Dewa Kipas Biodata – Kalah Telak 0-3 dari GM Irene Sukandar

Posted on

Dewa Kipas Biodata

Inibiodata.com – Dewa Kipas adalah julukan dari Dadang Subur yang namanya mendadak viral setelah mengalahkan seorang pecatur Chess.com yakni Levy Rozman.

Levy yang sering dijuluko dengan Gothamchess ini menyandang gelar Master Internasional.

Akibat hal ini, banyak orang yang menuduh Dewa Kipas melakukan kecurangan sehingga akun milinya pun diblokir oleh chess.com sehingga kisahnya terangkat ke publik dan menjadi perbincangan di internet.

Hal ini membuat Dadang Subur diminta untuk melakukan pertandingan ulang, hingga akhirnya pertandingan pun dijadwalkan pada 22 Maret 2021. Pertandingan ini sendiri diprakarsai oleh Master Deddy Corbuzier.

Mentalis ini pun menyiarkan pertandingan ulang tersebut di akun YouTube resminya dengan hadiah total sebesar Rp 300 juta.

Dalam pertandingan ulang ini, Dewa Kipas akan menghadapi GM Irene Kharisma Sukandar dan merupakan Grand Master Indonesia.

 

Biodata Dewa Kipas dan Fakta Menariknya

1.) Merupakan Pensiunan BUMN

Nama asli dari Dewa Kipas adalah Dadang Subur dan merupakan pensiunan dari BUMN, beliau pun juga bukan seorang pecatur profesional.

Hal ini diungkapkan oleh pria 60 tahun yang mengaku jika beliau tidak pernah bermain catur secara profesional, hanya iseng saja.

Sehingga sekarang beliau hanya ingin tetap fokus pada pekerjaannya saja dan bermain catur hanya digunakan untuk mengisi waktu luang. Beliau pun mengaku segan jika harus bertanding dengan pemain catur profesional karena merasa jika skillnya masih sangat jauh di bawah mereka.

Pria yang juga merupakan atlet Pencak Silat ini sehari-hari bekerja sebagai pedagang pakan burung dan kini tinggal di Gang Iming.

 

2.) Asal Usul Julukan Dewa Kipas

Rupanya julukannya tersebut tidak datang begitu saja, karena nama ini diberikan padanya sebab keahliannya dalam memainkan tenis meja dan membawa beliau kerap meraih juara.

Namun hobinya dalam bermain catur dimulai sejak di bangku SMP, dan beliau juga sering bergabung dengan Percasi ketika pindah ke Singkawang.

Sehingga tak heran jika banyak temannya berprofesi sebagai pemain catur profesional, beliau bahkan mengaku banyak belajar dari pecatur profesional GM Utut Adianto dan GM Susanto Megantoro yang juga disebut sebagai gurunya dalam bermain catur.

 

3.) Diblokir Chess.com dan Kemenangannya Dianggap Curang

Namanya menjadi perbincangan setelah berhasil mengalahkan Levy Rozman yang merupakan Grand Master Internasional di sebuah platform Chess.com.

Namun rupanya kemenangan beliau dianggap curang dan diragukan mengingat beliau yang bukan siapa siapa.

Masalah ini pun berbuntut pemblokiran dari Chess.com pada akunnya sehingga tidak bisa lagi diakses.

Dadang Subur pun mengaku jika dirinya memang berada pada level di bawah Levy namun saat melakukan pertandinga, Levy yang melakukan blunder dimanfaatkan oleh Dadang sehingga beliau mampu memenangkan pertandingan.

Tapi penjelasan ini seperti diragukan oleh Levy dan banyak pihak, Dadang telah dianggap telah melakukan kecurangan pada saat bertanding bersamanya.

Setelah diblokir oleh pihak Chess.com, Dadang pun mengaku tidak akan kapok bermain catur dan akan tetap bermain catur.

 

4.) Mendapatkan Poling Tertinggi dari Netizen Indonesia

Seperti yang kita ketahui jika pertandingan ulang Dewa Kipas setelah dianggap curang oleh lawan yang dikalahkannya yakni Levy Rozman. Pertandingan ulang ini pun disiarkan di YouTube Deddy Corbuzier yang berperan sebagai Inisiator.

Pada pertandingan ulang ini, Dadang akan melawan GM Irene Kharisma Sukandar dan sebelum melangsungkan pertandingan pada Senin 22 Maret 2021 ini Master Deddy pun membuat poling di internet untuk melihat siapa jagoan Netizen Indonesia.

Tak disangka, Dadang mendapatkan poling paling banyak dari Netizen Indonesia dan dianggap akan memenangkan duel.

Poling dilakukan di YouTube Deddy Corbuzier dengan perolehan 357 ribu suara yang atau 79 persen dibandingkan dengan Iren yang hanya mendapatkan poling 21 persen.

Padahal Irene sendiri merupakan atlet profesional catur namun justru mendapatkan poling yang cukup berbeda jauh. Meski begitu hasil tersebut sempat diragukan oleh Master Deddy dan keraguan tersebut akhirnya terbukti.

 

5.) Dewa Kipas Takluk 0-3 Lawan GM Irene

Melalui pertandingan adil yang disiarkan di YouTube Deddy Corbuzier, Dewa Kipas akhirnya bertekuk lutut di tangan GM Irene. Dadang bahkan tidak memberikan perlawanan yang berarti sehingga tak bisa memukul balik GM Irene dengan kemenangan 3-0 dan pertandingan pun tidak dilanjukan pada babak ke empat.

Kemenangan ini sekaligus membuat Levy Rozman semakin yakin jika Dadang telah melakukan kecurangan sebelumnya saat melawan dirinya. Dan pertandingan ini menjadi salah satu pembuktian.

Dalam cuitannya, Levy mengaku lega setelah melihat hasil pertandingannya, meski juga masih merasa kecewa.

Terlebih beberapa waktu belakangan sosial medianya diserang oleh netizen Indonesia yang mendukung Dadang. Sehingga dirinya merasa sanga tertekan, namun dengan pertandingan ulang ini membuat Levy mampu membuktikan jika Dadang memang berada di bawah GM Irene.

Sehingga logikanya bagaimana mungkin Dadang yang tidak mampu berkutik dengan Irene dapat mengalahkannya dalam pertandingan yang berlangsung di Chess.com. Berdasarkan hal ini Levy menjadi yakin jika Dadang melakukan kecurangan.

Namun meski begitu melalui pertandingan ini Dadang alias Dewa Kipas tetap mendapatkan keuntungan.

Namanya menjadi terangkat ke publik dan Levy menyesalkan jika Dadang tidak akan pernah mengakui kesalahannya.

 

Dalam pertandingan tersebut pun Dewa Kipas mengantongi hadiah uang tunai yang sudah disiapkan oleh Master Deddy yakni sebesar 100 juta untuk Dadang. Dan 200 juta diberikan oleh GM Irene selaku pemenang.

 

Baca Berita Lainnya :