Emulator Android Ringan

Jika kamu sangat suka bermain game mobile akan tetapi kamu merasa kurang puas pada ukuran layar yang ada pada smartphone. Mau pun ketika merasa kurang nyaman pada saat bermain game dengan menggunakan jari karena sudah terbiasa bermain game dengan menggunakan keyboard mau pun mouse. Maka kamu bisa menggunakan Emulator Android ringan di bawah ini yang akan Inibiodata.com bahas secara lengkap.

Emulator ini biasa terpasang di PC atau pun Laptop milik kamu. Beberapa emulator memang hanya dikhususkan pada PC mau pun Laptop ini didukung dengan spesifikasi yang cupuk tinggi. Namun tak jarang juga masih ada emulator yang didukung dengan spesifikasi seadanya bahkan terbilang rendah.

Kamu pun masih bisa bermain game dengan memanfaatkan emulator android ringan yang ada banyak sekali saat ini dan sudah didukung dengan PC berspesifikasi rendah yang dapat kamu gunakan untuk bermain game android kesukaan kamu dengan menggunakan emulator android ringan ringan ini.

 

Apa Itu Emulator Android?

Bisa dibilang masih banyak orang yang tidak tahu mengenai apa itu emulator. Jika dilihat secara umum, sebenarnya emulator sendiri bisa diartikan sebagai sebuah sistem yang digunakan untuk menjalankan perangkat dengan sistem operasi yang berbeda pada perangkat lain yang sama jenisnya mau pun berbeda.

Namun pada kesempatan kali ini kami akan membahasa mengenai emulator android yang digunakan untuk menjalankan sistem operasi android untuk PC. Misalnya seperti untuk menginstall serta memainkan aplikasi mau pun game yang ada pada android.

Bisa dibilang sama seperti pada saat kamu menjalankan game PSP dengan menggunakan aplikasi PPSSPP yang ada pada android. Akan tetapi sistem ini akan sepenuhnya dijalankan dengan menggunakan android yang ada pada perangkat PC.

Bisa dibilang bermain game di perangkat PC lebih menyenangkan karena menggunakan keyboard dan mouse dibandingkan dengan menggunakan perangkat android yang hanya bisa mengusap layar dengan jari saat bermain game.

Hanya saja dapat menjadi sebuah masalah pada saat spesifikasi yang kamu gunakan ternyata tidak mendukung untuk digunakan dalam emulator.

Akan tetapi masih ada kok cara yang bisa kamu gunakan untuk memainkan game android pada emulator ringan agar dapat berjalan dengan lancar saat digunakan.

Seperti yang sudah kamu tahu, jika ada banyak sekali pilihan emulator yang tersedia dan bisa kamu coba. Akan tetapi kali ini kami hanya akan secara khusus membahas mengenai emulator tingan yang bisa kamu gunakan pada PC maupun Laptop. Dan pastinya memiliki spesifikasi yang cukup rendah sehingga lebih ringan untuk digunakan.

 

Berikut Adalah Emulator Android Ringan yang Bisa Kamu Coba Gunakan

NoxPlayer

NoxPlayer merupakan sebuah emulator paling ringan yang pertama kali kami rekomendasikan. Selain itu emulator ini juga dianggap memiliki kualitas yang baik sebab memiliki utilitas dan tambahan yang akan membantu kamu mengontrol permainan menggunakan keyboard dan mouse.

Bahkan bisa dibilang Nox memiliki kualitas yang hampir sama dengan Remix OS dan terbilang memiliki kualitas di atas dari emulator android yang ada. emulator ini mampu mendukung berbagai jenis hardware tanpa ada kendala berarti.

Leapdroid

Emulator berikutnya adalah Leapdroid yang juga menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kamu coba. Leapdroid ini sendiri mempunyai spesifikasi PC yang cukup minim. Tapi hal ini wajar saja karena emulator ini memiliki ukuran yang terbilang cukup kecil sehingga akan lebih ringan untuk digunakan.

Selain itu software ini sendiri dinyatakan merupakan emulator android untuk PC yang sangat ringan. Meski begitu emulator ini pun memiliki keunggulan di antaranya, memiliki banyak tweak serta penigkatan yang akan membuat emulator ini mampu dijalankan dengan mulus dan lancar. Bahkan apabila kamu lihat dari skor yang ada di benchmark gamingnya. Maka emulator ini terbilang cukup menawan.

