Berita Penerimaan CPNS 2019 – Lengkap Dengan Persyaratan dan Formasi

Posted on

Berita Penerimaan CPNS 2019 – Lengkap Dengan Persyaratan dan Formasi

 

cpns 2019
cpns 2019

 

Menjadi seorang PNS ( Pegawai Negeri Sipil ) atau ASN ( Aparatur Sipil Negara ) mungkin merupakan salah satu cita cita bagi sobat baca sekalian, namun untuk mewujudkan mimpi itu memang tidak semudah membalikkan telapak tangan karena harus melewati persyaratan administrasi yang harus lengkap akan data datanya juga mesti melalui tes / evaluasi yang begitu ketat.

Biasanya ihwal perekrutan calon calon PNS / ASN ini dilakukan secara besar besaran dan terbuka, tujuannya adalah untuk pergantian PNS / ASN yang sudah pensiun, selain itu perekrutan secara terbuka ini juga bertujuan agar tidak adanya oknum oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menipu para pencari kerja atau calon calon pendaftar PNS / ASN itu sendiri.

Artikel kami kali ini akan mencoba membahas dan merangkum informasi mengenai penerimaan CPNS tahun 2019 yang beberapa hari ini sudah banyak diberitakan di berbagai staiun TV swasta di tanah air, semoga saja ini bisa membantu sobat baca semua yang ingin mendaftar CPNS yang dibuka secara online melalui link website “ SSCASN BKN “ atau “ SSCASN.BKN.GO.ID “.

Perekrutan CPNS 2019 ini sudah dikonfirmasi oleh Kementrian PAN RB ( Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi ), dan menurut sumber informasinya bahwasa nya pembukaan / pendaftaran secara resmi akan dibuka saat tanggal 11 November 2019 yang akan datang bisa secara online dengan membuat akun masuk ( log in ) nya terlebih dahulu di link web yang kami infokan diatas tadi dan dengan ketentuan untuk satu orang pendaftar hanya diizinkan untuk mendaftar pada satu bidang ( Instansi dan Formasi ) saja.

Tentu saja setelah penerimaan pendaftaran CPNS ini kemudian akan dilakukan SKD ( Seleksi Kompetensi Dasar ) pada February tahun depan ( 2020 ), dan juga perlu diketahui bahwa perekrutan CPNS ini juga memakai CAT ( Computer Assisted Test ) dengan tujuan mengurangi kecurangan saat pendaftaran dan tes nya, lalu dilanjutkan SKB ( Seleksi Kompetensi Bidang ) bulan Maret tahun ( 2020 ) yang akan datang.

Apakah sobat baca sudah ada yang mengetahui apa saja persyaratan yang diperlukan atau akan digunakan untuk pendaftaran CPNS tahun ini, bagi yang belum mengetahui apa saja persyaratannya kami akan berbagi informasinya berikut ini.

 

  • Persyaratan ( Umum ) CPNS 2019

  1. WNI ( Warga Negara Indonesia )
  2. Bukan merupakan Calon Anggota TNI / POLRI atau Calon PNS / PNS
  3. Bukan merupakan Kader / Pengurus / Anggota dari Partai Politik
  4. Belum pernah berhenti ( diberhentikan ) sebagai Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) atau pun Karyawan Swasta
  5. Sehat Rohani dan Jasmani ( Tidak Gila ) dengan Surat Keterangan Dokter yang masih Aktiv
  6. Belum pernah masuk bui ( penjara ) dengan alasan apapun
  7. Tidak pernah memakai NARKOBA dengan jenis apapun dengan surat keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah, Kepolisian, Atau BNN ( Badan Narkotika Nasional )
  8. Memiliki SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian ) yang masih aktiv
  9. Bersedia untuk ditempatkan dimanapun dalam wilayah Negara Republik Indonesia

 

  • Persyaratan ( Khusus ) CPNS 2019

  1. Umur 18 sampai 40 tahun
  2. Mempunyai Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) yang masih aktiv / berlaku
  3. Mempunyai Ijazah kelulusan dengan IPK ( Indeks Prestasi Kumulatif ) Perguruan Tinggi Negeri / Luar Negeri minimal ( 2, 75 ) untuk Perguruan Tinggi ( Swasta ) minimal ( 3,00 )
  4. Mahir berbahasa Inggris dengan spesifikasi hasil test mahir berbahasa Inggris keluaran 2014
  • Nilai minimal 400 untuk EPT
  • Nilai minimal 400 untuk TOEFL Prediction
  • Nilai minimal 500 untuk IELTS
  • Nilai minimal 600 untuk TOEIC

 

  • Persyaratan ( Khusus ) CPNS 2019 untuk Tenaga Kesehatan

  1. Mempunyai STR ( Surat Tanda Registrasi ) dari pihak terkait
  • Silahkan disimak Regulasi terkait nya pada UU 36/2014

Permenkes 46/2013 serta Surat Permen PAN RB KP.01.01/IV/549/2019 tanggal 27 – 05 – 2019

 

Selain itu ada beberapa dokumen data diri kalian yang harus dan wajib disediakan atau dipersiapkan  antara lain adalah :

  1. KTP ( Kartu Tanda Penduduk ) yang masiih berlaku
  2. Ijazah pendidikan terakhir
  3. KK ( Kartu Keluarga )
  4. Transkrip ( Nilai )
  5. Foto diri ( Pas Foto )
  6. Dokumen yang lainnya yang ditentukan oleh instansi yang ingin dilamar

 

cpns 2019.
cpns 2019.

 

  • Formasi CPNS 2019

  1. Kementrian Agama ( 5.815 formasi )
  2. Kejaksaan Agung ( 5.203 formasi )
  3. Kementrian Hukum dan Ham ( 4.598 formasi )
  4. Kementrian Kesehataan ( 2.205 formasi )
  5. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan + Formasi Dikti ( 2.196 formasi )
  6. Sekretariat Mahkamah Agung ( 2.104 formasi )
  7. Kementrian Perhubungan ( 1.244 formasi )

 

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan  tentang penerimaan CPNS tahun 2019, untuk informasi ini jika kalian merasa kurang lengkap kalian bisa mencari informasi dari artikel terkait lainnya yang memuat pemberitaan yang sama atau bisa kalian simak informasi nya pada link website nya ( SSCASN.BKN.GO.ID ).

Harapan kami semoga sedikit informasi dalam Artikel ini akan dapat berguna untuk kalian yang berminat mendaftar menjadi PNS, seminimal mungkin informasi ini dapat membantu anda dalam hal persyaratannya, kami mendoakan semoga kalian dapat diterima bekerja menjadi PNS sesuai bidang yang kalian inginkan.

Tak bosan bosan kami ingatkan agar selalu mengikuti dan membaca artikel kami yang lain yang lebih menarik dan selamat membaca kembali.

 

Artikel Lainnya :