Profil Ridwan Mukti (Gubernur Bengkulu) & Kasusnya Bersama Sang Istri

Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) kali ini melakukan operasinya di provinsi Sumatera Selatan. Pada operasi tangkap tangan, mereka membawa gubernur Bengkulu Ridwan Mukti beserta si istri yakni Lily Martiani Maddari. Belum diketahui modus yang dilakukan oleh KPK pada hari Selasa (20/6) lalu. Seperti apakah sosok orang nomor satu dibengkulu ini? Berikut profil Ridwan Mukti beserta sang istri.

Kronologis penangkapan tim KPK dilakukan di rumah pribadi Ridwan Mukti pada pukul 10.30. Saat itu KPK membawa Lily Martiani Maddari yang sedang kedatangan tamu para pengusaha di bidang kontraktor. Dua orang tersebut bernama Rico Dian Sari dan Joni yang sedang berada di kediaman Ridwan Mukti yang terletak di kelurahan Sidomulyo, Bengkulu.

Mereka bertiga dibawa ke Markas Kepolisian Daerah Bengkulu dan tak selang lama kemudian Ridwan Mukti pun juga menyusul. Setelah dilakukan interogasi, mereka berempat keluar dari Polda Bengkulu dan menuju ke bandara untuk terbang ke Jakarta dan bertujuan ke kantor KPK untuk menangani kasusnya lebih lanjut.

Belum diketahui kasus apa yang akan menyeret kepala daerah Bengkulu ini beserta istrinya. Menurut laman tribunnews.com yang diambil dari website kpk.go.id kekayaan yang dimiliki oleh Ridwan Mukti sebanyak 10 Milyar rupiah. Lebih tepatnya adalah Rp. 10.324.830.363 yang sudah digabung dari benda bergerak dan tak bergerak.

Untuk barang tak bergerak, Ridwan Mukti memiliki tanah dan bangunan yang berada di beberapa daerah seperti Sleman, Jakarta Selatan, Bekasi, Bengkulu dan Bengkulu Tengah dengan totalnya senilai Rp. 5.762.566.000.

Selain itu, harta bergerak yang ia miliki terdiri dari kendaraan pribadi (mobil BMW 5201 keluaran tahun 2003 & mobil Toyota Alphard keluaran tahun 2011), peternakan serta logam mulia. Untuk peternakan, didalamnya terdapat 50 ekor sapi dengan total nilainya sebesar Rp. 75.000.000.000. Dan juga harta berupa giro senilai Rp. 2.702.264.363.

Biodata dan Profil Ridwan Mukti (Gubernur Bengkulu) Terlengkap

Foto Ridwan Mukti (Gubernur Bengkulu) dan Istrinya Lily Martiani Maddary
Foto Ridwan Mukti (Gubernur Bengkulu) dan Istrinya Lily Martiani Maddary
Nama Lengkap: Dr. Drs. H. Ridwan Mukti M.H
Tempat Lahir: Lubuk Linggau, Sumatera Selatan
Tanggal Lahir: 21 Mei 1953
Umur Sekarang: 64 Tahun
Kebangsaan: Indonesia
Nama Istri: Hj. Lili Martiani Maddari
Agama: Islam
Jabatan: Gubernur Bengkulu ke 9
Masa Jabatan: 2016-2021
Wakil: Rohidun Mersyah
Riwayat Pendidikan, Jabatan & Penghargaan: WikiPedia

Ridwan Mukti merupakan pria yang berumur 64 tahun dengan 1 orang istri yang bernama Lily Matiani Maddari. Pernikahan mereka hingga saat ini dikarunia 8 orang anak. Ridwan Mukti menjabat sebagai Gubernur Bengkulu ke 9 sejak 1 tahun yang lalu, yakni dilantik pada 12 Februari 2016. Jabatannya kali ini merupakan masa bakti 2016 hingga 2021.

Sebelum menjadi gubernur, Ridwan pernah menjabat sebagai Bupati Musi Rawas, Sumatera Selatan selama 2 periode. Yakni pada pemilukada 2005-2010 dan 2010-2015. Hingga akhirnya dia maju ke pemilu gubernur dengan membawa motto Maju Bersama Harapan.

Dirinya juga pernah menduduki kursi DPR RI pada periode 1999-2005 sebagai anggota DPR. Sekarang ini, Ridwan diketahui menjadi fungsionaris DPP Partai Golkar. Ia menempuh pendidikan S1 di UII Yogyakarta pada fakultas Ekonomi selama 4 tahun. Kemudian ia melanjutkan pendidikan S2 Ilmu Hukum Universitas Sriwijaya. Hingga memperoleh gelar doktor di fakultas dan kampus yang sama.

Itulah ulasan singkat mengenai kasus operasi tangkap tangan yang dilakukan oleh KPK terhadap kepala daerah provinsi Bengkulu. Dengan biodata dan profil Ridwan Mukti (Gubernur Bengkulu) tersebut semoga bisa mengurangi rasa penasaran anda. Terima kasih.

Kata Kunci Terkait:

Tulis Komentarmu Disini