Profil Luis Milla dari Spanyol: Apakah Dapat Diandalkan untuk Indonesia?

Bersambung dari artikel sebelumnya yakni biodata Luis Fernandez yang merupakan bakal pelatih timnas Indonesia. Selain Fernandez, di kongres tahunan pada 8 Januari 2017 lalu PSSI mengumumkan 1 nama calon pelatih timnas tanah air. Ia adalah Luis Milla yang sudah tidak cukup asing lagi di telinga kita. Seperti apa profil Luis Milla dan prestasinya di persepak bolaan? Simak artikel berikut ini.

Jika membandingan antara Luis Milla dengan Luis Fernandez, keduanya terpaut umur yang cukup jauh. Selisihnya lebih dari 7 tahun. Meskipun begitu, mereka tetap memiliki prestasi dan kemampuan tersendiri. Bakal pelatih timnas Indonesia ini juga dulunya merupakan mantan pesebak bola dan juga pelatih timnas negara lain. Tak hanya itu, klub klub yang mereka perjuangkannya pun cukup terkenal.

Kebanggaan Luis Milla Sebagai Pemain Sepak Bola di Spanyol

Luis Milla sendiri berasal dari negara Spanyol, salah satu negara kiblat sepak bola terfavorit di dunia. Di usianya 16 tahun ia sudah berada di klub junior yakni Taruel dari kota kelahirannya. Setelah 1 tahun, kemudian ia pindah ke klub Barcelona junior pada tahun 1983 hingga 1985. Di usianya yang ke 20 kemudian Luis Milla memulai karir di klub Barcelona B selama 2 tahun. Disana ia mampu menciptakan 5 gol dalam 40 pertandingan.

Masih di posisi yang sama yaitu Gelandang Bertahan, Luis Milla dipercaya untuk memperkuat tim Barcelona di tahun 1985 hingga 1990. Sayangnya, selama 5 tahun tersebut ia hanya tampil dalam pertandingan sebanyak 54 kali dan menyumbang 2 gol saja ke dalam gawang lawan. Setelah habis kontrak, ia di beli oleh klub raksasa di Spanyol yaitu Real Madrid. Dari tahun 1990 sampai 1997 ia dipercaya dengan turun ke rumput hijau dengan 165 kali pertandingan. Sayangnya, ia hanya mencetak 3 buah gol saja.

Dirasa kurang berkualitas, setelah 7 tahun berada di tim terbesar yaitu Real Madrid, tahun 2001 ia masuk ke klub Valencia. Prestasinya disini kurang membanggakan dibanding saat berada di Barcelona beberapa tahun silam. Pasalnya, dengan 79 pertandingan Luis Milla hanya mampu membobol gawang lawan sebanyak 1 buah gol. Selain bermain di Liga Spanyol, Luis Miilla juga dipercaya oleh negaranya untuk tampil bersama timnas senior pada tahun 1989 hingga 1990. Di piala eropa tersebut ia tampil sebanyak 3 kali pertandingan tanpa menyumbang gol.

Karir dan Prestasi Luis Milla Selama Menjadi Pelatih

Di usianya yang menginjak 40 tahun ia memutuskan untuk pensiun dan melatih skuad dari Pucol dan Getafe. Masing masing klub ia arsiteki selama setahun. Hingga akhirnya Luis Milla pun dipercaya untuk membimbing timnas Spanyol untuk U-19, U-20, U-21 dan U-23. Yang menarik disini, Luis Milla mampu membawa timnas U-21 menjadi juara Piala Eropa di tahun 2011. Sayangnya, di fase kepelatihannya bersama U-23 ia dipecat oleh Federasi Sepak Bola Spanyol karena tidak mampu membawa timnya di tahap penyisihan grup Olimpiade 2012 London.

Profil Luis Milla dari Spanyol dan Biodata Lengkapnya

Nama Lahir: Luis Milla Aspas
Asal: Teruel, Spanyol
Tanggal Lahir: 12 Maret 1966
Umur: 50 tahun
Tinggi Badan: 173 cm
Posisi Bermain: Gelandang Bertahan
Karir Junior: Teruel dan Barcelona
Karir Senior: Barcelona B, Barcelona, Real Madrid dan Valencia
Kepelatihan: Pucol, Getafe (asisten), Spanyol U-19, U-20, U-21 dan U-23

Setelah membaca ulasan singkat dari kami mengenai profil Luis Milla diatas, diharap agar kamu dapat mengetahui sedikit tentang sosok calon pembimbing tim nasional tanah air kita ini. Semoga dengan adanya pelatih yang baru, dapat memberikan semangat yang baru pula kepada teman teman pemain agar mambu membawa nama Indonesia di aspek sepak bola khususnya, se Asia bahkan Dunia.

Kata Kunci Terkait:

Tulis Komentarmu Disini