Marie Thomas – Biodata dan Profil Dokter Perempuan Pertama Indonesia

Posted on

Marie Thomas

Inibiodata.com – Marie Thomas muncul dalam doodle yang ditampilkan oleh Google pada hari ini, yakni 17 Ferbruari 2021 yang bertepatan dengan ulang tahunnya.

Siapa sih, Marie Thomas ini sehingga Google bahkan memperingati hari ulang tahunnya.

 

 

Profil Marie Thomas

Nama Marie Thomas
Kelahiran Likupang, 17 Februari 1896
Meninggal Bukittinggi, 10 Oktober 1966
Pendidikan School tot Opleiding van Indische Artsen

 

Biodata dan Perjalanan Karier Dokter Perempuan Pertama Indonesia

Marie Thomas bukan hanya perempuan biasa asal Indonesia sebab beliau menyelesaikan pendidikan dokter spesialis ginekologi dan obstetri yang sekarang lebih dikenal dengan ilmu kebidanan.

Lahir di Kota Likupang, Sulawesi Utara pada tahun 1896, beliau merupakan dokter perempuan pertama Indonesia. Lahir dari keluarga militer sebab ayahnya yakni Adriaan Thomas merupakan seorang militer yang ditugaskan di seluruh Indonesia.

Marie kecil dan ibunya Nicolina Maramis juga harus ikut sang Ayah yang selalu mengikuti penempatan tugas di seluruh wilayah Nusantara.

Karena sering berpindah tempat, Marie pun mendapatkan kesempatan untuk belajar di salah satu sekolah di Pulau Jawa. Saat itu Marie berkesempatan sekolah di STOVIA yang merupakan sekolah khusus kedokteran yang ada di Pulau Jawa.

STOVIA sendiri merupakan singkatan dari School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen yang merupakan sebuah sekolah dokter yang didirikan bagi kaum Hindia Belanda.

Didirikan pada tahun 1851 sekolah ini menyiapkan seluruh siswa lulusannya untuk menjadi dokter.

Sekolah ini awalnya hanya menerima murid laki-laki sebagai calon dokter, dan tidak mengizinkan perempuan untuk masuk ke sekolah ini apalagi hingga menjadi seorang dokter.

Hal ini lah yang awalnya menjadi perhatian dunia hingga akhirnya berkat seorang dokter di Belanda yakni Aletta Jacobs akhirnya STOVIA memberikan kesempatan pada siswa perempuan untuk masuk sekolah kedokteran. Salah satu Marie Thomas.

Mulanya siswa perempuan akan diizinkan untuk mendaftarkan diri ke sekolah ini namun setiap siswa akan mendapatkan tantangan lebih lanjut. Di mana mereka tidak akan mendapatkan pekerjaan di Layanan Medis Sipil.

Sehingga setiap siswa perempuan yang masuk sekolah tersebut harus membiayai studinya sendiri selama bersekolah di STOVIA.

Jadi meski perempuan sudah diperbolehkan untuk menjalani pendidikan kedokteran namun biaya menjadi kendala utama kala itu bagi Marie. Termasuk sikap diskriminasi yang harus diterimanya.

Karena saat itu hanya pria yang diperbolehkan untuk menempuh sekolah kedokteran sehingga bagi perempuan yang ingin masuk bidang kedokteran. Sering mendapatkan sikap diskriminasi hingga diremehkan karena dia seorang perempuan.

Hal ini akhirnya mengetuk hati Charlotte Jacobs yang merupakan apoteker sekaligus adik dari Aletta Jacobs untuk mendirikan yayasan beasiswa bagi semua siswa yang ingin belajar di STOVIA.

Terutama siswa perempuan seperti Marie Thomas yang akhirnya berhasil mendapatkan beasiswa. Dan kala itu beliau menjadi satu-satunya perempuan dari 200 jumlah siswa yang mendaftar di STOVIA mendapatkan beasiswa.

Hingga akhirnya pada tahun 1922, Marie berhasil merampungkan pendidikan kedokternnya di STOVIA sekaligus menjadi lulusan perempuan pertama di STOVIA.

Setelah lulus dari STOVIA, marie pun memulai karier pertamanya di bidang kedokteran dengan memulai praktik dokternya di Batavia yang dulu merupakan nama untuk Kota Jakarta.

Berada di Centrale Burgerlijke Zienkenninrichting tempat praktik Marie kini telah berubah dan lebih dikenal dengan nama RS Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM). Jadi cikal bakal dari RSCM ini ya, adalah tempat praktik yang didirikan oleh Marie Thomas.

 

Dirikan Sekolah Kebidanan di Sumatera

Setelah lulus dari Stovia, Marie tak hanya membuka tempat praktik kedokterannya saja namun pada tahun itu, yakni pada tahun 1929 beliau menikah dengan rekan sekolahnya yang juga bersekolah di STOVIA bernama Mohammad Joesoef.

Mohammad Joesoef juga merupakan seorang dokter yang setelah menikahi Marie akhirnya mengajak Marie untuk tinggal di Padang, Sumatera Barat.

Beberapa tahun berada di sana, Marie dan suami pun kembali ke Batavia lalu bergabung dalam partai Persatuan Minahasa. Di dalam partai ini, juga terdapat Sam Ratulangi yang juga merupakan anggotanya.

Setelah beberapa tahun menetap di Batavia, Marie dan sang suami akhirnya memutuskan untuk kembali lagi ke Sumatera Barat pada tahun 1950. Kali ini mereka memilih untuk menetap di Bukittinggi.

Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk mendirikan sebuah sekolah kebidanan pertama yang ada di Sumatera Barat.

Sekolah kebidanan ini juga menjadi sekolah kebidanan kedua yang didirikan di Nusantara.

 

Marie Thomas Dokter Perempuan Pertama Indonesia Muncul di Google Doodle Hari Ini

Nama Marie Thomas tidak hanya berhasil menjadi salah satu tokoh perempuan penting di tanah air. Namanya sebagai dokter perempuan pertama Indonesia harus selalu kita ingat. Apalagi karena beliau lah kini perempuan juga bisa menjadi dokter.

Meski harus menempuh jalan berliku dan keterbatasan biaya hingga sikap diskriminasi masyarakat kala itu. Marie pun berhasil menunjukkan jika perempuan juga bisa menjadi dokter.

Apalagi sekolah kebidanan yang diririkannya memberikan jalan bagi masyarakat Indonesia yang ingin menjadi dokter. Tidak hanya laki-laki, perempuan juga mendapatkan kesempatan yang sama.

Wajah Marie Thomas hadir di halaman muka pencarian Google pada hari ini yakni  Rabu, 17 Februari 2021 untuk merayakan ulang tahun beliau.

Di dalam Google Doole, Marie terlihat mengenakan jubah dokter kebanggaannya serta menggendong seorang bayi karena beliau merupakan bidan. Dan tak lupa sebuah stetoskop yang dikalungkan di leher menunjukkan jika beliau bukan hanya dokter biasa. Namun juga dokter perempuan pertama dan kebanggaan Indonesia.

Bukan tanpa alasan mengapa beliau hadir dalam Google Doodle hari ini, hal ini berlandaskan kemurahan hari dari beliau yang tak segan memberikan pengobatan gratis pada pasien yang tidak mampu.

Oleh sebab itu Google Doodle memberikan penghormatan bagi dokter perempuan pertama Indonesia tersebut sekaligus mengucapkans Selamat Ulang Tahun untuk Dr. Marie Thomas.

 

Kabar Berita Menarik Lainnya :