Hack Instagram , Whatsup, Facebook, telegram Untuk Mencuri Kata Sandi

Posted on

Peretas Menggunakan ‘Daftar Nasty’ Instagram , Whatsup, Facebook, telegram Untuk Mencuri Kata Sandi

Selalu ada sesuatu yang viral di Instagram, itulah keindahan dari platform berbagi sosial ini. Sayangnya, kegilaan Instagram terbaru lebih viral daripada sehat. Nasty List sebenarnya adalah pencuri kredensial masuk.

Hack Instagram
Hack Instagram

Apa Daftar Nasty?

Fenomena Nasty List tampaknya telah dimulai awal minggu ini. Ini pertama kali menarik perhatian saya ketika pengguna Reddit bertanya apakah ada orang lain yang memiliki masalah dengan Daftar Nasty Instagram. “Aku masuk ke Instagram kemarin dan aku mendapat dm dari kakakku. Katanya aku ada dalam semacam Nasty List,” pengguna Reddit dengan nama molecularwolf menjelaskan , melanjutkan, “Yah, aku baru saja bangun dan aku agak keluar jadi saya mengkliknya karena saya ingin tahu. Saya kemudian menyadari bahwa itu mungkin virus, tetapi sudah terlambat, saya sudah mengklik. ”

Penipuan ini bekerja dengan menggunakan akun yang disusupi untuk mengirim pesan ke pengikut yang menyatakan terkejut bahwa mereka berada di Daftar Nasty Instagram. Anda dapat menemukan contoh format pesan Nasty List di Bleeping Computer , tetapi ini biasanya dimulai dengan sesuatu seperti “OMG your (sic) sebenarnya ada di sini di nomor 38” atau “WOW. (Sic) Anda di sini !!! peringkat 100.” Semua pesan menyertakan tautan ke Daftar Nasty lengkap dan memberikan penjelasan mengapa pengguna ada di dalamnya. Ini mendarat di halaman login Instagram yang tampak meyakinkan, tapi palsu.

Apa yang terjadi selanjutnya?

Jika Anda gagal menemukan bahwa URL untuk halaman login salah, sangat mungkin karena Anda hanya ingin tahu mengapa Anda ada di daftar ini, maka kredensial login Anda akan dihapus. Dipersenjatai dengan nama pengguna dan kata sandi Instagram Anda yang sekarang telah dikompromikan, para peretas akan menggunakan akses akun ini untuk terus mendistribusikan pesan Daftar Nasty. Mereka juga, tentu saja, akan memiliki kendali atas akun Instagram Anda dan semua yang menyertainya! Apa yang orang-orang di belakang Nasty List rencanakan untuk lakukan dengan semua akun Instagram yang dikompromikan ini masih harus dilihat. Namun, saya akan terkejut jika tidak ada botnet semacam menunggu untuk memanfaatkan mereka dengan cara kampanye spam atau distribusi malware.

Apa yang harus dilakukan jika Anda sudah mengklik tautan Daftar Nasty

Tindakan Anda untuk memulihkan kendali akun Anda akan bergantung pada apakah peretas telah mengubah alamat email dan nomor telepon yang terkait dengannya. Jika belum, buka Pengaturan> Privasi dan Keamanan> Kata Sandi dan ikuti prosedur untuk mengubah kata sandi Anda. Jika peretas telah mengubah detail Anda, maka Anda harus mengikuti proses Instagram untuk mendapatkan kembali kendali atas akun yang diretas. Anda dapat menemukan instruksi lengkap untuk ini di sini.

Apa lagi yang harus kamu lakukan?

Jika Anda belum menggunakan otentikasi dua faktor (2FA) maka saya sarankan Anda segera melakukannya. Ini adalah proses yang sangat sederhana yang akan bekerja dengan aplikasi seperti Google Authenticator. Tentu, itu akan menambah beberapa detik ke waktu login Anda ketika Anda menggunakan perangkat yang berbeda dari biasanya, tetapi itu juga akan mencegah penipuan seperti Daftar Nasty dari untuk dapat mengendalikan akun Anda. Instruksi lengkap untuk mengaktifkan Instagram 2FA dapat ditemukan di sini .