fungsi-nfc

Wajib Tahu, Ini 9 Fungsi NFC di Smartphone

Posted on

Penting untuk diketahui bahwa ada 9 aplikasi NFC di smartphone

fungsi-nfc

Bisa dibilang NFC saat ini menjadi salah satu fitur yang menjadi standar di smartphone terbaru saat ini. Apa itu NFC NFC pertama kali dipatenkan pada tahun 1983 oleh Charles Walton. NFC adalah singkatan dari Near Field Communication, sebuah teknologi yang memungkinkan smartphone untuk berinteraksi dengan perangkat elektronik lainnya. Dengan NFC, smartphone Anda terhubung dengan WiFi, LTE atau sinyal lainnya, sehingga Anda tidak perlu lagi bingung saat tidak ada sinyal.

Konsep teknologi NFC mirip dengan WiFi dan Bluetooth, yang menggunakan gelombang radio untuk membawa informasi. Dengan NFC, teknologi yang digunakan sedikit berbeda, yaitu radio frequency identification (RFID), yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.

NFC juga dapat menginduksi arus listrik dari komponen pasif ketika ingin mengirimkan data. Sekarang komponen pasif tidak harus memiliki daya yang cukup. Hal ini karena dapat menggunakan dan mengandalkan medan elektromagnetik yang dihasilkan oleh komponen NFC aktif.

Ya, keren dan sangat bermanfaat, salah satu smartphone Tanah Air yang sudah dibekali NFC adalah Poco X3 yang dijual di kisaran harga Rp 3,3 juta per buah.

Jadi, mari pelajari lebih lanjut tentang perangkat ini dan cara menggunakan NFC di smartphone

1. Dapat terhubung ke WiFi dengan mudah

Di beberapa tempat, seperti hotel, biasanya tersedia doorman WiFi. NFC ini dapat secara otomatis menghubungkan smartphone Anda ke WiFi, yang ditujukan untuk penggunaan umum, tanpa harus memasukkan ulang kata sandi. Caranya cukup mencolokkan smartphone berkemampuan NFC Anda dan koneksi WiFi akan otomatis terhubung.

2. Kirim data ke komputer

Beberapa komputer seperti laptop sekarang memiliki fungsi NFC. Jadi jika Anda memiliki smartphone dengan fungsi NFC, Anda dapat menggunakan fungsi ini untuk mentransfer data langsung dari smartphone ke komputer tanpa harus menggunakan kabel data atau mengaktifkan Bluetooth.

3. Pembayaran mudah

Anda juga dapat memasukkan detail kartu debit dan kredit pada smartphone dengan fungsi NFC. Jadi Anda bisa membayar tanpa harus mengeluarkan ATM, kartu debit atau kredit dan cukup menggunakan smartphone Anda. Keren kan?

Sumber :