bansos-kemensos-bpnt

Cara Daftar Jadi Penerima Bansos Kemensos BPNT

Posted on

Cara mendaftar sebagai penerima kesejahteraan BPNT Kementerian Sosial sebesar Rp. 200.000, Anda dapat menggunakan aplikasi ini!

bansos-kemensos-bpnt

Cara mendaftar sebagai penerima bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial BPNT Sembako seharga 200.000 RP. Gunakan aplikasi Cek Bansos untuk mendaftar.

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, pemerintah telah melaksanakan program bantuan sosial melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

Sejauh ini program bansos Kemensos masih berjalan dan salah satunya adalah program Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT atau bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak pandemi.

Program bantuan sembako ini berjalan dari tahun 2020 hingga 2021 dengan jumlah Rp 200.000 untuk jutaan Kartu Keluarga (KK) yang terdaftar.

Baca juga: TIPS LENGKAP! 6 aplikasi penyebab hp lama atau hp lama isi ulang plus cara cepat mengatasinya

Masyarakat yang ingin menerima bansos atau bansos dapat mendaftar terlebih dahulu di Data Sosial Terpadu (DTKS) yang dikelola Kementerian Sosial.

Dilansir dari akun Instagram @kemensosri, DTKS berisi tentang data bantuan sosial terpadu, yang meliputi kebutuhan manfaat sosial (PPKS), penerima bantuan dan pemberdayaan sosial serta potensi dan sumber daya untuk kesejahteraan sosial (PSKS).

Data di DTKS memuat 40 persen penduduk berstatus sosial rendah.

Namun, masyarakat yang sudah masuk data DTKS tidak otomatis mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial.

Hal ini karena setiap program bansos memiliki syarat dan mekanismenya masing-masing, yang ditentukan oleh penyelenggara program tergantung pada variabel yang dibutuhkan dan jumlah kontingen yang tersedia.

Ilustrasi Rp. 200.000 BPNT kesejahteraan.
Ilustrasi Rp. 200.000 BPNT kesejahteraan. gratis

Masyarakat yang telah terdaftar di DTKS diusulkan untuk mendapatkan program bansos dan mendapat izin dari pemerintah pusat dan daerah dalam rangka penyaluran bansos.

Bantuan sembako BPNT merupakan salah satu manfaat bansos Kementerian Sosial hingga akhir tahun 2021.

Bantuan ini dibayarkan dengan nilai nominal Rp 200.000 per bulan bagi masyarakat yang terdaftar sebagai penerima di aplikasi Cek Bansos atau Cekbansos.kemensos.go.id.

Untuk mendaftarkan bantuan sembako BPNT, pemerintah kota harus mendaftar ke DTKS Kementerian Sosial sebagaimana diuraikan di atas untuk dapat diusulkan sebagai penerima bantuan sembako BPNT.

Berikut langkah-langkah atau cara daftar DTKS agar bisa mendapatkan bantuan sembako BPNT di aplikasi Cek Bansos:

Download Aplikasi Cek Kesejahteraan

Buat akun atau ID pengguna baru

Masuk dengan ID pengguna yang telah diaktifkan dan diverifikasi oleh administrator Departemen Sosial

Masuk ke menu Umpan Balik Kelayakan

Pilih menu Sarankan

Lengkapi data pemohon untuk menerima bantuan sosial yang disalurkan oleh Kementerian Sosial

Seperti dikutip IndoTrends.Id oleh Berita DIY dalam artikel berjudul Cara Daftar DTKS oleh Dinas Sosial Menjadi Penerima Bantuan Sosial Sembako dan Bantuan Lainnya Melalui Aplikasi, masyarakat dapat mengikuti langkah atau cara di atas untuk mendaftarkan namanya dalam data DTKS.

Setelah mendaftar di DTKS, Kemensos kemudian akan mengusulkan penerimaan program bansos berdasarkan bantuan gizi dasar BPNT yang masih disalurkan, PKH dan BST.

Dengan cara ini Anda dapat mendaftarkan data DTKS Kementerian Sosial sehingga Anda dapat menerima bantuan sembako BPNT sebesar Rp. 200.000, yang akan didistribusikan hingga Desember 2021 di menu “Saran” untuk aplikasi cek kesejahteraan sosial. *** (Nia Sari / Berita DIY)

Sumber :