Ilham Akbar Habibie – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Posted on

Ilham Akbar Habibie – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Siapa yang tidak kenal dengan B.J Habibie? Yitu mantan Presiden Republik Indonesia ke-3 yang kisah hidupnya begitu erat dengan dunia penerbangan. Meneruskan mimpi sang ayah dalam dunia dirgantara Indonesia tersebut, kini juga menular kepada salah satu putranya yang bernama Ilham Akbar Habibie. Benar jika buah takkan jatuh jauh dari pohonnya. Ingin tahu lebih jelas tentang Ilham Akbar Habibie? Yuk simak artikel berikut.

Biodata dan Biografi Ilham Akbar Habibie

Ilham Akbar Habibie lahir dari seorang ayah mantan Presiden yaitu B.J.Habibie dan Hasri Ainun Besari Habibie (Ibu). Ia lahir dan di besarkan di Jerman karena mengikuti ayahnya saat belajar dan bekerja di sana. Hampir 31 tahun Ilham menetap di Jerman. Ia lahir pada tanggal 16 Mei 1963, di kota Aachen, Jerman. Dirinya menuntaskan masa sekolahnya dari tingkat dasar hingga perguruan di Jerman.

Ia pun memulai sekolahnya di Elementary School Windmuehlenweg, High School Hochrad dan Technical University of Munich di Jerman. Di Universitas Munich inilah ia menuntaskannya dari gelar insinyur hingga gelar doktor dalam teknik penerbangan dengan hasil summa cum laude. Setelah lulus kuliah ia sempat bekerja di perusahaan pesawat Boeing. Tetapi, karena saat itu Indonesia sudah merancang pesawat terbang yang digagas oleh ayahnya, akhirnya ia pun diminta untuk membantu program ini.

Dalam perjalanan kariernya, ia pun didaulat menjadi sebagai Direktur Marketing PT Dirgantara Indonesia. Sebelumnya, perusahaan tersebut telah melahirkan sebuah pesawat dalam negeri yang berkode N-250. Di sinilah, ia sempat mengembangkan proyek pesawat yang berkode N-250. Namun, di tengah jalan program tersebut terpaksa terhentikan karena salah satu persayaratan yang diminta International Monetary Fund (IMF) saat itu yaitu untuk menstabilkan kondisi ekonomi Indonesia.

Baca Juga :  Saut Situmorang – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Mundurnya dari KPK

Ilham pun akhirnya ikut keluar. Dan setelah resign dari PT Dirgantara Indonesia, ia banting stir ke dalam Grup Ilthabi Rekatama, perusahan keluarga pada tahun 2002. Hal tersebut dikarenakan adiknya yang bernama Thareq Kemal Habibie ingin menjajal bisnis lain. Sehingga Ilham juga ikut mengambil kendali perusahaan tersebut.

Dirinya sadar betul bahwa tugas beratnya memimpin perusahaan tanpa penguasaan dunia bisnis yaitu bisnis manajemen dan marketing. Akhirnya pada tahun 2003 ia memutuskan untuk belajar ilmu manajemen di School of Business, Universitas Chicago di Singapura.

Dengan memiliki beragam ilmu bisnis dan teknik pesawat, ia pun memantapkan bisnisnya. Kariernya juga terus meningkat dan selalu mendapat posisi strategis. Beberapa kali ia pun menjadi sebagai Presiden Direktur atau CEO dalam beberapa perusahaan, di antaranya yaitu PT. Global Group Asia, PT. Industri Mineral Indonesia serta jabatan komisaris di berbagai perusahaan besar lainnya.

Profil Ilham Akbar Habibie

Nama lengkap: Ilham Akbar Habibie
Tanggal Lahir: 16 Mei 1963
Tempat lahir : Aachen, Jerman
Profesi: Pengusaha
Karya atau Prestasi: Bintang Satyalancana Wira Karya dan Adikarsa Pemuda
Orang Tua : B.J.Habibie (Ayah) dan Hasri Ainun Besari Habibie (Ibu)
Istri : Insana Abdul Adjid

Fakta Menarik Ilham Akbar Habibie

1. Ilham Akbar Habibie merupakan komisioner proyek pollux Habibie internasional dan ia pun adalah orang yang merancang serta membangun gedung pollux yang memiliki 100 lantai dengan tinggi sekitar 350 meter. Gedung tersebut memiliki banyak fungsi diantaranya yaitu Pusat keuangan, hotel Internasional, universitas dan juga mall.
2. Gedung yang telah dibuat oleh Ilham nantinya akan menjadi sebuah realisasi dari pencapaian Batam dan menjadi kota terdepan di Indonesia. Harapan dari almarhum ayahnya yaitu BJ Habibie bahwa dengan adanya gedung tersebut bisa menjadikan kota Batam menjadi salah satu kota pembangunan meisterstadt di Indonesia.
3. Ilham memiliki gelar yaitu Dr. -Ing. Ilham Akbar, MBA
4. Di Universitas Technical University of Munich, ilham juga sukses mendapatkan Gelar insinyur dan doktor dalam teknik penerbangan dengan hasil yang begitu memuaskan yaitu summa cum laude.
5. Nama istri tercinta Ilham yaitu Insana Abdul Adjid, mereka menikah di Jakarta pada tahun 1987 yang lalu.

Baca Juga :  Samsung Pay - Hadir di indonesia, Baru tersedia di A30, dan A50, Dikembangkan Anak Bangsa

Itulah informasi tentang seorang Ilham Akbar Habibie. Jika ingin menjadi orang sukses dan bermanfaat untuk orang lain, maka Ilham merupakan salah satu orang untuk memotivasi diri. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :

BJ Habibie – Biografi, Biodata, Profil dan Kabar Terbarunya

Elza Syarief – Biodata, Biografi, Fakta Menarik Lainnya

Siti Habibah – Biodata, Biografi, Fakta Kematiannya