Cara Cek BLT Dana Desa Online

Posted on

Cara Cek BLT Dana Desa Online

Inibiodata.com – Cara cek BLT Dana Desa Online berikut bisa sobat bio gunakan untuk mengetahui apakah bantuan langsung tunai tersebut sudah keluar dan dapat diambil. Pada tahun 2021 ini, Pemerintah kembali melanjutkan program bantuan sosial bagi masyarakat.

Bantuan ini berupa uang tuna yang diberikan secara langsung atau disebut dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang diberikan untuk periode tahun 2021 ini. Ya, program ini merupakan lanjutan dari program yang sama yang diberikan oleh Pemerintah pada tahun 2020 lalu.

Program ini diberikan untuk meringankan beban masyarakat terkait Pandemi Covid 19 yang masih terjadi hingga sekarang.

Melalui Twitter resmi dari Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan PMK ini menyebutkan jika BLT Dana Desa akan menjasi salah satu bantuan sosial yang akan tetap dilanjutkan di tahun 2021 ini.

Hal ini pastinya dilakukan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi dampak dari Pandemi COVID-19 yang hingga saat ini masih bisa dirasakan.

Bantuan ini bertujuan untuk memulihkan perekonomian masyarakat, selain itu manfaat dari Dana Desa ini adalah karena bantuan tunai ini bisa diambil secara langsung.

Abdul Halim Iskandar selaku Mendes PDTT (Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) pun telah menyatakan bahwasanya dari proses pendataan yang sudah dilangsungkan oleh para relawan desa lawan COVID-19. Di dapatkan sekitar 8 juta lebih keluarga yang akan mendapatkan bantuan tunai langsung berupa uang ini.

Nah, sekitar 2,5 juta dari jumlah 8 juta penerima bantuan tunai ini merupakan perempuan kepala keluarga atau PEKKA. Karena memang secara teori golongan tersebut harus menerima semua program jaring pengaman sosial yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia.

Sehingga pada bantuan tunai kali golongan PEKKA juga dimasukkan ke dalam golongan penerima bantuan untuk menanggulangi Pandemi COVID-19.

Namun menurut Abdul Halim, kenyataan di lapangan menunjukkan jika hingga sekarang ini proses pendataan yang sudah dilakukan oleh para relawan desa lawan COVID-19 masih dalam tingkat RT. Sehingga PEKKA akhirnya mendapatkan jaring pengaman sosial lewat BLT dana desa yang sudah disiapkan oleh pemerintah.

Selain itu beliau juga menyatakan jika Bantuan Langsung Tunai atau BLT desa akan diberikan secara langsung pada keluarga kurang mampu di desa. Dan bantuan ini akan berupa uang tunai sebesar Rp 300 ribu.

Dana ini diambil dari sumber Dana Desa setempat dan disalurkan pada warga desa yang membutuhkan secara langsung.

Pada tahun 2021 ini, khusus periode ini Pemerintah akan memberikan saluran bantuan secara penuh yang akan berlangsung selama satu tahun selama di tahun 2021 ini.

Dan bantuan akan mulai dialirkan mulai dari Januari hingga Desember 2021.

Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah mengesahkan bantuan tersebut. Dan hal ini pun sudah secara resmi dicantumkan di Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222 PMK 07 2020. Dalam peraturan ini menjelaskan mengenai Pengelolaan Dana Desa.

Dalam pasal 39 PMK juga sudah dinyatakan jika BLT Dana Desa ini akan disalurkan sejak bulan pertama hingga bulan terakhir di tahun 2021. Bantuan yang akan diberikan berupa uang tunai langsung senilai Rp 300 ribu perbulan.

 

Kriteria Utama Penerima BLT Dana Desa 2021

Meski sudah disebutkan apa saja syarat dari penerima BLT Dana Desa 2021, di antaranya adalah keluarga kurang mampu yang berdampak Pandemi COVID-19 hingga golongan Perempuan Kepala Keluarga yang disingkat dengan PEKKA.

Berikut ini adalah kriteria khusus dan paling utama yang akan mendapatkan BLT Dana Desa 2021, di antaranya adalah :

1.) Termasuk dalam kategori keluarga tidak mampu yang tinggal atau berdomisili di Desa yang bersangkutan.

2.) Tidak masuk dalam penerima beberapa program bantuan pemerintah seperti : Program Keluarga Harapan PKH, Kartu Prakerja, Kartu Sembako, Bantuan Sosial Tunai BST dan juga program bantuan sosial pemerintah yang lainnya.

 

Jika sobat bio termasuk dalam kriteria yang sudah disebutkan di atas, maka sobat bisa memeriksa apakah nama sobat masuk dalam daftar penerima BLT Desa Periode 2021 ini. Cara memeriksanya adalah seperti di bawah ini.

 

Cara Cek Penerima BLT Dana Desa 2021

Untuk mengetahui apakah nama sobat bio termasuk dalam penerima BLT Dana Desa Periode 2021 ini, bisa dilakukan dengan cara yang terbilang cukup mudah. Berikut ini caranya :

1.) Masuklah ke situs resmi program BLT Dana Desa 2021 di sid.kemendesa.go.id

2.) Setelah masuk, sobat bio akan langsung berada pada halaman Home, dan di sini akan ada dua pilihan pencarian dana desa.

3.) Pilihlah pencarian dana desa berdasarkan nama desa tempat atau domisili kalian sekarang ini.

4.) Masukkan nama desa pada kolom yang tersedia dan klik enter.

5.) Kemudian akan muncul nama desa dan pilih lah opsi BLT DD di menu yang disediakan.

6.) Nah, daftar penerima BLT Dana Desa pun akan langsung terlihat. Di sana sobat bio bisa memeriksa nama nama penerima Bantuan Langsung Tunai atau BLT Dana Desa. Dan janga lupa untuk memeriksa nama sobat bio, apakah ada di sana atau tidak.

 

Wajib diketahui apabila penerima BLT Dana Desa mungkin saja mengalami perubahan dan karena daftar penerima BLT Dana Desa dilakukan sesuai dengan hasil musyawarah yang dilakukan oleh petugas Desa.

 

Nah, demikian Cara cek BLT Dana Desa Online dengan mudah semoga bermanfaat ya.

 

Baca Artikel Lainnya :