Joan Tomas – Biodata, Biografi, Alasan Persija Merekrut Dirinya

Posted on

Joan Tomas – Biodata, Biografi, Alasan Persija Merekrut Dirinya

Joan Tomas secara resmi telah diperkenalkan oleh Persija dan bergabung dengan salah satu klub ternama Liga Satu Indonesia ini, sebenarnya nama Joan Tomas ini sendiri telah diprediksi namun baru kali ini akhirnya diperkenalkan untuk memperkuat tim kebanggan masyarakat Jakarta.

Mau tahu mengenai biodata lengkap Joan Tomas? Simak di bawah ini ya!

Biodata dan Biografi Joan Tomas

Joan Tomas sendiri memulai karier sepak bolanya dengan bergabung dengan salah satu klub ternama negeri Matador yaitu Espanyol, dan pada tahun 2003 lalu masuk dalam skuat Espanyol B selama kurang lebih empat tahun lamanya.

Bersama Espanyol B pria yang saat ini berusia 34 tahun ini telah berhasil mencatatkan 11 gol dari 51 pertandingan dari tahun 2003 hingga 2007, catatan tersebut diperolehnya di usia yang masih belia, dari sini akhirnya Joan Tomas mendapatkan kesempatan untuk bermain dengan Timnas Spanyol U -19 dan berhasil memenangkan ajang Euro U – 19 pada tahun 2004.

Joan Tomas akhirnya dipinjamkan ke klub kasta ketiga Spanyol yakni Lleida untuk mendapatkan pengalaman lebih selama satu musim, hingga mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan Alicante FC dan berhasil mengemas 11 gol dari 40 laga, sehingga membuat Joan Tomas dilirik klub LaLiga Spanyol, Villarreal.

Namun sayang Joan Tomas justru tak mampu menunjukkan prestasi yang berarti bersama Villareal, sehingga Joan Tomas hanya diberikan kesempatan satu kali tampil di ajang LaLiga Spanyo pada saat Villarreal berhadapan dengan Deportivo La Coruna yang dimenangkan oleh Deportivo itu. Saat itu Joan Tomas masuk ke lapangan pada menit  ke-65 untuk menggantikan salah satu legenda sepak bola dunia, yakni Robert Pires. Akan tetapi Joan Tomas tak dapat memberikan kontribusi nyata sehingga membuat Villareal kalah pada saat itu.

Hal ini membuat Joan Tomas dimasukkan ke dalam skuat Villareal B yang membuatnya mampu mencetak 7 gol dari 33 pertandingan di dalam ajang LaLiga Spanyol 2 musim 2009 – 2010 lalu. Kemudian Joan Tomas pindah untuk membela Celta Vigo yang saat itu masih berada di kasta kedua sepak bola Spanyol dan butuh dua musim bagi Joan Tomas untuk membawa tim ini dalam LaLiga Spanyol.

Hal tersebut terjadi pada saat Joan Tomas membantuk Celta Vigo meraih runner – up pada musim 2011 – 2012 lalu, dengan mencatatkan 5 gol dari 37 pertandingan. Namun pada saat bermain di LaLiga Spanyol lagi lagi Joan Tomas gagal bersaing sehingga membuat dirinya hanya dimainkan sebanyak 4 kali.

Joan Tomas akhirnya memutuskan untuk hijrah ke Liga Cyprus dan bergabung dengan AEK Larnaca dan bertahan hingga 7 musim serta berhasil mengumpulkan 40 gol dan 10 assist di semua kompetisi yang diikutinya bersama Larnaca.

Pengalaman terbaik yang Joan Tomas dapatkan bersama Lanarca adalah pada saat berkesempatan untuk bermain di ajang Liga Europa hingga mampu mengemas satu assist dalam ajang tersebut pada 2018 – 2019 saat meladeni permainan FC Zurich.

Bersama Lanarca pula Joan Tomas mampu mengoleksi dua trofi yaitu Piala Cyprus musim 2017 – 2018 dan Piala Super Cyprus 2018 – 2019 dan berperan penting saat Lanarca menjadi runner – up sebanyak tiga kali secara beruntun pada Liga Cyprus pada periode 2014 hingga 2017.

Setelah 7 musim bersama Lanarca Joan Tomas memutuskan untuk hijrah ke Liga Yunani dan memperkuat PAS Lamia dan mencatatkan 2 gol dari 14 pertandingan di kasta teratas Liga Tunani 2018 – 2019.

 

Alasan Persija Merekrut Joan Tomas

Sebelum merekrut Joan Tomas, Persija sebenarnya lebih dulu mendatangkan Xandao untuk bursa transfer paruh musim Liga 1 2019.

Joan Tomas datang untuk menggantikan posisi playmaker yang telah ditinggalkan oleh Bruno Matos. Joan Tomas menandatangani kontrak sekaligus diperkenalkan pada 31 Agustus 2019 kemarin di Jakarta.

Nama Joan Tomas yang bergabung dalam Macan Kemayoran ini sebenarnya telah banyak bocor di kalangan pecinta sepak bola Indonesia namun Ferry Paulus selaku CEO Persija masih malu untuk mengakuinya hingga Joan Tomas diperkenalkan secara resmi.

Persija sendiri mendatangkan Joan Tomas karena pria berusia 34 tahun ini telah malang melindang di dunia sepak bola hingga pernah bermain di LaLiga dan memperkuat Timnas Spanyol U – 19, alasan ini lah yang membawa Joan Tomas akhirnya berseragam Persija.

Selain itu Persija juga memiliki ambisi yang tak main main mengingat nama tim ini masih berada di papan bawah klasemen sementara.

 

Semoga dengan didatangkannya Joan Tomas ini dapat membuat Persija mampu memenuhi ambisinya ya, kita lihat saja kiprahnya dalam Liga 1 Indonesia.

Artikel Lainnya :