anggota MPR RI, Dan ia juga pernah menjadi ketua komisi VI DPR RI.

Setelah beberapa tahun kemudia, Ma’ruf Amin lebih banyak menghabiskan waktunya menjadi ketua komisi  Fatwa MUI ( Majelis Ulama Indonesia ) dari tahun 2001 sampai dengan 2007. Presiden Ssilo Bambang Yudhoyono pada saat itu menunjuk Ma’ruf Amin masuk sebagai anggota dewan pertimbangan presiden (Watimpres ). Pengalaman beliau dibidang Agama dan politik, mrnghantarkan dirinya menjabat sebagai ketua umum PBNU tahun 2015 sampai dengan tahun 2020, ia juga pernah menjadi ketua MUI pusat.

Pada tahun 2018 tepatnya bulan Agustus, Dr. K.H Ma’ruf Amin dipilih Joko Widodo untuk mendampingi dirinya sebagai calon presiden priode 2019-2024. Dan pada pemilu 2019 ini dirinya bersama Joko widodo terplih menjadi presiden dan wakil presiden yang diumumkan oleh Kpu dari hasil perhitungan suara.

Berita Terbaru Dr. K.H Ma’ruf Amin

Sejak sabtu malam , aparat keamanan sudh bersiaga dengan jumlah petugas sebanyak 31 ribu personil dari gabungan TNI, POLRI menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden  terpilih pada bulan april kemarin.  sempat di demo untuk mudur dari jabatannya sebagai presiden dan wakil presiden terpilih, tidak membuat tekat mereka untuk membangun Indonesia lebih Maju lagi dan mampu bersaing dikancah internasional. Sebelum pelantikan tersebut, Ma’ruf  Amin datang ditemani oleh istri tercintanya yang senantiasa menemani dirinya disaat suka dan duka. Kini Joko widodo bersama Dr. K.H Ma’ruf Amin telah sah dilantik pada tanggal 20 – oktober 2019 di gedung MPR/DPR/DPD RI di senayan jakarta pusat.

Pelantikan tersebut turut dihadiri  kepala negara dari berbagai daerah seperti PM Singapura, PM Malaysia, Sultan Brunei darussalam,PM Australia, PM kamboja yang telah hadir di jakarta beserta rombongan untuk menyaksikan pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Sejak hari inilah Jokowi dan Ma’ruf Amin telah sah menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indoneia Tahun 2019 sampai 2024.

Terimaksih telah mengikuti Sahabat biodata sampai selesai mengenai penjelasan Ma’ruf Amin Biodata, biografi dan berita terbarunya. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi para pembaca, Yang mana kalian telah mengetahui telah sah nya Jokowi dan Ma’ruf Amin yang menjadi presiden dan wakil presiden. Jika ada yang bertanya siapa presiden dan wakil presiden Indonesia tahun 2019- 2024, kalian telah bisa menjawabnya dengan tenang dan lantang. Ikuti terus berita terupdate inibiodata.com agar tidak ketinggalan apa saja yang menjadi perbincangan dikalangan masyarakat. Kami terima kritik dan sarannya untuk kemajuan web kami yang senantiasa tidak pernah padam untuk menginformasikan berita terupdate setiap harinya.

Baca Artikel Lainnya :