Biodata dan profil La Nyalla – lengkap dengan biografi, fakta menarik lainnya

Posted on

Biodata dan profil La Nyalla – lengkap dengan biografi, fakta menarik lainnya

Mungkin untuk sebagian orang nama La Nyalla sudah tidak asing lagi untuk didengar, Sosok Lelaki pemberani yang bernama lengkap La Nyalla Mahmud Mattalitti selain Ketua DPD RI, ia juga merupkan pengusaha yang terbilang sukses. Untuk lebih dalamnya lagi sahabat biodata akan mengupas tuntas tentang Biodata dan profil La Nyalla lengkap dengan biografi dan fakta menarik lainnya. yuk kita simak keterangannya dibawah ini :

La Nyalla
La Nyalla

Biodata dan Profil La Nyalla

La Nyalla Mattalitti adalah seorang sosok laki laki pemberani  yang dilahirkan 60 tahun lalu di jakarta, tepatnya 10 mei 1959 .La Nyalla Mattalitti adalah seorang ketua umum PSSI-KPSI dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2016 setelah jabatan kepemimpinan Djohar arifin Husin yang berakhir pada tanggal 18 maret 2012.

Nama La Nyalla kembali menjadi perbincangan public, setelah dirinya resmi dilantik menjadi Ketua Dewan Perwakilan Daerah atau disebut DPD RI untuk masa jabatan 2019 sampai dengan 2024. Dirinya telah ditetapkan menjadi ketua DPD, setelah sebelumnya melalui tahapan  voting yang dihadiri oleh 134 anggota DPD lainnya. Dari hasil voling yang telah diselenggarakan ternyata La Nyalla mendapatkan dukungan terbanyak sebesar 47 suara mengungguli tiga lawannya yaitu Mahyudin Sultan Bachtiar, Nono Sampono.

mewarisi darah seorang Dosen dan mantan Pembantu Dekan Fakultas Hukum Universitas Airlangga ( Ayah ) juga mengalir darah seorang saudagar keturunan dari seorang Haji Mattalitti ( Kakek ),ditanah Makasar tak bisa dipungkiri silsilah keturunan tersebut memang membawa pengaruh tersendiri terhadap tumbuh kembangnya kebesaran Nama seorang La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Sejak kecil, La Nyalla Mahmud Mattalitti telah memiliki sifat bebal dan pemberani sampai sampai orang tua dari la Nyala Mahmud Mattalitti menentang La Nyala yang sering membuat onar atau kerusuhan di tempat tinggalnya sendiri, sampai sampai dia dimasukkan ayahanda nya ke pondok pesantren yang berada di bekasi,tetapi tidak berhasil membuat La nyala jera.

kisah nekat seorang pengusaha ini yang diawali dengan membuat pameran kreativitas anak anak pada tahun 1989, akan tetapi  acara tersebut gagal total. sehingga sponsor pun rugi besar yang menyebabkan La Nyala membayar kerugian tersebut Rp 250.000 untuk mencapai Rp 180.000.000.

Namun, hal tersebut tidak serta merta membuat seorang la Nyalla menyerah begitu saja, dengan keberanian beliau kembali menghimpun bantuan dari maspion yang berjumlah Rp 5.000.000 dan kembali mengadakan pameran dengan uang tersebut dan berhasil. Yang kemudian menjadi landasan awal dari surabaya exspo yang sampai tahun 2001 diselenggarakan setiap tahunnya. Hal inilah yang memperkuat namanya sebagai seorang pengusaha yang kemudian beliau tekuni dan aktif sebagai kadin (Kepala Kamar Dagang dan Industri Indonesia) di provinsi jawa timur.

Biografi La Nyalla

  • Nama Lahir            : La Nyalla Mahmud Mattalitti
  • Nama panggilan    : La Nyalla
  • Kota Kelahiran      : jakarta
  • Tanggal Lahir         : 10 Mei 1959
  • Bintang                    : Taurus
  • Alamat                     : Jakarta
  • Lulusan/ Alumni   : Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Instagram               : @lanyallamm1
  • Facebook                 : La Nyalla M. Mattalitti
  • Twitter                     : @LaNyallaMM1

 

Riwayat Pekerjaan                 :

1. Manager PT Air Langgatama Nusantara Sakti

2. Komisioner PT Air Langga Media Cakra Nusantara

3. Komisioner PT Pelabuhan Jatim Satu

 

Riwayat Organisasi                 :

1. Ketua Umum MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur

2. Bendahara GM Kosgoro Jawa Timur

3. Bendahara Dewan Perwakilan Daerah ( DPD ) KNPI Jawa Timur

4. Ketua HIPMI Jawa Timur

5. Deputi bendarhara DPD golkar jawa timur

6. Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) partai patriot pancasila jawa timur

7.Kepala cabang partai patriot

8. Ketua DPW Assosiasi konsultan indonesia (ASKONI) jawa timur

9. Kepala GAPEKNAS

10.Kepala Asosiasi Tenaga ahli konstruksi indonesia (ATAKI)

11. Kepala kamar dagang dan industri indonesia (KADIN) jawa timr

12. Wakil ketua komite olahraga nasional indonesi (KONI) jawa timur

13. Ketua pengprov PSSi jawa timur

14.Anggota komite eksecutif PSSI

15. Ketua umum PSSI ( versi KPSI)

16. wakil ketua umum PSSI

17. Ketua umum PSSI

18. Anggota istimewa partai Bulan Bintang.

Fakta Menarik Lainnya

kepopuleran nama la Nyalla dijawa timur ini kian memuncak bahkan aktif mengikuti organisasi kepemudaan dan kepartaian, sehingga ia pernah menjadi ketua DPW partai patriot dan ketua MPW pemuda pancasila di jawa timur. Dan pada tahun 2010 ia terjun ke bidang olahraga yang menjadi wakil ketua Komisi Olahraga nasional Indonesia (KONI), dan 2011 beliau menjadi ketua PSSI jawa timur.

setelah PSSI dan KPSI bersatu La Nyalla diminta sebagai wakil ketua umum PSSI 2013 sampai tahun 2015, sepak terjang nya di PSSI membuat namnya semakin melambung dalam kurun waktu kurang lebih 2 tahun.dia  dipercaya untuk menjadi ketua umum PSSI. Walaupun pada akhirnya tidak mendapat restu dari kemenpora yang berakhir menjadi satu permasalhan baru dalam tubuh PSSI dan pemerintah.

Di tengah konflik tersebut, La Nyalla terjerat  kasus korupsi ia mengalihkan penyelewengan dana hibah pemerintahjawa timur pada tahun 2011 sampai dengan tahun 2014 saat beliau menjadi ketua kadin dan menjadi tersangka tetapi majelis hakim memvonis bebas La Nyalla pada 27 desember 2016.Pada tahun 2018 la Nyalla menjadi sorotan kembali, ia terlibat konflik dengan partai gerindra atas isu mahar politik sebesar Rp 40 Miliar.

 

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Profil dan biografi seorang La Nyalla Mahmud Mattalitti, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang tokoh tokoh yang ada di negeri tercinta ini. Terimakasih dan tunggu artikel selanjutnya yang tak kalah menariknya dengan artikel sebelumnya.

Artikel Lainnya :