Isra Mi’raj 2021 – Pengertian dan Kumpulan Ucapan Isra Mi’raj 1442 H

Posted on

Isra Mi’raj 2021

Inibiodata.com – Isra Mi’raj 2021 jatuh pada Kamis, 11 Maret 2021 dan merupakan salah satu perayaan yang sangat penting bagi umat beragama Islam di dunia, termasuk Indonesia.

Karena peristiwa ini menjadi menjadi sejarah perjalan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha hingga menuju ke Sidratul Muntaha. Perjalanan ini bukanlah perjalanan biasa namun merupakan perjaanan agung menuju ke langit ke tujuh dan menerima perintah Salat lima waktu dai Allah SWT.

Perjalanan ini dilakukan pada suatu malam di tanggal 27 Rajab.

 

Perjalanan Nabi Muhammad

Suatu malam Nabi Muhammad SAW dijemput oleh Malaikat Jibril di Masjidil Haram bersama dengan hewan putih panjang dengan badan besar dan memiliki sayap bernama Buraaq.

Buraaq memiliki kemampuan untuk mencapai perjalanan jauh hanya dalam kedipan mata saja.

Inilah salah satu rahasia mengapa Rasulullah bisa melakukan perjalanan dengan jarak sepanjang itu hanya dalam waktu semalam saja.

Setelah dari Masjidil Aqsa, Rasulullah menuju ke langit tingat pertama dan kedua di mana beliau bertemu dengan manusia sekaligus wali Allah SWT pertama kali di bumi. Yakni, Nabi Adam AS.

Sedangkan di langit kedua Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Nabi Yahya dan Nabi Isa.

Sedangkan pada langit ketiga Rasulullah bertemu dengan Nabi Yusuf dan melanjutkan perjalanan ke langit ke empat untuk bertemu dengan Nabi Idris.

Menuju langit ke lima, Nabi Muhammad bertemu dengan Nabi Harun, sedangkan di langit ke enam, beliau bertemu dengan Nabi Musa.

Perjalanan terakhir Nabi Muhammad SAW di langit ke tujuh membawa beliau untuk bertemu dengan Nabi Ibrahim.

Nabi Ibrahim kemudian mengajak Rasulullah untuk menuju ke Sidratul Muntaha yang merupakan sebuh pohon yang merupakan penanda akhir dari batas langit ke tujuh.

Fisik Sidratul Muntaha menyerupai daun lebar seperti telinga gajah dengan buah sebesar nampan.

Sidratul Muntaha adalah suatu pohon kehidupan dan di sinilah Rasulullah akhirnya bertemu dan berdialok dengan Allah SWT untuk mendapatkan perintah salat lima waktu yang wajib dikerjakan setiap hari.

 

Kumpulan Kata-kata Ucapan Isra Mi’raj

Isra Miraj merupakan salah satu perayaan yang cukup penting sehingga tidak salah jika kita mengirimkan ucapan pada kerabat mau pun sobat yang dikirimkan melalui jejaring sosial media hingga aplikasi berbasis chatting seperti WhatsApp.

Berikut ini adalah beberapa contoh kata ucapan Isra Miraj yang bisa kamu gunakan sebagai refrensi :

1.) Selamat mempeingati Isra Miraj, semoga kita senantiasa dalam semangat iman dan Islam dan berteladan lebih baik dari Rasulullah.

2.) Jadikan moment Isra Miraj untuk semakin mendekatkan diri pada Allah SAW dan meneladani Nabi Muhammad SAW. Selamat memperingati Isra Miraj wahai saudara seiman dan seagama.

3.) Rasulullah sangat menyayangi umatnya, hal ini bisa dibuktikan dengan perjalanan panjan yang berlangsung selama satu malam dari Masjidil Haram menuju ke Masjidil Aqsa hingga naik ke langit ke tujuh untuk meneima perintah Salat. Selamat memperingati Isra Miraj.

4.) Jangan pernah meninggalkan salat karena Nabi Muhammad SAW harus melalui pejalanan yang sangat panjang. Selamat merayakan hari Isra Miraj, semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik dan taat pada Allah SWT.

5.) Selamat merayakan hari Isra Miraj 1442, semoga kita menjadi manusia yang lebih baik setiap tahunnya dan menjadi salah satu penerus Rasul yang memiliki teladan dan sikap yang baik.

6.) Jadikan moment peringatan Isra Miraj sebagai salah satu cara untuk menjadi manusia yang lebih baik dari hari ke hari. Sebab Rasulullah harus menjalani perjuangan yang berliku untuk menjadikan salat lima waktu sebagai kewajiban kita sebagai seorang muslim.

7.) meski perayaan Isra Miraj 1442 H kali ini dilakukan dalam kondisi yang tidak tentu, namun jangan jadikan taqwa memudar. Mari dekatkan diri pada sang Ilahi dan selamat memperingati Isra Miraj.

8.) Kuatkan diri, kuatkan hati, kuatkan iman dan eratkan persaudaraan…. Selamat memperingati Isra Miraj 1442 Hijriah, mari kita hijrah menjadi umat Nabi Muhammad yang penuh dengan rasa kasih sayang pada sesama.

9.) Isra Miraj adalah hari penuh kedamaian sehingga pada peringatan Isra Miraj 1442 Hijriah ini, marilah selalu menjaga ibadah agar kita selalu dekat dengan Sang Pencipta.

10.) Peristiwa Isra Miraj sangatlah wajib untuk diingat sehingga marilah kita senantiasa tegakkan salat, karena salat bukan hanya kebutuhan untuk mendekat diri pada Allah SWT namun juga merupakan tiang agama.

11.) Salat tidak hanya bisa mendekatkan diri pada Sang Pencipta dan Rasulnya, namun dengan selalu menegakkan salat kita bisa terlindungi dari berbagai macam bahaya. Karena tidak akan ada kebatinan yang mampu tercipta apabila teladan dari Rasulullah lewat perjalanan beliau pada saat Isra Miraj. Salam hangat untuk semua sahabat seiman di mana pun berada.

12.) Jadikan momentum Isra Miraj sebagai sarana untuk menjalin persahabatan dan silaturahmi di antara sesama muslim di seluruh Indonesia, selamat memperingati Isra Miraj semuanya.

13.) Sebelum menyambut bulan suci Ramadhan, marilah kita gunakan peringatan Isra Miraj ini untuk semakin mendekatkan diri dan menjalin silaturahmi.

14.) Perjuangan Islam tidak hanya pada saat peristiwa Isra Miraj saja namun juga dalam keseharian kita. Tentang bagaimana cara kita untuk melawan diri agar terus menegakkan salat setiap hari.

15.) Mari jaga amanah dari Rasulullah yang sudah melakukan perjalanan dari Mekah, Madinah hingga ke Sidratul Muntaha dengan terus menegakkan salat limat waktu.

 

 

Selamat merayakan Isra Mi’raj 2021, semoga kita semua selalu dilindungi Allah SWT dan selalu meneladani sifat dan sikap Rasulullah SAW.

 

 

Kabar Lainnya :