Anthoine Hubert – Biodata, Biografi, Fakta Kematiannya

Posted on

Anthoine Hubert – Biodata, Biografi, Fakta Kematiannya

Anthoine Hubert merupakan pembalap professional Formula 2 asal Prancis yang merenngut nyawa di usia yang masih terbilang muda yakni 22 tahun. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai Anthoine Hubert mulai dari biodata, biografinya hingga fakta kematiannya.

Biodata dan Biografi Anthoine Hubert

Lahir pada 22 September 1996 merupakan pembalap professional Formula 2 berkebangsaan Prancis yang telah berhasil menyabet juara Seri GP3 2018. Anthoine Hubert mengalami nasib malang pada saat melakoni GP Belgia pada 31 Agustus 2019.

Anthoine Hubert sendiri lahir di Kota Lyon dan memulai menunjukkan kecintaannya pada dunia balap mobil pada saat menekuni karting pada tahun 2006, pada saat itu Anthoine Hubert masih berusia 12 tahun.

Selama menekuni karier balapan mobil, Anthoine Hubert telah berhasil mencapai beberapa prestasi seperti juara dua CIK-FIA Karting Academy Trophy pada 2010, dan juga sempat meraih peringkat ketiga CIK-FIA untuk kelas usia di bawah 18 tahun pada 2011 dan 2012.

Dengan prestasi ini berhasil membawa Anthoine Hubert untuk mulai menyetir mobil formula di tahun 2013 pada saat mengikuti ajang French Formula 4 (F4) dan langsung menjadi juara pada waktu itu.

Namun sayang Anthoine Hubert meninggal dalam kecelakaan pada saat berlaga di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia pada Formula 2 musim 2019 yang berlangsung pada tanggal 31 Agustus 2019.

Anthoine Hubert terlibat dalam insiden kecelakaan serius di lap kedua yang mengakibatkan Anthoine Hubert menabrak dinding pada bagian kurva Radillion pada saat mencoba untuk menghindari pembalap lainnya yakni  Trident Giuliano Alesi, yang pada saat itu berputar di depannya.

Baca Juga :  Dedik Setiawan - Biodata, Biografi, Profil, Berita Terbarunya

Mobil Anthoine Hubert dibelokkan kembali ke jalur pembalap Charouz Juan Manuel Correa, yang kahirnya mengakibatkan keduanya terkibat kecelakaan dengan kecepatan tinggi yang membuat kedua mobil tersebut terbelah. Akibat kecelakaan ini Anthoine Hubert dan Charouz Juan Manuel Correa diangkut ke pusat medis sirkuit.

Anthoine Hubert pun akhirnya dinyatakan meninggal sehingga membuat banyak pembalap dan tim di dunia motorsport memberikan penghormatan bagi Anthoine Hubert.

Fakta Kematian Anthoine Hubert

  1. Kronologi Kecelakaan

Kecelakaan yang terjadi di sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia ini terjadi pada saat sesi balapan feature race. Kecelakaan ini sebenarnya melibatkan dua pembalap lain selain Anthoine Hubert dan terjadi di sudut tikungan Raidillon.

Raidillon ini sendiri merupakan bagian sudut yang disebut dengan blind corner yang berada pada lintasan tersebut, pada saat memasuki lap kedua sesaat setelah Anthoine Hubert keluar dari tikungan Eau Rouge dan Raidillon, tiba – tiba saja mobil yang dikendarai oleh Anthoine Hubert kehilangan kendali.

Anthoine Hubert menabrak bagian dinding raidillon hingga mobilnya terpental ke bagian tengah lintasan, dari arah belakang ada pembalap Sauber Team Junior, Juan Manuel Correa, yang datang dengan kecepatan tinggi sehingga kecelakaan pun tak dapat dihindari.

Dengan kecepatan 241 km / jam, mobil yang dikendarai oleh Correa akhirnya menabrak Anthoine Hubert hingga akhirnya mobil Anthoine Hubert terbelah menjadi dua bagian.

Selain keduanya, satu lagi pembalap yang terlibat kecelakaan ini adalah Giuliano Alesi. Juan Manuel Correa dan Giuliano Alesi tidak mengalami cedera parah namun Anthoine Hubert meninggal dunia sesaat setelah insiden kecelakaan terjadi.

  1. Balapan Dibatalkan

Karena kecelakaan tersebut Anthoine Hubert dilarikan ke rumah sakit namun dinuatakan meninggal dunia pada pukul 18:35 waktu setempat. Kabar meninggalkan Anthoine Hubert ini sendiri diumumkan secara resmi oleh FIA atau The Federation Internationale de l’Automobile atau Federasi Otomobil Internasional, karena insiden ini FIA akhirnya mengambil langkah untuk membatalkan balapan Formula 2 GP Belgia 2019, baik untuk sesi feature mau pun feature race maupun sprint race.

  1. Pembalap Kedua Yang Meninggal Dunia

Kecelakaan hingga tewasnya Anthoine Hubert menjadikan Anthoine Hubert sebagai pembalap kedua yang meninggal dunia setelah megalami kecelakaan di sesi balapan Formula.

Baca Juga :  Biodata Hansamu Yama Pranata Lengkap dan Akun Instagramnya

Sementara pembalap pertama yang meninggal dan mengalami nasib serupa adalah adalah Jules Bianchi yang pada saat itu masih membalap untuk Marussia F1 Team pembalap berkebangsaan Prancis ini pernah mengalami kecelakaan pada seri F1 GP Jepang 2014 pada Oktober. Akan tetapi dirinya sempat dirawat di rumah sakit dan mengalami koma selama tujuh bulan hingga akhirnya meninggal dunia pada 17 Juli 2015.

 

Nah, itulah dia biodata hingga fakta lengkap dari Anthoine Hubert, beristirahatlah dengan tenang ya, Anthoine Hubert.

Artikel Lainnya :