Agus Gumiwang Kartasasmita – Biodata, Biografi, Profil, Fakta Menarik Lainnya

Posted on

Agus Gumiwang – Biodata, Biografi, Profil, Fakta menarik Lainnya

agus gumiwang
agus gumiwang

Inibiodata.com – Pada hari Selasa tanggal 22 bulan Oktober Tahun 2019 pukul 09.55 WIB Pagi kemarin, kembali Istana Negara menjadi sorotan soal kunjungan dari beberapa tokoh yang di gadang gadang akan ditugaskan untuk mengisi komposisi sebagai Menteri yang kelak akan membantu Kepala Negara dalam mengerjakan berbagai tugas dan kewajiban selama lima ( 5 ) tahun yang akan datang.

Nama Agus Gumiwang Kartasasmita adalah seorang politisi dari Partai berbendera kuning berlambang beringin yaitu Partai Golkar ( Golongan Karya ) yang juga mantan Menteri Sosial jajaran Kabinet Jokowi – Jusuf Kalla yang lalu sontak menjadi sorotan media massa perihal kehadirannya ke Istana Negara pagi Selasa kemarin tak lama setelah Juliari P Batubara dari Partai PDI P

Agus Gumiwang Kartasasmita yang adalah anak kandung dari seorang Ginandjar Kartasasmita yang mana pada waktu kepemerintahan Presiden Soeharto merupakan seorang pejabat penting dikala itu.

Mengenakan uniform khusus ( Hitam – Putih ) sama seperti yang lainnya Agus Gumiwang terlihat gagah menapakkan langkahnya untuk bertemu Presiden sambil mengangkat tangannya tanda menyapa kepada orang orang Pers yang saat itu meliput berita ditempat yang sudah disediakan dengan rapi, sebelum dirinya tiba ada tiga orang tokoh yang sudah lebih dahulu datang mereka adalah

  1. Ibu Sri Mulyani, mantan Menteri Keuangan pada masa kerja yang lalu dan menurut keterangan darinya stelah dia bertemu Presiden Ibu Sri Mulyani mengatakan bahwasanya dirinya akan tetap melanjutkan tugasnya sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet mendatang.
  2. Bp Syahrul Yasin Limpo, yang merupakan politisi dari Partai Nasdem sekaligus exs Gubernur Sul – Sel yang juga sempat memberikan keterangan ihwal pertemuannya dengan Presiden, namun dirinya mengaku belum mengetahui sama sekali akan posisi yang didapatkannya dalam komposisi calon menteri yang akan datang.
  3. Bp Juliari P Batubara, politisi dari Partai PDI Perjuangan sekaligus menjabat sebagai wakil bendahara umum dalam lingkar partai tersebut.

Siapakah sosok Agus Gumiwang Kartasasmita ? dan posisi sebagai menteri apakah dirinya dalam tubuh Kabinet Jilid 2 ini, mari kita simak pemaparannya berikut.

 

Biodata Agus Gumiwang Kartasasmita

Nama                                  : Dr Agus Gumiwang Kartasasmita Msi
Kelahiran                           : 03 – 01 – 1969
Tempat Kelahiran            : Jakarta
Keyakinan Agama           : Islam
Alamat                                : Jl Senopati Raya No 41 Jak – Sel
Pasangan                          : Loemongga H Salomons
Keturunan                         : Ghaniya Kartasasmita

Ghaziya Kartasasmita

Ghibran Kartasasmita

Ayah                                   : Prof Dr Ginandjar Kartasasmita
Ibu                                       : Yultin Harlotina
Jabatan Terakhir              : Mantan Menteri Sosial 2018 – 2019
Awal Karier                        : Tahun 1994

 

agus gumiwang 2
agus gumiwang 2

 

Biografi Agus Gumiwang Kartasasmita

Agus Gumiwang Kartasamita, yang merupakan politisi dari partai Golkar yang mana dalam kurun waktu satu tahun belakangan ini menjabat sebagai menteri social menggantikan pendahulunya yang tersandung masalah dengan KPK.

Pada tahun 1994 silam dia memulai debutnya di jajaran professional sebagai seorang Presiden Direktur di Perseroan Terbatas ( PT ) Agumar Eka dan juga sekaligus menjadi kader Partai Golkar ( Golongan Karya ) ditahun yang sama.

Dalam perjalanannya Agus Gumiwang Kartasasmita pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyar Republik Indonesia ( DPR RI ) dari Fraksi Partai Golongan Karya      ( Golkar ) dan kemudian didaulat menjadi PLT Menteri Sosial.

 

Profil Agus Gumiwang Kartasasmita

Agus Gumiwang Kartasasmita saat tahun 1975 dahulu pernah menempuh pendidikan tingkat dasarnya di Sekolah Dasar Pangudi Luhur, kemudian di tahun 1981 dirinya melanjutkan sekolahnya ke Sekolah Menengah Pertama Pangudi Luhur, lulus dari SLTP kemudian Agus Gumiwang Kartasasmita masuk ke Sekolah Menengah Atas Kanisius yang tamat pada tahun 1985 silam.

Saat lulus SLTA Agus Gumiwang Kartasasmita lantas berangkat ke Amerika demi melanjutkan pendidikan tingginya di Negara USA tersebut, hingga tahun 2014 yang lalu dia pun berhasil menyelesaikan pendidikannya dari Universita Padjajaran Bandung Jawa Barat dan keluar sebagai Doktor.

Sebelumnya seorang Agus Gumiwang Kartasasmita di tahun 2012 telah memantapkan namanya menjadi seorang Komisaris di PT ALD ( Asiana, Lintas ) Development, yang mana lebih dulu pada tahun 1994 dirinya telah menduduki jabatan Presdir ( Presiden Direktur ) Di Pt Agumar.

 

Fakta Menarik Lainnya

Seiring dengan berita tentang perekrutan terhadap beberapa tokoh untuk memenuhi komposisi sebagai calon menteri dalam Kabinet Presiden terpilih yang akan datang, nama Agus Gumiwang Kartasasmita juga turut menghiasi daftar nama nama pilihan tersebut meskipun dirinya belum mengetahui di posisi menteri apakah dirinya ditempatkan oleh Presiden.

Kendati demikian dirinya telah menyatakan akan kesiapannya untuk turut meringankan tugas kenegaraan Presiden dengan sepenuh hati dan bertangung jawab demi rakyat Indonesia dalam tubuh cabinet Presiden Jilid dua ini ungkapnya.

Demi Indonesia yang lebih baik dan demi pencerahan dalam segala bidang terutama pembangunan fisik dan mental untuk menjadikan Negara dengan perekonomian teratas maka harapan seluruh rakyat agar para petinggi Negara ini dapat menjalankan tugas dan kewajiban sesuai dengan bidangnya masing masing.

Demikian kami akhiri artikel kali ini, untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita maka kita harus banyak membaca karna membaca sama halnya dengan membuka jendela dunia, semoga bermanfaat dan selamat membaca kembali.

 

Artikel Lainnya :