Kompres Video Online

Hai sobat Inibiodata.com pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara kompres video online yang akan kami ulas secara lengkap dan jelas hanya untuk kamu di bawah ini. Jadi simak baik baik jangan diskip.

 

Kompres Video Adalah?

Video sendiri memiliki format yang terbagi dalam beberapa tingkata. Mulai dari format dengan resolusi rendah, sedang hingga tinggi. Umumnya rata rata video memiliki kualitas mulai dari 480p, 720p, 1080p atau bahkan ada juga yang 4k.

Namun wajib kamu tahu jika semakin besar kualitas videonya maka akan semakin besar pula ukurannya. Hal ini pun akan membuat ruang penyimpanan internal kamu semakin terbebani. Tertuma untuk film dalam bentuk video yang berdurasi panjang. Tentunya akan membuat ruang penyimpanan internal menjadi penuh. Sedangkan tidak semua orang memiliki ruang penyimpanan yang besar.

 

Faktor Penentu Ukuran Video

Ada beberapa faktor yang menentukan ukuran dari sebuah video, di antaranya adalah :

Frame Size dan Aspect Ratio

Frame size berfungsi untuk menentukan ketajaman atau jumlah pixel di dalam sebuah video, istilah ini juga biasa dikenal dengan resolusi. Sementara aspek ratio adalah aspek yang menjamin sebuah video menjadi pas meski hanya diputar dengan perangkat yang memiliki layar lebar.

Frame Rate

Frame sendiri merupakan banyakanya gambar yang ditampilkan setiap detik pada sebuah video. Frame rate sendiri memiliki satuan fps atau frame per second. Sehingga semakin banyak fps nya maka tampilan video akan semakin halus.

Codec

Codec – Decoder atau lebih sering disebut dengan codec ini merupakan jantung yang ada pada video. Karena tanpa codec maka video tidak akan bisa kamu simpan pada media digital.

Bit Rate

Dan yang terakhir adalah bit rate yang merupakan kecepatan dari sebuah video ketika kamu putar. Aspek ini menjadi penentu pada saat video diputar dengan cara real time. Misalnya pada saat kamu sedang menyaksikan video di YouTube maka kecepatan internet harus memenuhi dengan bit rate dari video itu.

Semakin besar bit rate nya maka harus semakin kencang pula kecepatan koneksinya. Agar tidak terjadi buffering saat menyaksikan video favorit.

 

Manfaat Kompres Video

Jika bertanya apa sih, manfaat dari kompres video. Pastinya adalah dengan menghemat ruang penyimpanan. Selain itu kamu juga akan lebih hemat kuota data internet pada saat kamu mengupload video di internet.

 

Cara Kompres Video

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengkompres video favorit kamu. Simak caranya di bawah ini :

Cara Kompres Video Di Hp

Cara pertama adalah dengan menggunakan hp atau smartphone. Caranya sendiri cukup mudah sih, karena kamu hanya membutuhkan sebuah aplikasi pendukung saja. Sebenarnya ada banyak kok, aplikasi kompres video. Yang bisa kamu gunakan untuk mengkompres video. Namun di sini kita hanya akan membahas aplikasi terbaiknya saja yakni  Panda Video Compressor.

Bisa dibilang Panda​ Video Compressor adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi kompres video yang tidak hanya terbaik namun juga memiliki cara yang mudah dan sederhana.

Apalagi aplikasi ini bisa mengkompres video tanpa harus mengurangi kualitas asli dari video tersebut.

Berikut ini adalah cara menggunakan Panda​ Video Compressor :

Pertama : Pastinya kamu harus memiliki aplikasi Panda​ Video Compressor ini terlebih dahulu ya, dapatkan aplikasinya di toko aplikasi resmi seperti Google Play Store.

Kedua : Buka aplikasinya dan carilah video yang hendak kamu kompres.

Ketiga : Lalu kamu bisa menentukan ukuran video yang kamu butuhkan atau inginkan. Selain itu kamu juga bisa memilih berbagai macam kualitas video yang disediakan.

Ketiga : Selanjutnya kamu bisa langsung mengkompres aplikasinya dan tunggu hingga proses ini selesai. Waktu pengkompresan video biasanya tergantung pada kualitas dari video yang kamu pilih.

Keempat : Jika sudah selesai maka kamu bisa menyimpannya di perangkat kamu.

 

Cara Kompres Video Di PC

Cara ini bisa kamu gunakan pada perangkat PC mau pun Laptop. Caranya sendiri cukup mudah, yakni dengan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia tinggal kamu dapatkan dan install saja aplikasinya di perangkat PC atau Laptop yang kamu miliki. Berikut ini adalah beberapa aplikasi atau software yang bisa kamu gunakan untuk mengkompres video di PC atau Laptop.

