Daft Punk – Duo Elektronik Legendaris Bubar Setelah 28 Tahun Berkarier

Posted on

Daft Punk Bubar

Inibiodata.com – Daft Punk merupakan duo musisi dance yang berasal dari Perancis mengumumkan pembubarannya setelah 28 tahun berkarier di industri musik. Pengumuman ini dirilis pada video YouTube mereka yang berdurasi 7 menit 57 detik.

Diunggah pada 22 Februari 2021, video yang berjudul Epilogue ini mengumumkan kabar yang cukup mengejutkan. Pasalnya setelah 28 tahun bersama, duo yang terkenal dengan penampilan ikoniknya yang selalu mengenakan helm robot ini harus menyudahi karier musik mereka.

Di dalam video tersebut Thomas Bangalter dan Guy-Manuel de Homen-Christo terlihat berjalan di sebuah gurun dan pastinya menggunakan helm robot andalan mereka dan dibalut dengan jaket kulit.

Lalu pada suatu titik tertentu salah satu dari mereka berhenti berjalan dan kemudian memperlihatkan detonator yang dipasang di pungkungnya. Anggota yang lain memencet detonator tersebut hingga membuat robot berwarna silver itu berjalan menjauh lalu meledak hingga hancur berkeping-keping.

Pada Senin 22 Februari 2021  Kathryn Frazier yang merupakan juru bicara dari Daft Punk memberikan konfirmasi resminya perihal berakhirnya karier musik duo fenomenal tersebut.

Namun dia tidak menyebutkan alasan mengapa duo ini memutuskan bubar setelah 28 tahun bersama.

 

Dibentuk Sejak Tahun 1993

Daft Punk dibentuk sejak tahun 1993 di Paris, Perancis dengan membawa skena underground house Perancis menjadi lebih dikenal publik dunia. Melalui hitsnya seperti “One More Time”, “Da Funk”, dan “Around The World” duo nyentrik ini mulai dikenal oleh dunia.

Bahkan album debut mereka yang bertajuk Homework dianggap sebagai salah satu ujung tombak skena musik dance pada masa itu. Pada tahun 2013 mereka berkolaborasi dengan Pharrell Williams dan Nile Rodgers dalam lagu bergenre retro-disko “Get Lucky”.

Lagu ini pun menjadi salah satu hits dunia yang tak mudah dilupakan hingga sekarang. Masuk dalam album Random Access Memories lagu tersebut membawa Daft Punk memenangkan kategori Album of The Year Grammy Award 2014.

Meski pada tahun 2016 mereka kembali berkolaborasi dengan The Weeknd, namun mereka belum bisa kembali ke posisi puncak mereka seperti di tahun sebelumnya.

 

 

Sejarah Nama Daft Punk

Thomas Bangalter dan Guy-Manuel de Homem-Christo bertemu saat bersekolah di sekolah yang sama di Kota Paris dan mulai bermain musik bersama Laurent Brancowitz.

Mereka bertiga akhirnya mendirikan grup bernama Darlin’ di tahun 1992 dan merilis beberapa lagu bergenre rock pada album kompilasi Inggris berjudul Shimmies In Super 8 di tahun 1993.

Namun album mereka disebut sebagai a daft punky thrash oleh Melody Maker yang merilis album tersebut. Sehingga memberikan inspirasi pada mereka untuk menggunakan nama Daft Punk.

Brancowitz memilih untuk hengkak dan bergabung dengan band indie Phoenix setelah perilisan album Darlin’. Sehingga Bangalter dan de Homem-Christo meneruskan perjalanan hanya berdua dengan duo Daft Punk.

 

 

Perjalanan Karier

The New Wave merupakan album duo pertama mereka yang dirilis pada tahun 1994. Setahun setelahnya mereka pun merilis lagu berjudul Da Funk yang menjadi hits dan melambungkan nama mereka.

Single ini bahkan menembus Top 10 chart musik Inggris bersama dengan single lain berjudul Around the World.

Penampilan mereka memang sangat mudah dikenali dengan gaya yang nyentrik dan aneh. Sejak tahun 2001 mereka bahkan menggunakan helm robot pada album keduanya berjudul  Discovery yang akhirnya menjadi ciri khas mereka.

Pada album berikutnya yang rilis di tahun 2005 berjudul  Human After All dan tampil secara live di festival musik Coachella pada 2006 masih dengan helm kebanggaan mereka.

Bahkan penampilan mereka di Coachella menjadi salah satu live terbaik yang pernah ada dengan menggunakan konsep piramid raksasa di tengah pertunjukan.

Penampilan mereka di Coachella membuat mereka memulai tour dunia di tahun 2007 berbarengan dengan album live kedua berjudul Alive di tahun yang sama.

Salah satu lagu hits nya di dunia yang masih diingat hingga sekarang adalah “Get Lucky” yang berkolaborasi dengan Pharrell Williams dan Nile Rodgers yang dirilis pada tahun 2012. Single ini termasuk dalam album Random Access Memories yang sangat hits di tahun itu.

Sedangkan pada tahun 2016 mereka kembali memproduksi single bersama dengan The Weeknd yang merilis album berjudul Starboy dan berhasil menduduki peringkat satu di Amerika Serikat.

Duo ini pun sempat diajak berkolaborasi oleh Kanye West dalam album Harder, Better, Faster, Stronger untuk single “Stronger”.

Hingga akhirnya Kanye West mengajak mereka memproduksi sebuh album berjudul Yeezus di tahun 2013 dengan mengisi empat lagu.

 

 

Penghargaan Selama Karier

Daft Punk pernah dinobatkan sebagai salah satu musisi dengan nomasi terbanyak di Grammy, mereka pernah mendapatkan 12 nominasi dengan enam penghargaan yang berhasil dibawa pulang.

Empat kemenangan diraih di tahun 2013 pada album Random Access Memories dengan single hits mereka “Get Lucky”. Mereka juga memenangi kategori Record of the Year dan Album of the Year.

Pada tahun 2006 mereka terlibat dalam sejumlah proyek film yang mana mereka ikut menulis script film dan menyutradarai sebuah film bergenre sci-fi yang berjudul Electroma.

Film ini berkisah mengenai dua robot yang menyamar sebagai manusia dan film ini ditayangkan di bagian  Director’s Fortnight di festival film Cannes.

Selain membuat film mereka pun juga ikut dalam proyek pembuatan film anime berjudul Interstella 5555. Mereka juga sempat mengisi dan membuat soundtrack untuk film Tron: Legacy yang rilis tahun 2010.

Bahkan mereka berdua muncul sebagai cameo di dalam film tersebut loh.

Penyelusuran terkait yang sering dicari penggemarnya :

daft punk break up
daft punk epilogue
daft punk split
did daft punk break up
daft punk news
daft punk split up
why did daft punk break up
what happened to daft punk
bobby shmurda
touch daft punk
daft punk members
daft punk super bowl
daft punk unmasked
did daft punk die
what does daft punk look like
why did daft punk split
daft punk wiki
daft punk without masks
who are daft punk
daft punk retired
why is daft punk splitting up
what happened to daft punk 2021
daft punj
daft punk breakup
daft punk faces

 

Kabar bubarnya Daft Punk setelah 28 tahun berkarier pastinya cukup membuat fansnya kaget. Sama seperti mimin yang sangat menyukai karya karya mereka. Apakah sobat bio juga ada yang suka dengan musik mereka?

 

Berita Lainnya :