Biodata dan Biografi Susunan Dirut Bank BUMN Yang Baru

Posted on

Biodata dan Biografi Susunan Dirut Bank BUMN Yang Baru

Pada saat Sunarso kembali ke PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dari jabatan sebelumnya yakni sebagai Dirut PT Pegadaian (Persero) yang hanya disandangnya selama satu tahun, memang sosok ini digadang gadang memiliki kans besar untuk memimpin bank dengan asset terbesar di Indonesia ini, berikut adalah biodata dan Biografi susunan Dirut Bank BUMN yang baru.

Biodata Sunarso

Pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BRI yang digelar pada Senin 2 September sore kemarin, nama Sunarso telah secara resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama dari Bank BRI, untuk menggantikan Suprajanarto yang sebelumnya ditunjuk untuk menjadi Dirut PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BBTN) akan tetapi secara resmi telah memutuskan untuk mengundurkan diri.

Sebelumnya Sunarso telah ditunjuk oleh Kementrian BUMN agar menjadi Plt atau Pelaksana Tugas Dirut Bank BRI sementara waktu sambil menunggu definitive posisi direktur utama di dalam RUPSLB yang diselenggarakan kemarin.

Bank yang paling menguntungkan di Indonesia ini bahkan mampu mencatatkan total asset sebesar Rp 1.228,19 triliun pada akhir Juni 2019 kemarin. Membahas pengangkatannya sebagai Dirut BRI berikut ini adalah sosok dari seorang Sunarso.

Pria kelahiran 7 November 1963 ini sebenarnya pernah menjabat sebagai Wadirut BRI hingga akhirnya secara resmi dipilih untuk menjadi Dirut BRI pada 2 September 2019 kemarin. Sunarso sendiri adalah banker yang memulai kariernya di Bank Dagang Negara atau BDN, setelah BDN demerger dan berganti nama menjadi Bank Mandiri, Sunarso melanjutkan kariernya di sini dan menjadi banker yang memiliki banyak sekali prestasi.

Baca Juga :  Biodata dan Profil Rita Widyasari (Bupati Kukar) Terlengkap Plus Fakta Lainnya

Salah satu prestasi terbaiknya adalah dengan berhasil menyususn skema pembiayaan pada sektor kelapa sawit. Di tahun 2010, pemegang saham Bank Mandiri telah memberikan mandate Sunarso untuk menjadi direksi Bank Mandiri sehingga membuatnya berhasil menduduki jabatan sebagai dierektur Commersial & Business Banking selama 5 tahun.

Di tahun 2015, Kementrian BUMN memberikan mandate untuk Sunarso dan menunjuknya sebagai Wakil Direktur Utama BRI dan kala itu dirinya mendampingin Asmawi Syam yang ditunjuk sebagai direktur utama BRI.

Meski begitu dirinya tak tuntas menjalankan amanat sebagai Wakil Dirut BRI karena hanya 2 tahun menjabat pada Oktober 2017 dirinya ditunjuk sebagai Direktur Utama Pegadaian oleh Kementrian BUMN.

Akan tetapi rupanya hanya satu tahun menjabat sebagai Dirut Pegadaian, karena pada 3 Januari 2019 RUPSLB BRI menunjuk Sunarso untuk menjadi Wakil Dirut BRI hingga akhirnya pada 2 September 2019 kemarin Sunarso telah resmi diangkat sebagai Dirut BRI.

Biografi Sunarso

Sunarso pernah menempuh Pendidikan S1 di Institur Pertanian Bogor atau IPB dan mengambil jurusan Agronomi yang sebenarnya tidak memiliki keterkaitan sama sekali dengan dunia perbankan, namun nama Sunarso masuk ke dalam jajaran Bankir yang cukup memiliki pengaruh besar terhadap Indonesia.

Setelah menyelesaikan S1 nya, Sunarso kemudian melanjutkan pendidikan S2 nya di Universitas Indonesia atau UI dan mengambil jurusan Administrasi Bisnis.

Sebelum namanya dikenal sebaga Wakil Dirut hingga menjabat sebagai Dirut BRI, Sunarso telah lebih dulu mengawali karier sebagai Bankir dan menjadi Direktur Commercial & Business Banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sejak tahun 2010 hingga tahun 2015.

Hingga kemudian dirinya keluar dari jajaran Direksi Bank Mandiri dikarenakan Sunarso ditunjuk untuk menjabat sebagai Wakil Direktur Utama BRI pada 2015 lalu. Hingga pada tahun 2017 dirinya kembali keluar dari jabatan tersebut karena ditunjuk untuk menjadi Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), yang dijalankannya hingga awal 2019.

Baca Juga :  Egg Boy - kisah keberaniannya Kepruk telur kesenator Australia

Sunarso kembali lagi ke BRI setelah diangkat menjadi Wakil Dirut BRI pada awal tahun 2019 hingga akhirnya Sunarso naik jabatan menjadi Direktur Utama BRI, dikarenakan penolakan dari kandidat sebelumnya yakni Suprajarto yang akhirnya menundurkan diri.

Sunarso akhirnya resmi menjabat sebagai Direktur Utama BRI sejak 2 September 2019 kemarin. Semoga dengan pengangkatannya ini dapat membawa salah satu Bank BUMN Indonesia ini semakin maju dan menunjukkan prestasi yang membanggakan.

Selamat untuk Bapak Sunarso yang telah secara resmi diangkat sebagai Direktur Utama BRI, dan selamat bekerja.

Artikel Lainnya :