Format Factory

Software yang pertama adalah Format Factory, jika kamu sering mengkompres video kamu pasti tidak asing dengan software ini. Karena Format Factory merupakan salah satu software terbaik untuk mengkompres video, selain itu cara penggunaannya juga mudah.

Berikut ini adalah cara menggunakannya :

Pertama : Jika kamu sudah memiliki software ini maka langsung buka saja software nya ya, jika belum punya ya kamu hanya harus mendapatkannya lalu menginstallnya.

Kedua : Buka softwarenya  dan klik format vide, jangan lupa untuk memilih jenis videonya misalnya MP4.

Ketiga : Pilih Add file lalu cari file video yang kamu inginkan untuk diubah kemudian klik open ya.

Keempat : Sedangkan untuk bagian pengaturannya maka kamu klik output seeting ya, lalu akan terlihat pengaturan video. Nah, di sinilah kamu bisa mengatur video sesuai dengan kebutuhanmu dan klik OK.

Kelima : Untuk menyelesaikan proses ini, klik saja Start maka proses konversi pun akan berlangsung dan tunggu saja hingga selesai.

 

HandBrake

Software lain yang bisa kamu gunakan untuk mengkompres video lainnya adalah HandBrake. Software ini bisa kamu gunakan pada perangkat kamu yang memiliki spesifikasi minim atau rendah. Karena ukuran software ini terbilang kecil dengan spesifikasi multi platform. Atau dapat dipakai secara gratis di Windowns 32bit hingga 64 bit, MacOS, bahkan software ini pun juga bisa bekerja di Linux.

Cara menggunakan HandBrake sendiri adalah sebagai berikut ini :

Pertama : Buka software HandBrake lalu cari video kamu dengan menggunakan source selection.

Kedua : Tekan Presets untuk mengkompres video, sebelum itu atur videonya secara manual atau otomatis.

Ketiga : Kamu bisa memiliki preset seperti Presets General > Fast 720p30.

Keempat : Maka resolusi video yang akan kamu kompres akan langsung disesuaikan secara otomatis. Kamu pun bisa melihat preview nya di menu bar, sebelum akhirnya kamu encode dan mengekspor videonya.

Kelima : Klik stard encode lalu pilih lokasi file untuk menyimpan video kamu dan tunggu hingga proses kompresnya selesai.

 

Cara Kompres Video Tanpa Aplikasi

 

Cara ini bisa dilakukan pada smartphone atau PC, karena cara ini dilakukan dengan mengunjungi sebuah website, sehingga untuk melakukan cara ini kamu harus terkoneksi dengan internet. Berikut ini adalah caranya :

Pertama : Kamu pastinya harus terkoneksi dengan internet, pertama kamu harus membuka browser lalu masuk ke url https://www.aconvert.com/video/.

Kedua : Klik browse lalu cari kemudian pilih file video yang ingin kamu komvert ya.

Ketiga : Kamu bisa melakukan pengaturan seperti video size, bit rate dan lainnya.

Keempat : Klik Convert Nom untuk memulai prosesnya. Dan tunggu saja hingga selesai.

Kelima : Jika proses selesai kamu bisa menyimpan hasil videonya.


Question and Answer

Q : Cara manakah yang paling baik untuk mengkompres video?

A : Tergantung dari kebutuhanmu, jika cara mengkompres video melalui aplikasi android lebih mudah, maka itulah terbaik. Maka darti kamu bisa memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kamu ya.

Q : Apakah bisa dijamin jika cara kompres video di ulasan artikel ini berhasil atau work?

A : Tentu, karena cara ini sudah dicoba terlebih dahulu, namun untuk keberhasilannya tergantung pada kamu. Sehingga kamu harus benar benar membaca cara kompres video di atas dengan teliti.

Q : Apakah cara mengkompres video versi onlie memiliki kelemahan?

A : Memang terdapat kelemahan dari cara kompres video di website sebab membutuhkan jaringan internet dan kuota yang banyak tergantung dari ukuran video yang dikompres. Namun cara ini juga memiliki kelebihan yang mana kamu bisa melakukannya di android mau pun di PC tanpa menginstall atau memiliki aplikasi kompres video.

 

Penutup

Cara mana pun yang kamu pilih baik dari smartphone, PC maupun melalui situs website kompres video. Semoga cara di atas bermanfaat bagi kamu ya. Sekian ulasan mengenai kompres video online tunggu ulasan menarik dan bermanfaat lainnya hanya di Inibiodata.com.

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :