Biografi Ilmuwan Dunia – lengkap dengan profil singkatnya

Posted on

Biografi Ilmuwan Dunia – lengkap dengan profil singkatnya

 

Hai hai sahabat biodata, Tahukah kalian para ilmuwan dunia? Nah,,,, kali ini sahabat biodata akan memberikan info para ilmuwan dunia yang mana berkat mereka kita dapat merasakan manfaatnya sampai saat ini. Siapa sajakah para ilmuwan dunia yang dimaksud tersebut?  Penemuan apa yang membuat merek menjadi ilmuwan dunia? untuk mengetahui lebih lanjutnya silahkan ikuti sahabat biodata sampai selesai.

Biografi para ilmuwan Dunia

1.Albert Einstein

Albert Einstein merupakan seorang pria kelahiran Jerman yang dirinya mengembangkan teori relativitas matematika dan fisika. Albert Einstein lahir pada 14 maret 1879 dari seorang agen penjualan dan seorang insinyur yang bernama Herman Einstein. Mereka pindah ke Munich dmana tempat tersebut merupakan tempat Ayah dan pamannya mendirikan Electrotechniche Fabrik J. Einstein & Cie yang merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi Peralatan listrik.

Albert einstein bersekolah di Sekolah Dasar Khatolik di Munich selama tiga tahun dan kemudian dirinya dipindahkan ke Gimnasium Luitpold, tempat dirinya menepuh pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan SMA  sebelum dirinya meninggalkan kaisar jerman . Kemudian pada tahun 1894, perusahaan herman jacob kalah tender dalam sebuah proyek penerangan listrik dikota Munich. Kekalahan tersebut menyebabkan keluarganya untuk menjual pabrik dan keluarga Eisten pun pindah ke italia , pada saat itu Albert Einstein berusia 15 tahun tetap berada di munich untuk menyelesaikan pendidikannya. Ayah Einstein berharap dirinya untuk mempelajari tentang teknik listrik namun keinginan tersebut berselisih dengan sekolah dan cara metode guru mengajar disekolah.

Kemudian pada akhir 1894, dirinya mengunjungi keluarganya di pavia  dan selama ia disana beliau menyempatkan menulis esai pendek dengan judul Investigasi Ether dalam medan magnet. Albert Einstein memiliki keunggulan di mata pelajaran fisika dan matematika sejak dini,  sehingga dirinya mendapatkan nilai yang lebih tinggi diatas rata rata temen sekelasnya. Einstein yang berhasil membuktikan kebenaran teorema pythagoras  dengan cara membaca dan mempelajari apa yang diberikan oleh guru lesnya dan dirinya juga telah menguasai kalkulus integral dan firerensial.

Kemudian setelah umur dirinya 16 tahun,  dirinya mengikuti ujian masuk politeknik federal namun dirinya gagal karena mendapatkan nilai kecil di pengetahuan umum, akan tetapi dirinya mendapatkan nilai yang sangat tinggi di matematika dan fisika. Albert Einstein melepas kewarga negaraan jerman nya untuk menghindari wajib militer dikarenakan tinggal bersama keluarga Profesor Jost Winteler dan melanjutkan  pendidikannya di perguruan tinggi.

Setelah dirinya lulus dari perguruan tinggi dirinya kemudian mendapat pengakuan sebagai seorang ilmuwan terkemuka dan diangkat sebagai seorang dosen Universitas Bern. Setahun setelah itu Alfred kleiner merekomendasikan einstein sebagai seorang guru besar fakultas fisika teoritis dan dirinya diangkat sebagai profesor muda. Kemudian pada tahun 1913 dirina terpilih sebagai anggotaakademi sains prusia di daerah berlin. Kemudian dirinya juga berpindah kembali berpindah ke kaisaran jerman.

Albert Einstein pun melakukan perjalanan pertama ke luar negeri (New York) pada 2 april 1921 dan dirinya disambut oleh walikota john francis hylan dan dirinya disana memberikan kuliah dan seminar selama tiga minggu. Stelah dari New York dirinya pun menuju asia dan terus melanjukan perjalannya hingga ajal menjemput dirinya.

2. Thomas Alva Edison

thomas alva edison
thomas alva edison

Thomas Alva Edison merupakan seorang lelaki kelahiran Milan, pada tanggal 11 february 1847. Thomas alva edison saat dirinya bersekolah slalu mendapatkan nilai kecil sehingga ibunya memberhentikan dirinya dari sekolah dan memutuskan untuk mengajarkan dirinya dirumah. Saat dirumah Thomas pun gemar membaca buku buku ilmiah dan melakukan percobaan dengan apa yang dirinya dapatkan dari buku tersebut.

Pada saat dirinya berusia 12 tahun, ia sempat berjualan koran, gula gula serta minum di dalam kereta, dan kemudian pada suatu hari dirinya menjadi seorang operator telegraf yang dirinya ditugaskan berpindah pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Kemudian pada saat dirinya di New York dirinya pun diminta untuk menjadi kepala mesin telegraf, yang mana berkat mesin itu orang orang / perusahaan  dapat mengetahui suatu berita.

Kemudian pada 1870 dirinya menemukan sebuah telegraf yang lebih baik lagi yang mana mesin mesin tersebut dapat mencetak pesan pesan diatas pita kertas yang panjang. Kemudian dirinya mendirikan perusahaan sendiri dari hasil uang dari penemuanya tersebut.  Kemudian pada tahun 1874 dirinya pun pindah menuju Menlo Park dan membuat sebuah bengkel ilmiah yang terbesar dan yang paling pertama di dunia.

Setelah dirinya membuat bengkel ilmiah, dirinya pun banyak menemukan penemuan penemuan salah satu penemuan dirinya pada tahun1877 adalah Fonograf. Dan dirinya juga menemukan  lampu listrik dan juga dirinya menemukan sebuah proyektor untuk film film kecil. Kemudian pada tahun 1881 dirinya mulai memasang lampu lampu jalan dan rumah rumah sejauh 1 km dari kota New York, Dan kemudian dirinya mendirikan perusahaan General Electrik.Edison  dipandang sebagai salah seorang pencipta yang paling produktif pada masanya yang memegang rekor 1.093 yang paten atas namanya. Thomas Alva Edison akhirnya meninggal duni yang diakibatkan oleh komplikasi Diabetes pada tahun 1931 18 oktober .

3.Sir Isaac Newton

isaac newton
isaac newton

Isaac Newton seseorang yang terlahir di Woolsthorpe-by-Colsterworth pada 4 januari 1643. Dirinya sudah ditinggalkan ayahnya sejak tiga bulan sebelum kelahiran dirinya. Pada saat newton dilahirkan ibunya mengandung belum mencukupi 9 bulan karena itu newton dilahirkan secara premature.

Sejak umur dirinya 12 sampai 17 tahun dirinya pun mengemban pendidikan di sekolah The King’s School yang terletak di Grantham, yang mana pada saat itu newton dikeluarkan ibunya dari sekolah dengan alasan biar menjadi seorang petani saja. Tetapi kepala sekolah meyakinkan ibunya agar newton dapat menamatkan pendidikannya. Setelah tamat beliau melanjutkan pendidikannya  ke Universitas Cambridge  sebagai seorang sizar.

Setelah dirinya lulus dan mendapatkan gelarnya, banyak ahli sejarah mengatakan newton dan leibniz mengembangkan kakulus secara pisah pisah dengan menggunakan notasi matematika yang berbeda pula. kemudian pada perselisihan anatara keduanya pun terjadi dan banyak anggota royal society menuduh  leibniz sebagai seorang penjiplak dan newton diumumkan sebagai penemu teorema binomial.

Selanjutnya pada tahun 1670an dirinya mulai mengajar bidang optika  dirinya mengentivigasi refraksi sebuah cahaya. Dirinya membuktikan bahwa cahaya berwarna tidak mengubah sifat cahayanya. Dari usahanya tersebut Newton menyimpulkan sebuah lensa teleskop refraksi akan mengalami sebuah gangguan akibat dispersi akibat cahaya yang berbagi warna.

Kemudian pada tahun 1704 beliau menerbitkan optick yang dipakai untuk menguraikan teori korpuskular secara terperinci tentang cahaya.  Tidak berhenti disitu saja Isaac Newton kembali mengerjakan mekanika benda langit, yaitu gravitasi, dan efeknya terhadap planet.  Sekitar tahun 1690 isac newton menulis sbuah risalah keagamaan yang membahas tentang penafsiran sebuah alkitab. Newton juga merupakan anggota parlemen yang menurut beberapa laporan dirinya memiliki komentar keluhan tentang aliran udara dingi dalam ruang.

