Profil TB Hasanudin, Mayor Jenderal TNI yang Maju di Pilgub Jawa Barat

Tahun 2018 ini akan menjadi tahun PILKADA serentak di seluruh Indonesia. Berbagai partai telah menyiapkan calon-calon mereka untuk bertarung di pemilihan tahun ini. Salah satu partai tersebut yaitu PDI-P, yang baru siang tadi mengumumkan nama-nama yang akan diusung sebagai Cagub dan Cawagub di 6 provinsi. Nama TB Hasanudin saat ini sedang disorot oleh mata publik. Lalu seperti apa biodata dan profil TB Hasanudin ini? Berikut informasinya.

Pada tanggal 7 Januari 2018, PDI-P baru saja mengumumkan para kandidat Cagub dan Cawagub yang akan diusung di 6 provinsi se-Indonesia. Pada pertemuan ini, ketua umum PDI-P yakni Megawati Soekarnoputri mengumumkan langsung di DPP PDI-P Lenteng Agung, jakarta Selatan. Dari ke-enam provinsi tersebut, diataranya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.

Di pemilihan Cagub dan Cawagub Jawa Barat, PDI-P mengandalkan TB Hasanudin yang merupakan purna Jenderal TNI dan disandingkan dengan Irjen Polisi Anton Charliyan. Megawati berharap agar pasangan TNI dan Polisi ini dapat memperoleh kepercayaan masyarakat Jawa Barat, terlebih mereka berdua memang asli kelahiran dari kota Majalengka dan Tasikmalaya. Sedangkan di Jawa Tengah sendiri, ada Ganjar Pranowo dan Taj Yasin, atau yang sering dikenal sebagai Gus Yasin (anak KH Maimoen Zubair).

Biodata dan Profil TB Hasanudin, Purnawirawan Mayor Jenderan TNI

Biodata dan Profil TB Hasanudin Terlengkap

Nama Lengkap: Tubagus Hasanuddin, SE., M.M
Tanggal Lahir: 8 September 1952
Tempat Lahir: Majalengka, Jawa Barat
Umur Sekarang: 65 tahun
Agama: Islam
Profesi Saat Ini: Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI-P (2009 – Sekarang)
Pendidikan Umum:
  • S1 (Ekonomi) STIE Pasundan
  • S2 (Magister Management) Universitas Pasundan
  • S3 (Doktor Management) Universitas Pasundan
Alma Mater: Akademi Militer (1974)
Dinas Militer:
  • TNI Angkatan Darat
  • 1974 – 2009
  • Mayor Jenderal TNI
  • Infanteri
Partai Politik: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)
Kedudukan di Partai: Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat (2012 – Sekarang)

Tubagus Hasanudin, merupakan purnawirawan TNI Angkatan Darat yang lahir pada tanggal 8 september 1952 di kota Majalengka Jawa Barat. TB Hasanudin merupakan alma mater dari Akademi Militer tahun 1974 yang memiliki pangkat tertinggi sebagai Mayor Jenderal TNI bintang dua. Putra Jabar yang memiliki pengalaman di bidang Infanteri ini setidaknya memiliki 8 penghargaan semasa menjabat sebagai TNI, diantaranya adalah penghargaan Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun hingga Bintang Yudha Dharma Nararya.

Selain menempuh pendidikan di bidang Militer, ternyata TB Hasanudin pernah mengenyam pendidikan umum hingga Strata 3. Pertama kali beliau mengambil S1-nya pada jurusan Ekonomi di STIE Pasundan yang kemudian melanjutkan pendidikan S2 sebagai Magister Management di Universitas Pasundan. Setelah itu memperoleh gelar Doktor Management di Universitas yang sama.

Setelah mengakhiri dinas kemiliterannya pada tahun 2009, beliau menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI periode 2009-2014. Sesuai duduk di posisi Wakil Ketua tersebut, di tahun 2014 TB Hasanudin kemudian menjabat seabgai Anggota Komisi I DPR RI hingga sekarang. Selain menjabat sebagai Anggota DPR-RI, beliau juga diamanatkan sebagai Ketua DPD PDI-P Jawa Barat sejak tahun 2012 hingga saat ini.

Itulah sekilas tentang perjalanan hidup dan juga profil TB Hasanudin yang saat ini di pilih sebagai Cagub Jawa Barat oleh PDI Perjuangan. Apabila beliau terpilih sebagai Gubernur Jabar, semoga bisa mengemban amanat dan membuat Jawa Barat lebih baik lagi.

Tulis Komentarmu Disini