Salah satu hal yang menarik dari Leapdroid ini sebagai emulator adalah dapat digunakan untuk menjalankan dua permaianan sekaligus dengan cara side by side. Hal ini akan membuat kamu mampu memainkan game yang sama untuk satu tampilan dengan menggunakan dua akun yang berbeda, asyik kan.

Genymotion

Emulator berikutnya yang akan kami rekomendasikan adalah Genymotion. Tentu emulator ini merupakan emulator android yang cukup ringan untuk kamu gunakan. Hal ini dikarenakan kamu mampu menggunakan emulator ini pada berbagai macam perangkat, akan tetapi tidak bisa benar benar memiliki perangkat itu sendiri. Sebab ukuran dari emulator ini sendiri adalah 2 GB saja untuk ram nya, cukup ringan bukan.

Kamu sendiri bisa mengkonfigurasikan android emulator ini untuk dijalankan pada banyak sekali versi android sesuai dengan kebutuhan dan kemauan kamu. Misalnya saja, kamu dapat menjalankannya pada ponsel Nexus One dengan android 4.2 Jellybean. Mau pun pada Nexus 6 dengan menggunakan Android versi 6.0.

MEmu

Bagi pecinta game MEmu mungkin bukanlah nama asing karena emulator ini adalah salah satu emulator android paling ringan dengan memberikan kompatibilitas yang cukup komplit dengan menggunakan Intel serta AMD. Bahkan emulator rilisan terbaru nya sudah bisa digunakan pada Android 5.1.1 Lollipop.

Emulator ini sendiri sudah memiliki akses root serta antarmuka sidebar yang cukup lengkap dengan adanya fungsi dan fitur tambahan. Jika kamu ingin memainkan game dengan emulator PC yang cukup ringan, maka kamu bisa mencobat MEmu ini. Karena emulator ini hanya memiliki ukuran ram 2 GB.

Tencent Buddy

Bagi kamu pecinta game PUBG Mobile dan ingin bermain di PC atau Laptop maka kamu bisa menggunakan emulator ini. Ya, karena pada awal kemunculannya Tencent Buddy ini memang diperuntukkan bagi game PUBG. Meski pada akhirnya emulator ini sendiri sudah dibuat menjadi semakin ringan dan bisa digunakan untuk netbook sehingga emulator ini bisa digunakan untuk bermain berbagai macam game dan tentu saja dengan ukuran yang sangat ringan.

Salah satu keistimewaan dari emulator ini adalah adanya support secara langsung yang diberikan oleh pihak pengembang untuk memberikan update terbaru. Hal ini tentu bertujuan untuk mengupdate versi emulator ini agar semakin asyik untuk digunakan.

Droid4x

Berikutnya adalah Droid4x yang merupakan emulator android ringan lainnya dengan banyak kelebihan. Karena emulator ini memiliki dukungan add ons yang akan membuat kamu dapat mengontrol game pada komputer dengan menggunakan smartphone milik mu.

Misalnya pada saat kamu bermain Asphalt 8 yang akan membuat smartphone menjadi controller dengan menggunakan accelerometer. Selain itu kamu pun dapat mengcustomisasi keyboard untuk dijadikan controller yang dapat memudahkan kamu untuk bermain game pada android. Dan tentu dengan bantuan emulator android untuk PC dan Laptop ini yang spesifikasinya cukup rendah yakni hanya 1 GB saja.

LDPlayer

Memang emulator android ringan terbilang itu itu saja, akan tetapi emulator ini berbeda dengan yang lain karena memang dibaut untuk bermain game android. Misalnya Mobile Legends, PUBG, Arena of Valor hingga Chess Rush.

Kelebihan dari game ini sendiri terletak pada  stabilitas kecepatannya. Serta fitur multitasking yang akan membuat kamu dapat bermain dua game berbeda di satu layar.

 

Question & Answer

Q : Adakah keuntungan yang didapat dengan menggunakan emulator android di atas?

A : Tentu ada dan pastinya banyak. Terutama bagi kamu pecinta game yang ingin memainkan game di layar PC atau Laptop.

Q : Berapa ukuran minilam RAM agar bisa menjalankan emulator ini?

A : 1 GB sudah bisa digunakan untuk menjalankannya.

 

Penutup

Dari segi kelebihan tentu Emulator android rendah ini akan sangat berguna bagi kamu dalam menjalankan game di PC atau Laptop. Dan pastinya harus kamu coba. Kamu pun tak boleh melewatkan setiap update terbaru Inibiodata.com ya, yang akan memberikan update mengenai berbagai macam hal tentang game dan aplikasi keren.

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :