5 Vendor Smartphone Terlaris di Indonesia Versi IDC

Posted on

5 Vendor Smartphone Terlaris di Indonesia Versi IDC

Lembaga penelitian dan konsutasi pasar IDC telah mengeluarkan laporannya yakni IDC Quarterly Mobile Phone Tracker Q2-2019. Atau secara sederhana laporan ini berisikan mengenai hasil survey yang dilakukan oleh IDC mengenai kondisi pasar smartphone di Indonesia pada kuartal kedua tahun 2019 ini. Pada perhitungan yang dilakukan ini terdapat 5 vendor smartphone terlaris yang berada di urutan paling atas pada perhitungan penjualannya. Atau bisa dibilang 5 vendor ini merupakan vendor paling laris di Indonesia yang berhasil mencatatkan jumlah penjualan paling banyak.

Pengumuman mengenai 5 vendor smartphone paling laris pada kuartal kedua di tahun 2019 ini memang sangat menarik untuk disimak, karena pastinya semua orang penasaran vendor mana saja yang berhasil menguasai pasar penjualan smartphone di Indonesia.

Biar tidak penasaran kami telah memiliki datanya di bawah ini.

5 Vendor Smartphone Terlaris di Indonesia Menurut IDC

Kelima vendor yang diumumkan masuk ke dalam daftar vendor paling lari di Indonesia ini adalah Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi dan Realme. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

  1. Samsung

Perusahaan raksasa digital Samsung masih kokoh dengan memimpin pasar penjualan smartphone di Indonesia dengan pangsa pasar 26.9 persen di kuartal kedua pada tahun 2019 ini.

Meski berada di puncak penjualan, namun sebenarnya pangsa pasar Samsung sendiri mengalami penurunan jika dibandingkan dengan kuartal pertama pada tahun 2019 dengan perolehan sebesar 31,8 persen.

Dengan kualitas yang tidak main main Samsung berhasil mengalahkan vendor asal Tiongkok yang nyaris menguasai pasar penjualan di Indonesia, seperti kita tahu Samsung sendiri merupakan perusahaan raksasa digital asal Korea yang telah lama dikenal dengan smartphone berkualitas tinggi.

Baca Juga :  Hack Instagram , Whatsup, Facebook, telegram Untuk Mencuri Kata Sandi

Tak hanya menyediakan smartphone dengan spesifikasi tinggi dan harga melangit seperti seri Galaxy dan Note, Samsung juga menyediakan smartphone untuk kalangan menengah ke atas dengan kisaran harga hanya 1 jutaan saja.

  1. Oppo

Pada posisi kedua Oppo berhasil menguasai penjualan pasar smartphone dengan pangsa pasar sebesar 21,5 persen, sama halnya dengan Samsung market pasar dari Oppo sendiri juga mulai mengalami penurunan jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang mampu mencatatkan penjualan sebesar 23 persen menurut data yang dimiliki oleh IDC.

Namun meski begitu Oppo masih dianggap sebagai salah satu vendor smartphone yang memiliki pangsa pasar yang luas di Indonesia.

  1. Vivo

Di posisi ketiga ada Vendor Tiongkok yang lainnya yakni Vivo yang mencatatkan penjualan sebesar 17 persen pangsa pasar smartphone di Indonesia. Jika Samsung dan Oppo mengalami penurunan pada kuartal kedua tahun 2019 ini, Vivo justru berhasil menaikkkan pangsa pasar di kuartal ini karena sebelumnya Vivo mencatatkan penjualan hanya sekitar 14 persen saja.

  1. Xiaomi

Di tempat ke empat Xiaomi menjadi vendor asal Tiongkok lainnya yang berhasil menyusul rekannya dengan berada di posisi ke empat dan berhasil mencatatkan penjualan dengan pangsa pasar sekitar 16,8 persen. Sama halnya dengan Oppo pangsa pasar Xiaomi bahkan naik dengan cukup signifikan dari angka pangsa pasar 10,8 persen pada kuartal pertama.

  1. Realme

Pada posisi ke lima lagi lagi ditempati oleh vendor asal Tiongkok Realme yang mulai mencuri hati pecinta teknologi di Indonesia dan berhasil menggusur posisi Advance yang pada kuartal sebelumnya berada di posisi ke 5.

Pencapaian ini cukup mengejutkan mengingat Realme berhasil berada di posisi ke lima dalam penjualan terbanyak di Indonesia kurang dari satu tahun sejak kehadirannya di pasar smartphone tanah air.

Baca Juga :  Oppo Reno 2 – Harga, Spesifikasi, Ulasan Lengkapnya

Jika pada kuartal sebelumnya di tahun 2019 Realme hanya meraih pangsa penjualan sebesar 1,4 persen maka pada kuartal kedua ini angka penjualan dari Realme naik hingga 6,1 persen.

 

Market Analyst IDC Indonesia yakni Risky Febrian sendiri mengungkapkan jika dilihat dari laporan IDC Quarterly Mobile Phone Shipment, ada sebanyak 4 vendor yang berasal dari Tiongkok dan hanya 1 vendor yang berasal dari Korea Selatan menguasai 5 besar penjualan smartphone di Indonesia.

Hal ini menjadikan vendor asal smartphone menguasai pasar penjualan smartphone di Indonesia.

 

Nah, kira kira dari ke 5 vendor smartphone terlaris di atas mana kah yang merupakan vendor favorit kamu?

Artikel Lainnya :