Kemudian Isaac Newton pindah menuju london dengan memegang posisi pengawas percetakan uang logam kerajaan pada tahun 1696. Dirinya juga mendapat tugas menjadi deputi pengawas cabang.  Isaac Newton pun menjadi empu percetakan uang logam dan dirinya pensiun dari cambridge. Kemudian dirinya dilantik dan diangkat menjadi Ksatria saat berkunjung ke cambridge oleh Ratu Anne. Dan pada akhirnya newton meninggal dunia bersama ponakan perempuan dan suaminya i daerah Cranbury Park pada tahun 1727.

 

4.Charles Darwin

charles darwin
charles darwin

Charles Darwin seorang lelaki yang lahir di daerah shresbury pada tanggal 12 february 1809 dari keluarga yang terpandang.  Dirinya ditinggalkan ibu kandungnya saat dirinya masih berusia yang sangat belia sekiitar umur 8 tahun. Setelah dirinya lulus SMA dirinya melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi di Universitas Edinburg bersama dengan adiknya dengan mengambil jurusan teologi. Ayahnya berharap Charles Darwin dapat mengikuti jejak dirinya yang menjadi seorang Dokter, akan tetapi Charles Darwin melihat darah saja tidak berani dan ingin muntah.

Setelah dirinya lulus dari  Edinburg dan mendapatkan gelar sarjana seni, profesor botani merekomendasikan dirinya menjadi naturalis dalam sebuah pelayaran HMS Beagle, kapal tersebut akan mengelilingi dunia selama lima tahun yang akan datang. Dari kesempatan itulah dirinya menjadi naturalis muda yang sedang bersemi.

Selama perjalanan terebut charles Darwin mengumpulkan dan mengoleksi beberapa jenis spesies seperti tanaman, burung dan juga fosil. Dan dalam perjalanan kembali ke inggris Charles Darwin menuliskan penemuannya tersebut pada sebuah journal of Researcher. Pelayaran tersebut mempengaruhi pandangan nya terhadap sejarah alam yang sangat indah dan banyak kenanganya. Kemudian dirinya mengembangkan teori Revolusioner yang didalamnya berisikan tentang asal usul mahluk hidup.

Kemudian dirinya memiliki kekhawatiran tentang penerimaan publik atas gagasan dirinya yang sangat radikal dan dirinya tidak menyajikan teori evolusi ketika dirinya membuat pengumuman bersama naturalis Inggris Alfred Russel Wallace. Kemudian pada tahun berikutnya dirinya menerbitkan karyanya dan Charles Darwin mempelajari hewan dari sisi luarnya namun dirinya juga memakan nya. Kemudian pada maret 1882 dirinya mengalami kejang kejang dan meninggal dunia karena serangan jantung pada tahun 1882 tanggal 19 april.

Profil Singkat Para Imuwan

1.Albert Einstein

Albert einstein merupakan seorang ilmuwan fisikawan teoritis yang dilahirkan di jerman dengan mengembangkan teori relativitas satu / dua pilar fisika modern dan karya karya dirinya sangat berpengaruh dan berguna untuk kita saat ini.

2.Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison merupakan seorang ilmuwan yang menemukan sebuah mesin  telegraf yang mana mesin tersebut dapat memberi tahukan informasi kepada semua orang atau perusahaan. Dirinya juga menemukan lampu listrik sehingga dirinya mendirikan perusahaan General Electric. Dirinya dipandang seorang pencipta paling produktif pada masanya dan memegang 1.093 rekor.

3.Sir Isaac Newton

Isaac Newton merupakan seseorang fisikawan, Ahli astronomi, matematikawan, filsuf alam, teolog dan alkimiawan yang berasal dari inggris.  Dirinya merupakan pengikut aliran heliosentris dan dirinya merupakan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah.

4.Charles Darwin

Charles Darwin merupakan seorang naturalis dan ahli geologi dan yang dikenal untuk kontribusinya kepada teori evolusi. Dirinya juga melakukan pelayaran dan dirinya membuat karya ilmiah dirinya mengumpulkan beberapa spesies untuk menjadi bahan penelitiannya dan juga dimakannya.

 

Terimakasih telah mengikuti sahabat biodata sampai selesai mengenai para ilmuwan dunia, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Penting bagi kita semua untuk mengetahui sejarah sejarah ilmuwan dunia, dimana apa ang mereka temukan dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa ikuti terus perjalanan sahabat biodata yang mana sahabat biodata akan memberikan berita berita terupdate setiap harinya.

 

Artikel lainnya