Hari Ayah Nasional – Asal Usul Adanya Hari Ayah Nasional

Posted on

Hari Ayah Nasional – Asal Usul Adanya Hari Ayah Nasional

Hari Ayah Nasional
Hari Ayah Nasional

 

Hai sahabat biodata dimanapun anda berada. Apakabar semuanya? Tentu pastinya baik baik saja kan?  Nah,, jika baik baik saja mari luangkan sedikit waktunya untuk membaca informasi yang di berikan oleh sahabat biodata. Sahabat biodata pasti akan memberikan informasi yang terupdate setiap harinya. Kali ini Sahabat biodata akan memberitahukan kalian tentang Hari ayah Nasional, Indonesia ada haari ibu, pasti juga dong ada hari ayah, dimana ayah adalah sosok seorang  pahlawan bagi kita semua. Ayah juga rela mengorbankan dirinya untuk anak anaknya, beliaupun rela bekerja keras banting tulang untuk menghidupi keluarganya. Sebelum kita terbangun dari tidur, Ayah bahkan sudah  mulai berangkat bekerja untuk mencari nafkah, cari duit untuk keperluan keluarga. Hari ayah nasional sudah di deklarasikan di berbagai negara agar setiap tahunnya dapat diperingati. Hari ayah ini biasanya di peringati setiap tahun pada tanggal 12 november, sedangkan hari Ibu akan diperingati setiap tanggal 22 Desember.

Hari ayah nasional ini telah di deklarasikan PPIP pada tanggal 12 november 2016, dimana setelah deklarasi tersebut dilakukan anak anak Nusantara juga meluncurkan buku  buku “Kenangan Untuk Ayah”. Yang pada saat itu mereka mengirimkan Buku dan piagam Deklarasi Hari ayah kepada Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) pada masanya. Untuk mengetahui lebih lanjutnya silahkan kalian semua ikuti sahabat biodata sampai selesai, dimana sahabat biodata ini memberitahukan berita kepada para pembaca sudah pasti diteliti terlebih dahulu, dan sudah melalui langkah langkah yang benar. Tanpa basa basi lagi sahabat biodata akan melanjutkan beritanya. Next……

 

Asal Usul Adanya Hari Ayah Nasional

Hari ayah nasional sudah kita ketahui diperingati setiap tahunnya pada tanggal 12 november, pada tahun ini putra putri Indonesia memperingati hari ayah Naional pada 12 november 2019. Hari ayah nasional ini juga turut dirayakan oleh inibiodata.com melalui kami sahabat biodata, yang mana dalam rangka hari ayah nasional ini sahabat biodata akan memberikan beritanya tentang hari ayah nasional, asal usul adanya hari ayah nasional. Dengan demikian sahabat biodata turut senang dan bergembira masih diberikan kesempatan oleh Tuhan Yang Maha Esa, dengan diberikannya kesehatan dan umur yang panjang.

Hari Ayah Nasional ini biasanya dirayakan dengan cara memberikan hadiah kepada bapak bapak dan berkumpul bersama dengan keluarga. Ungkapan rasa terimakasih akan kita sampaikan dengan ayah atas jerih payah mereka untuk menghidupi keluarga tercintanya, Ayah juga rela bekerja keras banting tulang demi kebutuhan yang harus dipenuhi. Sosok seorang ayah adalah seorang Pahlawan, mereka bekerja dari pagi hingga larut malam tanpa mengeluh sedikit pun.

Di Negara kita Indonesia, Hari ayah dirayakan jatuh pada tanggal 12 november yang berawal dari prakarsa paguyban satu hati, budaya dan lintas agama yang bernama PPIP (Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi).  Pada awalnya pada tahun 2014, PPIP tersebut sedang mengadakan peringatan Hari Ibu yang berada dikota solo dengan mengadakan sejumlah lomba/sayembara Menulis surat untuk Ibu.  Acara tersebut disambut masyarakat dengan bergembira, sehingga peserta penulis surat untuk ibu menanyakan kapan Peringatan Untuk seorang Ayah diadakan.

Setelah itu, PPIP berkumpul dan merencanakan kapan hari ayah akan kita peringati hingga saat 12 November PPIP (Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi) menggelar deklarasi Hari Ayah Nsional untuk Indonesia dan menetatapkan tanggal tersebut adalah sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional. Dimana Deklarasi tersebut juga bergabung dengan Hari Kesehatan yang mengambil semboyan “Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”.

Deklarasi Hari Ayah Nasional tersebut diadakan di Kota Maumere (Nusa Tenggara Timur). Dalam deklarasi tersebut juga diluncurkannya sebuah buku yang berjudul “KENANGAN UNTUK AYAH” yang di dalamnya berisikan 100 surat dari putra putri Nusantara yang telah diseleksi dari sayembara menulis surat untuk ayah. Setelah deklarasi tersebut, mereka juga mengirimkan buku tersebut kepada Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono0 pada masa pimpinanya. usai Deklarasi tersebut, Setiap tanggal 12 November ditetapkan peringatan Hari Ayah Nasional. Selain Indonesia, Negara negara lain pun ikut memperingati hari ayah Nasional namun ditanggal yang berbeda. Berikut akan sahabat biodata berikan Daftar Negara yang memperingati Hari ayah Nasional.

 

Beberapa Negara Yang Memperingati Hari Ayah NAsional

  • Indonesia pada tanggal 12 November
  • Rusia pada tanggal 23 januari
  • Serbia pada tanggal 6 Januari
  • Korea Selatan pada tanggal 8 Mei
  • Jerman pada tanggal 13 Mei
  • Denmark pada tanggal 5 juni
  • Belgia pada tanggal 13 juni
  • Mesir pada tanggal 21 Juni
  • Lebanon  pada tanggal 21 Juni
  • Uruguay jatuh pada pekan kedua bulan july
  • Brazil jatuh pada pekan kedua bulan Agustus
  • Taiwan pada tanggal 8 Agustus
  • Thailand pada tanggal 5 Desember

 

Terimakasih telah mengikuti sahabat biodata mengenai hari ayah nasional, asal usul  adanya hari ayah nasional. Semoga apa yang diberikan sahabat biodata ini dapat bemanfaat dan berguna bagi kita semua. Jangan lupa ikuti terus sahabat biodata di inibiodata.com setiap harinya, karena sahabat biodata pasti akan memberikan berita berita terupdate setiap harinya. dan jangan lupa juga baca artikel sahabat biodata yang lainnya.