Mahendra Siregar – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Dirinya

Posted on

Mahendra Siregar – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Dirinya

Pada hari Jumat kemarin tanggal 25 Oktober 2019, Presiden Jokowi kembali memanggil nama-nama calon wakil menteri ke Istana Negara. Salah satunya yaitu Mahendra Siregar yang dinobatkan akan menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu). Sebelumnya, ia menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat yang dilantik pada tanggal 7 Januari 2019. Ia pun mengaku diminta mengawal kebijakan perdagangan luar negeri, termasuk terkait dengan sawit. Tentu kalian penasaran bukan dengan sosok Mahendra Siregar? Silahkan simak terus artikel berikut hingga tuntas dan jangan sampai terlewatkan sedikitpun.

Biodata Mahendra Siregar

Nama : Mahendra Siregar
Tanggal Lahir : 17 Oktober 1962
Tempat Lahir : Jakarta
Zodiak : Libra
Profesi : Ekonom
Pasangan (Istri) : Ita Br Siregar

Biografi dan Profil Mahendra Siregar

Mahendra Siregar lahir pada tangal 17 Oktober 1962, di Jakarta. Ia kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Setelah lulus dari kuliahnya, kemudian ia berkarier di Departemen Luar Negeri.

Selama bertugas di Deplu, ia menjabat sebagai Economic Third Secretary Kedutaan Besar Indonesia di London (1992–1995) dan duta informasi Kedutaan Besar Indonesia di Washington D.C selama 3 tahun (1998–2001).

Pada tahun 2001, ia bergabung dengan Kementrian Koordinator Perekonomian dan dipercaya menjadi Asisten Khusus Menteri Koordinator Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro Jakti. Kemudian ia kembali melanjutkan S2 Ekonomi di Universitas Monash, Australia. Dan ia juga dipercaya menjadi Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional tahun 2005 hingga 2009.

Bukan hanya itu, di bidang perbankan pun ia juga pernah menduduki posisi Chairman/CEO Indonesia Eximbank 2009. Ia juga pernah menjabat komisaris di berbagai perusahaan, diantaranya yaitu PT Dirgantara Indonesia tahun 2003–2008 dan PT Aneka Tambang tahun 2008–2009.

Lalu pada bulan November 2009, ia ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menjadi Wakil Menteri Perdagangan mendampingi Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu. Setelah itu, sekitar dua tahun kemudian ia menempati posisi Wakil Menteri Perdagangan, dirinya dipercaya untuk menempati posisi Wakil Menteri Keuangan.

Dan saat ini, ia kembali ditunjuk oleh presiden kita yakni Jokowi untuk menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

Fakta Menarik Mahendra Siregar

1. Pernah Menjadi Wamendag dan Wamenkeu

Mahendra pernah menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2013 hingga 2014 menggantikan seorang Franky Sibarani. Ia pun sempat ditunjuk sebagai Wakil Menteri Perdagangan dan juga Wakil Menteri Keuangan.

2. Beberapa Permintaan Presiden Jokowi kepada Mahendra

Jokowi meminta kepada Mahendra agar lebih meningkatkan kualitas promosi investasi dan perdagangan luar negeri. Jokowi juga meminta untuk mengkoordinasikan kerja sama antara Kementerian Perdagangan dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Jokowi juga meminta Mahendra agar menjadikan perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok sebagai peluang untuk mendorong perdagangan Indonesia.

Selain itu, Jokowi juga meminta kepada Mahendra untuk membantu menyelesaikan ulasan (review) atau pengkajian produk Generalized Systems of Preference (GSP) dengan Amerika Serikat (AS). Karena, GSP review dapat membawa nilai yang meningkat yaitu dua kali lipat perdagangan Indonesia dengan AS.

Itulah beberapa informasi tentang Mahendra Siregar yang dapat kami sajikan. Semoga ia dapat menjalankan amanhnya dengan sebaik-baiknya dan selamat bertugas.

Artikel Lainnya :

Nadiem Makarim – biodata, biografi, profil, isu dirinya diangkat jadi menteri

Tetty Paruntu – biodata, biografi, profil, fakta dirinya masuk kabinet menteri jokowi

Dr Terawan – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya