Contoh Bacaan Doa Ziarah Kubur

Posted on

Contoh Bacaan Doa Ziarah Kubur

Inibiodata.com – Contoh Bacaan Doa Ziarah Kubur di bawah ini akan Bang Bio hadirkan menjelang datangnya bulan Ramadhan.

Karena sudah bukan rahasia lagi jika masyarakat Indonesia memiliki tradisi berziarah memasuki bulan puasa. Apalagi Rasulullah SAW sendiri cukup menganjurkan umatnya untuk senantiasa berziarah. Sebab terdapat banyak sekali hikmah yang bisa didapatkan.

Salah satu hikmah yang bisa kita dapatkan adalah untuk senantiasa membuat kita ingat dengan kehidupan yang ada di akhirat. Kehidupan ini merupakan fase masa depan yang abadi.

Dengan berziarah ke makan kerabat dan keluarga yang kita sayangi yang sudah pergi adalah untuk meningkatkan kezuhudan kita pada kehidupan duniawi.

Ziarah kubur dianjurkan sesuai dengan anjuran dari Nabi Muhammad SAW asalkan tidak mengundang kesyirikan. Sebab kita dianjurkan untuk berdoa pada Allah SWT bagi orang orang yang kita sayangi yang sudah pergi. Bukannya berdoa untuk mendapatkan syafaat dari orang yang sudah meninggal.

 

Manfaat Ziarah Kubur

Sebelum kita mengetahui bagaimana tata cara ziarah kubur, kita juga harus mengetahui manfaat dari ziarah kubur. Apa saja? Simak ya!

1.) Ziarah kubur bisa bermanfaat bagi kita yang masih hidup di dunia untuk senantiasa mengingat bahwa kehidupan tidak kekal dan abadi. Sehingga kita akan selalu mawas diri dan tidak takabur. Sebab hidup yang kita miliki saat ini merupakan milik Sang Pencipta yang bisa diambil kapan saja.

2.) Dengan berziarah kubur maka disarankan bagi kita untuk berdoa, mendoakan kebaikan bagi ahli kubur. Sebab dengan kita mendoakan kebaikan bagi orang lain, terutama bagi mereka yang sudah meninggal.

Artinya kita sudah berbuat baik pada orang lain dan itu juga artinya bahwa kita sudah berbuat baik terhadap diri kita sendiri.

Selain itu, seseorang yang sudah meninggal sudah terputus semenjak mereka meninggalkan dunia ini. Itulah sebabnya mereka membutuhkan orang orang baik yang masih hidup di dunia untuk mendoakan kebaikan pada merek. Dan berdoa semoga segala dosa dosanya dihapuskan oleh Allah SWT.

3.) Berziarah kubur mengikuti ajaran Rasulullah dapat membawa kita ke perbuatan baik. Sehingga tidak terjerumus ke dalam perbuatan syirik yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

 

Contoh Bacaan Doa Ziarah Kubur

Berikut ini adalah amaliyah Ziarah kubur yang sudah Bang Bio rangkum untuk sobat bio semua :

1.) Awali dengan Salam

Mengawali dengan Salam

Lafal : ‘Assalamu’alaìkum dara qaumìn mu’mìnîn wa atakum ma tu’aduna ghadan mu’ajjalun… wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun’.

Artinya : ‘Assalamuallaikum… hai tempat bersemayam kaum mukmin… Telah datang pada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok. Dan kami insyaallah akan menyusul kalian.’

 

2.) Membaca Surat Fatihah

Setelah kita mengucapkan salam maka kita bisa melanjutkan dengan duduk bersila untuk dilanjutkan dengan bacaan surat al-Fatihah sebanyak tiga kali.

Untuk pahala yang pertama dihadiahkan bagi Baginda Nabi Besar Muhammad SAW. Lalu Fatihah kedua ditujukan bagi pada sahabat dan juga ulama besar. Kemudian Fatihah yang ketiga diberikan bagi para ahli kubur yang berasal dari kalangan umat Islam. Terkhusus sanak keluarga seperti orang tua, kerabat, guru hingga sahabat.

 

3.) Lalu lanjutkan dengan membaca Surah al-Ikhlas sebanyak tiga kali.

 

4.) Setelah selesai membaca Surah Al-Ikhlas lanjutkan dengan membaca Surah al-Falaq, An Naas lalu dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah lagi.

 

5.) Lanjutkan dengan membaca bagian awal dari surat al-Baqarah, seperti ini suratnya :

 

Lafal :

‘Alif, lam, mim’.

‘Dzaalikal kitaabu laa raiba fiihi; hudal lilmuttaqiin.’

‘Alladziina yu’minuuna bilghaibi… wa yuqiimuunas shalaata…. wa mimmaa razaqnaahum yunfiquun.’

‘Walladziina yu’minuuna bimaa unzila ilaika wa maa unzila min qablika wa bil Aakhirati hum yuuqinuun… Ulaaa’ika ‘alaa hudam mir rabbihim wa ulaaa’ika humul muflihuun.

 

Artinya :

‘Alif Lam Mim.

‘Kitab : Al-Qur’an ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa, yaitu mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka.’

‘Dan mereka yang beriman kepada Al-Qur’an yang diturunkan kepadamu dan kitab kitab yang telah diturunkan sebelum kau. Dan mereka yakin akan adanya akhirat.’

‘Merekalah yang mendapatkan petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itu pulalah orang orang yang beruntung.’

 

6.) Setelah membaca surah di atas, lanjutkan dengan membaca Ayat Kursi.

 

7.) Kemudian lanjutkan dengan membaca bacaan dzikir dan juga shalawat. Bacaan dzikir dan shalawat ini seperti bacaan yang dibaca pada saat tahlil.

 

8.) Barulah setelah itu kita akan membaca doa ziarah kubur seperti yang ada di bawah ini :

‘Allahummaghfirlahu war hamhu…. wa ‘aafihii…. wa’fu anhu…. wa akrim nuzuulahu wawassi’ madholahu….. waghsilhu bil maa’i watssalji walbaradi…. wa naqqihi…. minaddzzunubi wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu minad danasì.

Wabdilhu daaran khairan min daarihi wa zaujan khairan min zaujihi… Wa adkhilhul jannata… wa aidzhu min adzabil qabri… wa min adzabinnaari wafsah lahu fi qabrihi wa nawwir lahu fihi.’

 

Nah, jadi sekarang sudah tahu kan Contoh Bacaan Doa Ziarah Kubur beserta dengan tata caranya.

 

Kabar Berita Lainnya :