Grab-meluncurkan-SETARA-Space-untuk-penyandang-disabilitas

Grab meluncurkan SETARA Space untuk penyandang disabilitas

Posted on

Komunitas atau gerakan kesetaraan bagi penyandang disabilitas sering menghadapi tantangan dalam menemukan tempat pertemuan yang aman, mudah diakses, dan berlayanan lengkap.

Grab meluncurkan SETARA Space untuk penyandang disabilitas

Oleh karena itu, pada kesempatan Hari Bahasa Isyarat Internasional, Grab Indonesia mengumumkan inisiatif BelieveSETARA, sebuah komitmen berkelanjutan untuk menjadi kekuatan pendorong untuk mengekspresikan kesetaraan bagi para penyandang disabilitas.
Baca juga

Grab-meluncurkan-SETARA-Space-untuk-penyandang-disabilitas

Peneliti canggih sedang mengembangkan masker yang bisa mendeteksi virus
Lihat Foto Rossa 1991, Muka Imut dan Muda Bikin Netizen Marah
Muncul di Google Play Console, Redmi Note 11 Pro (2023) menggunakan chipset cepat Qualcomm

Awal dari inisiatif ini adalah peresmian Ruang SETARA, ruang pertemuan multifungsi gratis di Grab Excellence

Center Cilandak, Jakarta yang didedikasikan untuk penyandang disabilitas.

“Kontribusi pihak swasta seperti Grab Indonesia dalam mendukung terciptanya lingkungan yang setara bagi penyandang disabilitas di Indonesia tentunya menjadi kunci penting untuk mewujudkan Indonesia yang lebih inklusif. HWDI menghargai upaya Grab

Bahwa Indonesia menjadi lebih ramah disabilitas dan bangga juga menyaksikan perkembangan yang sangat nyata, termasuk menyediakan ruang bagi teman-teman penyandang disabilitas untuk bertemu dan menjadi tuan rumah kegiatan.

Semoga ruang SETARA ini bisa menjadi fasilitas yang bermanfaat bagi teman-teman, apalagi mengingat banyaknya komunitas disabilitas informal,” ujar Revita Alvi, Ketua Himpunan Perempuan Disabilitas Indonesia (HWDI) yang diwakili Walin Hartati, Ketua I Bidang Pemberdayaan dan Partisipasi, Himpunan Perempuan Penyandang Disabilitas Indonesia Perempuan Penyandang Disabilitas Indonesia (HWDI) hadir pada peresmian ruang SETARA.

Menemukan fasilitas yang dapat digunakan sebagai wadah pertemuan GERKATIN, terutama bagi sektor lain yang aktif menyelenggarakan kegiatan, seperti sektor pemuda dan perempuan, merupakan tantangan yang juga dihadapi organisasi tersebut.

Grab meluncurkan Ruang SETARA untuk penyandang disabilitas. (dok kuburan)

“GERKATIN, atas nama teman-teman Tuna Rungu lainnya, mengucapkan terima kasih kepada Grab yang telah menyediakan tempat yang aman bagi penyandang disabilitas untuk berorganisasi dan terhubung. GERKATIN berharap peresmian ruang SETARA ini menjadi langkah awal yang baik dan dapat menjadi acuan bagi perusahaan lain untuk menjembatani kesetaraan dengan mendukung perjuangan pemenuhan hak-hak sahabat tunarungu,” tambah Bambang Prasetyo, Ketua DPP GERKATIN, menambahkan di sela-sela acara pembukaan.
Didukung oleh GliaStudio

Ruangan SETARA sendiri dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kursi lipat dengan meja, kamera, speaker, papan tulis, layar dan proyektor, serta air minum.

Dengan demikian, ruang pertemuan ini dapat digunakan oleh komunitas disabilitas untuk melakukan berbagai kegiatan seperti rapat, conference call, kursus pelatihan bahkan pertemuan rutin. Kamar buka dari hari Senin sampai Jumat dari pukul 08:00 hingga 17:00 WIB.

Saat ini, space tersebut masih dalam tahap uji coba, sehingga hanya dapat digunakan oleh komunitas-komunitas yang tergabung dalam asosiasi yang pernah bekerja sama dengan Grab Indonesia, seperti GERKATIN, HWDI, dan Pusbisindo.

Pada pertengahan Oktober 2022, Ruang SETARA dapat digunakan oleh komunitas disabilitas lainnya sesuai prosedur yang akan ditentukan oleh Grab Indonesia.

Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia, mengatakan inisiatif BelieveSETARA merupakan wujud komitmen Grab dalam memberdayakan penyandang disabilitas di Indonesia.

“Penyandang disabilitas merupakan bagian dari masyarakat yang seringkali tidak mendapatkan kesempatan yang sama, padahal mereka memiliki kemampuan dan potensi yang sama. Atas dasar ini, Grab terus berupaya untuk bahu-membahu dengan asosiasi penyandang disabilitas di tanah air untuk membantu mempromosikan lingkungan yang lebih ramah disabilitas.”

Selain peresmian Ruang SETARA, inisiatif BelieveSETARA memiliki dua prioritas lain, yaitu memfasilitasi akses pendapatan bagi penyandang disabilitas dan melakukan kampanye penyadaran masyarakat ramah disabilitas.

Untuk mempromosikan pengetahuan tentang budaya ramah disabilitas, ribuan karyawan Grab dan OVO di seluruh Indonesia perlu mengikuti kursus pelatihan online.

Dalam 3 bulan terakhir, pelatihan telah dan terus diadakan di berbagai daerah di Indonesia dengan melibatkan ratusan karyawan untuk mendorong inklusi.

Karyawan menerima pelatihan terkait dengan a

Baca Juga :

https://pastani.id/
https://dpmptsplamtim.id/