Jadwal Puasa Ramadhan 2021 Unduh Selengkapnya

Posted on

Jadwal Puasa Ramadhan 2021

Inibiodata.com – Jadwal Puasa Ramadhan 2021 di bawah ini Bang Bio sediakan untuk sobat semua yang ingin mencari jadwal puasa lengkap untuk seluruh kota di Indonesia.

Tanpa terasa ya, bulan suci Ramadhan sudah ada di depan mata kita, dan pastinya sobat bio sudah mulai mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci ini.

Persiapan ini biasanya meliputi persiapan lahir dan batin untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh.

Sebab kita tidak hanya harus mempersiapkan tubuh yang fit untuk melaksanakan seluruh ibadah yang ada di bulan Ramadhan. Namun juga harus pula mempersiapkan mental agar kita selalu merasa siap dan semangat berpuasa seharian, salat tarawih berjamaah di Masjid hingga tadarus.

Mempersiapkan segala kebutuhan yang dibutuhkan agar bisa mendukung pelaksanaan puasa Ramadhan juga bisa dilakukan dengan cara menyiapkan jadwal puasa lengkap. Agar kita tetap fokus dalam menjalankan rukun Islam ke empat ini.

Untuk menyambut bulan Ramadhan, Muhammadiyah pun sudah menetapkan jika 1 Ramadhan 1442 H, atau hari pertama di bulan puasa Ramadhan ini akan jatuh pada hari Selasa Wage, Tanggal 13 April 2021.

Informasi ini diberikan berdasarkan pada Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 01/MLM/I.0/E/2021 yang menjelaskan mengenai penetapan dari Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan juga Zulhijah 1442 Hijriah.

Sedangkan Kementian Agama Islam sudah memberikan pengumuman perihal penetapan puasa atau 1 Hijriah 1442 lewat sidang isbat penentuan awal Ramadhan 2021. Sidang isbat ini pun akan dilangsungkan pada hari Senin 12 April 2021 yang dilakukan guna melakukan persiapan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan di Indonesia.

Namun meski begitu masyarakat Indonesia sudah bisa melihat jadwal Imsakiah di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.  Jadwal ini sendiri sudah dirilis secara resmi oleh Kementerian Agama Indonesia.

Dan sobat bio pun sudah bisa mengakses serta mengunduh jadwal puasa dan Imsakiah melalui link yang ada di bawah ini :

https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah

 

Bagaimana Cara Memilih Lokasi Jadwal Imsakiah?

Untuk dapat mengetahui jadwal Imsakiah sendiri yang bisa kita lakukan adalah dengan cara memilih provinsi yang hendak sobat bio lihat. Lalu lanjutkan dengan memilih kabupaten atau kota di mana sobat bio tinggal.

Nah, setelah itu pilihlah tahun yang ingin dilihat lalu klik ikon Proses Data agar bisa melihat jadwal Imsakiah secara langsung.

Dan jika sobat bio ingin mengunduh jadwal tersebut, sobat bisa klik opsi Export Excel lalu jadwal pun akan secara otomatis terunduh.

 

Bagaimana Cara Menentukan Awal Ramadhan?

Untuk menentukan awal Ramadhan atau menentukan awal bulan pada kalender hijriah akan didasarkan pada penampakan hilal. Hilal sendiri adalah bulan sabit muda yang akan terlihat di awal bulan dan menjadi penanda sebagai bulan bulan baru atau memasuki awal bulan.

Ada dua metode yang bisa dilakukan guna dapat mengetahui atau melihat datangnya hilal. Metode pertama adalah dengan menggunakan metode Hisab, dan metode kedua adalah Rukyat.

Jika berdasarkan pada penjelasan dari Kasubdit Hisab dan Rakyat Bimas Islam Kemenag, Ismail Fahmi menjelaskan jika Hisab merupakan suatu metode yang digunakan untuk menghitung posisi dari benda benda langit, terutama untuk Matahari dan juga Bulan.

Sedangkan metode Rukyat sendiri merupakan sebuah metode yang dilakukan dengan cara melakukan observasi pada benda benda yang ada di langit untuk melakukan verifikasi hasil hisab.

Disebutkan pula bahwa kedua metode yang digunakan ini yakni, Hisab dan Rukiyat bagaikan dua sisi mata uang. Meski begitu pada tahun tahun sebelumnya, metode hisab dan juga metode rukiyat pernah beberapa kali menghasilkan penentuan tanggal untuk awal dan juga akhir Ramadhan yang berbeda.

Namun meski begitu, perbedaan pada penentuan awal dan akhir Ramadhan ini diharapkan tetap dapat menyatukan masyarakat Indonesia dengan saling tolenrasi dan menghormati selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadah. Hingga pada saat merayakan Idul Fitri 1442.

 

Pelaksanaan Salat Tarawih di Masa Pandemi

Salah satu perhatian khusus yang dilakukan untuk menyambut Ramadhan kali ini adalah pelaksanaan Salat Tarawih. Jika pada Ramadhan tahun lalu, masyarakat Indonesia dihimbau untuk tidak melaksanakan Ibadah Salat Tarawih di Masji.

Namun pada tahun ini Pemerintah Indonesia sudah memberikan izin untuk pelaksanaan Salat Tarawih dan kegiatan ibadah di bulan Ramadhan lainnya. Tentunya dengan standar keamanan yang lebih diperketat.

Sehingga masyarakat Indonesia tidak perlu ragu apalagi takut jika hendak melaksanakan Salat Tarawih di Masjid terdekat.

Selain Salat Tarawih, Salat Ied juga tetap bisa dilaksanakan tentunya juga dengan standar keamanan yang harus dipatuhi oleh jamaah.

Kabar ini ibarat angin segar bagi umat Muslim di seluruh Indonesia setelah sebelumnya selama bulan Ramadhan di tahun lalu tidak dapat melaksanakan ibadah seperti biasa di Masjid sebab adanya pandemi Covid-19.

Namun kabar buruk lainnya datang mengenai larangan mudik dari Pemerintah Indonesia yang akan berlaku untuk semua kalangan. Baik warga biasa hingga ASN, TNI dan Polri.

Baca Selengkapnya : Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Apa Alasannya ya?

 

Apapun keputusannya, semoga setelah bulan Ramadhan ini pandemi Covid-19 segera berakhir. Apapun pilihan sobat bio apakah akan mudik atau tidak, semua kembali ke keputusan masing masing. Tetap jaga kesehatan dan keamanan saat melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan.

Dan jangan lupa untuk mengunduh Jadwal Puasa Ramadhan 2021 yang sudah Bang Bio sediakan ya.

 

Baca Berita Berikutnya :