Imam Nahrawi – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Posted on

Imam Nahrawi – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Imam Nahrawi selama ini dikenal sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga atau yang biasa disingkat dengan Menpora. Selama menjabat sebagai Menteri, nama Imam Nahrawi cukup disegani karena telah sering memberikan prestasi bagi bangsa ini, namun siapa sangka jika akhirnya nama Imam Nahrawi menjadi tersangka dan ditangkap oleh KPK akibat kasus penggelapan dana.

Sontak saja sosok ini semakin banyak dicari oleh warga karena penasaran dengan sepak terjangnya selama ini ketika menjadi Menteri. Nama Imam Nahrawi pun semakin banyak menjadi bahan perbincangan di dunia maya usai dirinya ditangkap oleh KPK.

Nah, berikut ini adalah biodata lengkap Imam Nahrawi beserta dengan fakta menariknya.

Biodata dan Biodagrafi Imam Nahrawi

Dr. (HC) H. Imam Nahrawi, S.Ag., M.KP lahir di Bangkalan, Jawa Timur pada 8 Juli 1973 dan merupakan seorang politikus yang kini menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga sejak 27 Oktober 2014 lalu pada kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Sebelumnya Imam Nahrawi menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Imam Nahrawi menjalani pendidikan Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas di Bangkalan, kemudian melanjutkan pendidikan di UIN Sunan Ampel Surabaya pada tahun 1998 dan melanjutkan program Pascasarjana di Magister Kebijakan Publik Universitas Padjajaran pada tahun 2017. Imam Nahrawi mulai aktif berorganisasi ketika masih duduk di bangku kuliah dan menjadi Senat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya pada tahun 1994 hingga 1995.

Selain itu Imam Nahrawi juga aktif sebagai bagian dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan di tahun 2017, Imam Nahrawi akhirnya mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari UIN Sunan Ampel Surabaya.

Karier politik Imam Nahrawi sendiri di mulai di Partai Kebangkitan Bangsa dan terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat 2 periode yakni pada periode 2004  hingga 2009 dan 2009 hingga 2014 untuk daerah pilihan Jawa Timur, Imam Nahrawi sendiri berada di Komisi VII DPR dan betanggung jawab dalam bidang agama, sosial, dan pemberdayaan perempuan.

Nama Imam Nahrawi semakin dikenal ketika dirinya dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga dan dihadapkan dengan kasus klub besar sepak bola antara PSS Sleman vs PSIS Semarang. Hingga akhirnya pada Februari 2015 Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan Imam Nahrawi bersama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memutuskan untuk memundurkan jadwal ISL dikarenakan sejumlah klub yang dianggap belum memenuhi persyaratan yang diminta.

Kemenpora di bawah pimpinan Imam Nahrawi sendiri tercatat pernah tiga kali melayangkan teguran pada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesa (PSSI), terguran yang terakhir dilakukan pada 16 April 2015 akan tetapi hingga 18 April PSSI yang tak juga menjawab teguran tersebut membuat Kemenpora akhirnya membekukan PSSI melalui surat bernomor 01307 tahun 2015 yang ditandatangani sendiri oleh Menteri Imam Nahrawi.

Profil Imam Nahrawi

NamaImam Nahrawi
Lahir8 Juli 1973 (umur 46)
PasanganShobibah Rohmah
HubunganKholil Siroj (paman)
Anak7
Alma materIAIN Sunan Ampel
PekerjaanPolitikus

 

Fakta Imam Nahwari

  1. Asal Madura

Imam Nahrawi lahir dan dibesarkan di Bangkalan, Madura, Jawa Timur dan menghabiskan masa kecil hingga akhirnya mendapatkan gelar S 1 nya di kota asalnya tersebut.

  1. Keluarga

Imam Nahrawi diketahui menikahi wanita yang bernama Shobibah Rohmah dan dari pernikahnnya ini, pemiliki akun instagram @nahrawi_imam ini dikaruniai 7 orang anak.

  1. Menteri Paling Muda

Sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dikenal sebagai menteri paling muda di kabinet Joko Widodo pada saat diangkat menjadi menteri pada tahun 2014 lalu Imam Nahrawi masih berusia 41 tahun.

  1. Tak Lolos ke Senayan

Imam Nahrawi diketahui berusaha menjadi caleg DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada pemilu 2019 kemarin, sayangnya Imam Nahrawi gagal masuk Senayan karena kalah perhitungan.

  1. Ditetapkan sebagai Tersangka

Imam Nahrawi ditetapkan sebagai tersangka dan terjerat dalam kasus pengembangan kasus pada operasi tangkap tangan atau OTT. Pada awalnya hanya ada 5 tersangka yakni Ending Fuad Hamidy, Johnny E Awuy, Mulyana, Adhi Purnomo, dan Eko Triyanto.

Hingga akhirnya bertambah menjadi 6 tersangka yakni Imam Nahrawi.

 

Disebutkan sebagai tersangka oleh KPK banyak yang tidak percaya jika Imam Nahrawi jadikan tersangka oleh KPK karena selama ini Imam Nahrawi dianggap sebagai salah satu Menteri dengan kualitas kerja yang baik dan mumpuni. Tapi siapa sangka jika dirinya juga terjerat kasus hingga dijadikan tersangka oleh KPK.

Artikel Lainnya :